x

3 Kelemahan Thailand yang Bisa Buat Timnas Indonesia Pecundangi Mereka

Kamis, 31 Mei 2018 16:00 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Timnas U-23.

Tak cuma sekali, Timnas Indonesia U-23 akan menjajal kekuatan Thailand sebanyak dua kali dalam pertandingan uji coba. Pertama, laga kedua tim akan digelar Kamis (31/05/18), malam hari ini di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Lalu pada 3 Juni mendatang, Timnas U-23 akan kembali menghadapi Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Thailand memang kerap kali menjadi batu sandungan terbesar Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional.

Tim Gajah Putih memang dikenal sebagai raksasa Thailand sehingga kekuatan Indonesia sering dianggap masih di bawah Thailand. Namun di laga uji coba kali ini, Indonesia semestinya diuntungkan dengan beberapa kelemahan yang dimilik Thailand.

Baca Juga

Menghadapi Timnas Indonesia U-23, armada Naruephon Kaenson memang menjadikan pertandingan ini sebagai uji coba jelan gelaran Asian Games 2018 Agustus mendatang. Sama halnya dengan Luis Milla yang juga ingin menguji kekuatan lawan mereka di ajang bergengsi yang akan dihelat di Indonesia tersebut.

Berikut tiga kelemahan Timnas Thailand yang membuat Indonesia bisa mengalahkan mereka kali ini.


1. Timnas Thailand Diperkuat Mayoritas Pemain Muda

Asisten Pelatih Thailand, Naruephon Kaenson dan Kapten, Suriya Singmui.

Untuk pertandingan menghadapi Timnas Indonesia U-23, pelatih Thailand, Naruephon Kaenson, memilih memanggil para pemain mudanya. Kaenson, mengungkapkan alasan di balik keputusannya mengandalkan para penggawa muda untuk pertandingan kontra Skuat Garuda Muda.

 "Kita bawa 23 pemain dan mayoritas mantan U-21 kita panggil pemain yang performa di Liga yang main adalah pemain yang megerti taktik apa yang diinginkan oleh pelatih. Dan ini sebuah trial jelang asian games 2018," ujar Naruephon di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (30/05/18).

Keputusan untuk memainkan pemain muda di laga melawan Indonesia tentunya menjadi pertaruhan tersendiri untuk Thailand. Berbeda dengan Indonesia yang  justru menjadikan pertandingan ini sebagai ‘simulasi’ jelang Asian Games 2018 dengan memanggil enam pemain senior untuk melengkapi skuat Garuda Muda.


2. Thailand Tanpa Pilar Andalan

Timnas Thailand U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, mengetahui kondisi Thailand yang tak membawa beberapa pemain pilar andalannya di laga melawan Indonesia. Hal tersebut bisa dimanfaatkan Timnas U-23 untuk memenangkan pertandingan.

"Kami sudah dua kali main lawan Thailand. Kami juga tahu mereka tidak membawa pemain yang biasa melawan kami, tapi itu tak masalah. Kami akan fokus pada diri sendiri, fokus pada tim. Mereka tim bagus dengan level tinggi," kata Milla pada jumpa pers jelang laga.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 justru memanggil beberapa nama pemain baru untuk pertandingan kontra Thailand. Striker naturalisasi Sriwijaya FC, Alberto Goncalves dan gelandang lincah Persija, Riko Simanjutak menjadi momok berbahaya baru di kubu skuat Garuda Muda.


3. Thailand U-23 Tak Pernah Menang Dalam Lima Laga

Skuat Timnas Thailand U-23.

Timnas Thailand U-23 tercatat tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir mereka. Dalam catatan, Tm Gajah Putih takluk sebanyak lima kali dari lima laga yang mereka lakoni sepanjang tahun 2018.

Lima Pertandingan Terakhir Thailand U-23

16 Januari 2018 – (Thailand U-23 1-5 Palestina U-23) Putaran Grup Piala AFC U-23
13 Januari 2018 – (Thailand U-23 0-1 Jepang U-23) Putaran Grup Piala AFC U-23
10 Januari 2018 – (Korea DPR U-23 1-0 Thailand U-23) Putaran Grup Piala AFC U-23
6 Januari 2018 – (Australia U-23 2-1 Thailand U-23) Persahabatan
15 Desember 2017 – (Thailand U-23 1-2 Vietnam U-23) Persahabatan

ThailandAsian Games 2018Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini