x

Persija Jakarta 0-2 Madura United: Macan Malu-malu di Kandang Sendiri

Sabtu, 12 Mei 2018 23:01 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Persija vs Madura United.

Persija Jakarta akhirnya kembali bermain di ajang Liga 1 2018. Di dua pekan sebelumnya, Persija tak bermain karena penundaan jadwal pertandingan. 

Menghadapi Madura United, Persija tampak kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya di babak pertama. Mereka tertinggal 1-0 dari tim tamu untuk sementara ini.

Di babak kedua, tim tamu berhasil menambah keunggulan lewat sepakan Zah Rahan. Berikut ulasan singkat pertandingan yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Baca Juga

1. Babak Pertama

Persija vs Madura United

Babak pertama dimulai. Madura United langsung melakukan serangan ke pertahanan Persija Jakarta. Hingga pada menit ke-3, wasit menunjuk titik putih usai Bayu Gatra dijatuhkan Valentino di kotak penalti.

Tendangan penalti Madura United di awal laga yang dieksekusi oleh Fabiano Beltrame sempat digagalkan oleh kiper Persija, Daryono. Namun bek asal Brasil itu dengan sigap menyambar bola liar dan membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk MU.

Usai tertinggal, Persija Jakarta langsung menekan pertahanan Madura United. Hingga pada menit ke-23, Vava Mario Yagalo hampir menjebol gawang Hery Prasetyo dengan tendagan saltonya. Sayang sekali, bola masih melenceng ke samping gawang yang saat itu kosong.

Pada menit ke-33, giliran Persija mendapat peluang lewat lompatan tinggi Bambang Pamungkas. Menang duel udara menghadapi Fabiano, namun sundulan Bepe masih melambung tinggi di atas mistar gawang MU.

Memasuki menit ke-40, MU lebih menekan barisan pertahanan Macan Kemayoran. Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, kedudukan masih unggul 1-0 untuk tim tamu.


2. Babak Kedua

Persija vs Madura United.

Persija melakukan pergantian pemain saat memulai babak kedua, Fitra Ridwan Rizki digantikan oleh Ramdani Lestaluhu. Persija pun langsung menggebrak pertahanan MU untuk mengejar ketertinggalan mereka, demi menghindari malu di depan para pendukung mereka sendiri.

Jelang menit ke-60, Persija kembali melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor. Riko Simanjuntak dimasukkan menggantikan Rudi Widodo tepatnya pada menit ke-58. 10 menit kemudian, sang kapten, Bepe juga ditarik keluar dan Marko Simic masuk.

Persija vs Madura United.

Pada menit ke-74, Ramdani Lestaluhu yang dimasukkan di awal babak kedua berhasil menjebol gawang Hary Prasetyo. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menganggap posisi Ramdani lebih dulu offside.

Lima menit dari gol Persija yang dianulir, alih-alih menyamakan kedudukan, tuan rumah kembali kebobolan. Kali ini, tepatnya pada menit ke-79, Zah Rahan berhasil menambah gol membuat keunggulan menjadi 2-0 untuk Madura United.

Sudah unggul 2-0, Laskar Sape Kerrab terlihat lebih fokus ke pertahanan mereka memasuki menit 80. Terlihat dari pergantian yang dilakukan, Bayu Gatra yang main di posisi gelandang ditarik keluar dan pelatih Seslija memasukkan bek tengah, Sanggiawan Munhar pada meni ke-89. Hingga peluit tanda laga berakhir, Persija masih kesulitan mencetak gol dan harus takluk 2-0 di kandang sendiri.

Dengan kemenangan ini, Madura United berhasil membawa pulang 3 poin dan mengambil alih puncak klasemen dari Persipura Jayapura yang baru menelan kekalahan dari Persib Bandung di pekan yang sama.


3. Susunan Pemain Kedua Tim

Persija vs Madura United

Persija Jakarta (4-3-3): Daryono; Ismed, Gunawan, Vava, Valentino; Asri, Fitra, Yan; Novri, Bambang, Rudi. 

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Madura United (4-2-3-1): Hery; Beny, Fabiano, Fachruddin, Rama; Davronov, Asep; Gatra, Zah Rahan, Greg; Slamet. 

Pelatih: Milomir Seslija

Persija JakartaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini