x

Piala Dunia 2018: Kemenangan Jerman atas Swedia Berbuntut Laporan Kepolisian?

Senin, 25 Juni 2018 18:07 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jimmy Durmaz, pemain Swedia

Gelandang Swedia, Jimmy Durmaz akhirnya angkat bicara mengenai rasis yang ditujukan kepadanya di media sosial setelah kekalahan 2-1 dari Jerman di babak penyisihan grup F Piala Dunia 2018. Menurutnya hal ini merupakan salah satu yang benar-benar tidak dapat diterima.

Setelah masuk sebagai pemain pengganti, Durmaz memberikan tendangan bebas yang menyebabkan Toni Kroos menghasilkan gol di saat injury time. Sejak itu, Durmaz menjadi sasaran bully, termasuk ancaman terhadap keluarganya.

Baca Juga

1. Lampaui Batas

Laga Jerman vs Swedia sempat terjadi kericuhan antar staf pelatih.

Sebelum sesi latihan pada hari Minggu, Durmaz bersama dengan Timnas Swedia dan pelatihnya, Janne Andersson berkomentar soal hal ini.

“Ketika Anda mengancam saya, ketika Anda memanggil saya ‘iblis Arab’, ‘teroris’, ‘Taliban’, maka Anda telah melampaui batas,” kata Durmaz dalam pernyataan yang dimuat dalam di situs Asosiasi Sepakbola Swedia seperti dikutip dari The Times Of Israel.

“Dan lebih buruk lagi, ketika kamu mengincar keluarga saya, anak-anak saya, mengancam mereka. Siapa yang melakukan itu? Itu benar-benar tidak bisa diterima,” tambahnya


2. Bangga Jadi Orang Swedia

Jimmy Durmaz, pemain Swedia

Durmaz memang lahir dan dibesarkan di Swedia namun orang tuanya berasal dari Asyur, Turki.

“Saya orang Swedia dan saya bangga bermain di Timnas. Itu hal terbesar yang dapat Anda lakukan sebagai pemain sepakbola,” katanya

Ia melanjutkan, “Saya tidak akan membiarkan ada rasis menghancurkan kebanggaan itu. Kita semua harus melawan segala bentuk rasisme. ”


3. Lapor ke Polisi

Hakan Sjostrand, sekjen Asosiasi Sepakbola Swedia.

Sementara itu, pihak Federasi Sepakbola Swedia tak tinggal diam. Mereka bahkan telah melaporkan kasus yang dialami Durmaz ke polisi.

"Kami tidak mentolerir pemain yang terkena ancaman dan intimidasi," kata sekretaris jenderal FA Swedia, Hakan Sjostrand.

“Ini tidak menyenangkan dan sangat menjengkelkan untuk melihat apa yang telah diderita Jimmy Durmaz. Benar-benar tidak bisa diterima,” lanjutnya.

Kekalahan atas Jerman membuat Swedia memiliki poin yang sama dengan lawanny. Kedua Negara ini memiliki tiga poin di belakang Meksiko dengan satu pertandingan tersisa. Swedia akan bertarung melawan Meksiko sementara Jerman menghadapi Korea Selatan pada Rabu (27/06/18).

JermanSwediaPiala Dunia 2018Bola InternasionalRasisme

Berita Terkini