x

Jersey Piala Dunia 2018: Identitas Fans, Pertarungan Ide, Hingga Nostalgia

Kamis, 17 Mei 2018 20:46 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Piala Dunia 2018 hanya tinggal menghitung hari saja. Kondisi tersebut tentunya semakin meningkatkan intensitas euforia di kalangan pencinta sepakbola dunia, sembari menanti perhelatan turnamen akbar tersebut.

Mempersiapkan diri untuk mendukung Timnas negara peserta Piala Dunia 2018, para suporter setia mereka tentunya takkan absen untuk membeli jersey skuat idola yang dijagokan dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Jersey dari Timnas negara-negara peserta Piala Dunia musim ini sendiri bisa dibilang punya desain yang lebih bergaya dengan motif beragam yang lebih modern. Namun, siapa sangka kalau dibalik desain tersebut, ada rahasia yang menyimpan makna mendalam.


1. Jersey = Identitas Suporter

Jersey Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Bagi pencinta sepakbola, terutama para pendukung Timnas negara peserta Piala Dunia 2018, jersey menjadi identitas tersendiri bagi mereka. Ada sejumlah hal yang menjadi alasan kenapa jersey mampu menjadi ciri khas para individu suporter.

Dilansir CNN Style, jersey menjadi bentuk deklarasi tentang siapa penggunanya dan pada tim mana mereka menempatkan kepercayaan mereka di kompetisi sepakbola dunia tersebut. Dan yang tepenting dari itu semua, jersey akan membuat mereka berbeda dari tim pendukung negara lainnya. 


2. Transisi Jersey dan Fashion

Jersey Inggris untuk Piala Dunia.

Desain jersey menjadi hal serius bagi sederet brand olahraga ternama dunia, dari Adidas, Nike, hingga Puma. Jersey sepakbola membuat transisinya sendiri sebagai sebuah simbol perkembangan gaya busana. 

Hal tersebut tampak dari bagaimana semua brand itu menunjukkan pada dunia setiap desain terbaru dari jersey timnas. Mereka melakukan pemotretan para pemain hingga peluncuran jersey meriah dengan pesta besar, mengundang bintang besar pula. 


3. Makna Motif Jersey Timnas

Jersey Home Nigeria Piala Dunia 2018.

Untuk Piala Dunia 2018, para designer dari brand-brand raksasa memilih untuk mengintepretasikan kembali sepakbola masa lampau. Seperti Adidas yang membawa jersey Jerman dan Kolombia tahun ini bernuansa Piala Dunia 1990, campuran desain tahun 90an dengan gaya abad 21.

jersey jerman

Begitu pula untuk Belgia yang membawa para pemainnya kembali mengenakan jersey bernuansa Kejuaraan Eropa 1984 bermotif Argyle atau kotak-kotak di bagian dada. Sementara Spanyol dan Rusia mengenakan jersey dengan design yang kental bergaya Piala Dunia 1994 dan Olimpiade 1988. 

Jersey Home Belgia Piala Dunia 2018

Berbeda dengan Adidas, Nike memberikan identitas tersendiri bagi timnas Nigeria. Memiliki sebutan 'Super Eagle' atau Elang Super, Nike membuat jersey timnas tersebut memiliki motif bulu sayap elang dengan warna hijau neon. 

Piala Dunia 2018JerseyIn Depth SportsBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018Feature

Berita Terkini