x

Hari Ini di Tahun 1938, Indonesia Menjadi Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

Selasa, 5 Juni 2018 14:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

Perhelatan Piala Dunia 2018 sebentar lagi akan dimulai. Menjelang Piala Dunia 2018, banyak momen yang bisa dikenang dari pesta sepakbola empat tahunan tersebut. 

Dan ada satu momen yang sangat erat dengan Indonesia. Tepat pada hari ini (5 Juni), Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mengikut Piala Dunia. 

Baca Juga

1. Piala Dunia 1938

Timnas Indonesia Pada Piala Dunia 1938.

Pada tanggal 5 Juni 1938 Indonesia mencatat sejarah dengan menjadi negara Asia pertama yang berpartisipasi di Piala Dunia. Pada 5 Juni 1938 Indonesia menjalani pertandingan di Piala Dunia. 

Timnas Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies) berhadapan dengan Hungaria. Namun sayang,  pada pertandingan yang berlangsung di Velodrome Municipale kota Reims disaksikan oleh 9.000 penonton berdasarkan catatan FIFA. Hasilnya sudah diketahui, Indonesia digulung Hungaria dengan skor telak, 0-6.


2. Diakui oleh FIFA

Skuat Hindia Belanda tampil di Piala Dunia 1938.

Catatan sejarah bahwa Indonesia menjadi negara Asia pertama di perhelatan Piala Dunia itu juga rupanya diakui oleh federasi sepakbola dunia (FIFA). Melalui akun twitter resminya, FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup.

Pertanyaan tersebut adalah, 

"Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?." Kemudian mereka menjawab, "Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis." 


3. Diingatkan oleh AFC

Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Federasi Sepakbola Asia (AFC) juga kembali mengingatkan masyarakat pecinta sepakbola soal sejarah sepakbola Indonesia tersebut. Melalui instagram resmi, AFC memposting momen Indonesia di Piala Dunia 1938. 

FIFAPiala DuniaIndonesiaAFCBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini