x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Korea Selatan

Rabu, 16 Mei 2018 16:04 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Timnas Football Korea Selatan PD 2018

Korea Selatan merupakan salah satu raksasa di benua Asia dalam urusan sepakbola. Namun dalam perburuan gelar Piala Asia, torehan trofi Korea Selatan masih kalah dengan Iran, Arab Saudi, dan Jepang.

Kendati demikian, Korea Selatan merupakan Negara yang cukup konsisten di Piala Dunia. Terbukti, Korea Selatan selalu tampil di Piala Dunia dalam sembilan edisi secara beruntun sejak 1986 silam.

Bahkan Korea Selatan mampu memberikan kejutan di Piala Dunia 2002 silam, di mana mereka mampu menembus babak semifinal. Hebatnya, mereka juga mengalahkan kandidat terkuat saat itu, Italia dan Spanyol.

Tak heran jika Timnas Korea Selatan ini mendapatkan julukan Macan Asia. Pasalnya, Korea Selatan mampu membuktikan bahwa mereka bukanlah pemanis di turnamen terakbar di dunia tersebut.

Pembuktian kekuatan Korea Selatan berlanjut ketika beberapa pemain mereka kerap kali menghiasi liga top Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan salah satu mereka bisa menjadi pemain hebat saat bermain di Liga Primer Inggris.

Baca Juga

1. Perkiraan Daftar Pemain

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Korea Selatan.

Pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-Young, nampaknya juga akan memanggil beberapa pemain yang sudah begitu pengalaman di kasta tertinggi sepakbola Eropa. Nama seperti Son Heung-Min dan Ki Sungyueng pun akan masuk dalam rencana Tae-Young di Piala Dunia nanti.

Memanggil beberapa pemain yang berakarier di Eropa pada musim ini sangat baik bagi Korea Selatan. Pasalnya, Korea Selatan berada dalam grup yang cukup sulit bagi tim perwakilan Asia. Mereka pun berada dalam satu grup bersama Jerman, Swedia dan Mexico.

Kiper: Kim Seunggyu, Kim Jinhyeon, Cho Hyeonwoo.

Bek: Kim Younggwon, Jang Hyunsoo, Jeong Seunghyeon, Yun Yeongseon, Kwon Kyungwon, Oh Bansuk, Kim Jinsu, Park Jooho, Kim Minwoo, Hong Chul, Choi Chul-Soon.

Tengah: Go Yohan, Lee Yong, Ki Sungyueng, Jeong Wooyoung, Kwon Changhoon, Ju Sejong, Koo Jacheol, Lee Jaesung, Lee Seungwoo, Moon Sunmin, Lee Chungyong.

Depan: Kim Shinwook, Son Heungmin, Hwang Heechan, Lee Keunho.


2. Perkiraan Starting Line Up

Starting Timnas Korea Selatan DP Russia 2018

Korea Selatan kerap kali bergonta-ganti formasi dalam beberapa pertandingan persehabatan terakhir. Bahkan pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, Korea Selatan juga tidak menggunakan formasi yang tetap sepanjang penyisihan grup.

Sepertinya pelatih Tae-Young akan melihat kekuatan musuh terlebih dahulu sebelum untuk memutuskan skema apa yang tepat digunakan. Namun formasi 4-2-3-1 nampaknya akan menjadi skema yang paling sering digunakan Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 nanti.

Pada posisi penjaga gawang, Tae-Young akan memberikan kepercayaan kepada Kim Seunggyu. Dua palang pintu pertahanan, Kim Younggwon dan Jang Hyunsoo akan berdiri di depan Seunggyu untuk menjaga gempuran lawan.

Sementara itu Jae-Chool dan Ki Sung-Yueng akan mempertahankan keseimbangan sekaligus menjadi pemain yang menghubungkan bola dari lini pertahanan hingga lini serang. Sedangkan Son Heung-Min akan mengisi posisi sayap kiri dan Jae-Sung berada di sebelah kanan.

Kwong Chang-Hoon pun akan ambil bagian sebagai playmaker pada formasi ini. Dirinya akan membantu mengalirkan bola ke lini serang yang dihuni Hwang Hee-Chan.


3. Player to Watch - Ki Sung-Yueng

Ki Sung-yueng berselebrasi dengan rekannya, Koo Ja-Cheol.

Ki Sung-Yueng merupakan pemain yang berperan penting di lini tengah Korea Selatan. Gelandang milik Swansea City tersebut mampu menampilkan pertahanan dan penyerangan yang cukup solid.

Tak jarang, gelandang berusia 29 tahun tersebut kerap menyumbangkan gol melalui sepakan jarak jauhnya. Dengan begitu, dirinya mampu menambah produktivitas Negeri Gingseng tersebut.


4. Rising Star - Son Heung-Min

Son Heung-Min.

Nama Son Heung-Min begitu terdengar setelah dirinya memutuskan untuk bergabung bersama Tottenham Hotspur beberapa musim lalu. Bahkan penampilan terbilang cukup konsisten sejak musim 2016/17 lalu.

Hal itu terbukti ketika Son Heung-Min mampu menciptakan lebih dari 10 gol di dua musim berturut-turut. Seperti yang diketahui, dirinya mampu menciptakan 12 gol hingga akhir musim ini.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin dirinya akan menjadi tumpuan di lini serang Korea Selatan di Piala Dunia 2018 nanti. Bahkan bisa saja dirinya bersaing dalam perebutan pencetak gol terbanyak di turnamen yang paling ditunggu-tunggu masyarakat.


5. Fakta Menarik Timnas Korea Selatan

Skuat Korea Selatan

- Korea Selatan selalu tampil di sembilan edisi terakhir Piala Dunia.

- Piala Dunia 1954 di Swiss menjadi yang pertama bagi Korea Selatan dalam sejarahnya.

- Prestasi tertinggi Korea Selatan mampu menempati posisi empat pada Piala Dunia 2002 silam.

- Setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002, Macan Asia tak pernah lagi menembus babak delapan besar.

- Korea Selatan memiliki tiga pemain yang berkarier di Liga Primer Inggris, yakni Son Heung-Min (Tottenham), Ki Sung-Yeung (Swansea City) dan Lee Chung-Yung (Crystal Palace).


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Korea Selatan nampaknya akan mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan tiket babak 16 besar Piala Dunia 2018. Pasalnya, mereka saat ini berada di grup yang cukup ketat bersama Jerman, Meksiko dan Swedia.

Tak hanya Jerman, namun dua tim lainnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat Swedia juga tampil mengejutkan setelah berhasil menyingkirkan Italia di babak play off Piala Dunia 2018.

Peluang Korea Selatan sendiri pun belum dikatakan tertutup sepenuhnya. Macan Asia bisa saja mendapatkan tiket lolos dari fase grup jika mampu menampilkan permainan konsisten di setiap laganya. Sang pelatih pun harus menemui skema yang tepat sepanjang fase grup.

Piala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2018Son Heung-MinBola InternasionalKi Sung-yuengProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini