x

Piala Dunia 2018: Presiden Federasi Sepakbola Serbia Diperiksa FIFA, Ini Penyebabnya

Senin, 25 Juni 2018 15:48 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
LOGO FIFA.

Ketua Asosiasi Sepakbola Serbia Slavisa Kokeza tengah diselidiki FIFA terkait pernyataan yang dikeluarkan saat wawancara dengan BBC.

Baca Juga

Kokeza mengatakan hal itu menyusul kekalahan timnya atas Swiss Jumat lalu. Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, juga tengah diselidiki atas pernyataan yang dibuat setelah pertandingan.


1. Selebrasi Kontroversial Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri

Granit Xhaka melakukan selebrasi Albanian Eagle usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Sementara itu, Stephan Lichtsteiner menjadi pemain ketiga yang diselidiki terkait perayaan gol. Pemain yang baru saja memutuskan bergabung dengan Arsenal musim 2017/2018 ini turut serta saat kedua rekannya Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri merayakan gol dengan mimik meniru simbol elang berkepala dua, lambang bendera Albania.

Xhaka dan Shaqiri adalah warga Swiss keturunan Kosovo yang mayoritas penduduknya adalah etnis Albania. Kosovo dulunya masuk wilayah Serbia (dulu Yugoslavia) sebelum akhirnya menyatakan kemerdekaan pada 2008. Namun, Serbia tidak mengakui kemerdekaan Kosovo.


2. Tuduhan Presiden Federasi Sepakbola Serbia pada FIFA

Pemain Serbia ditekel oleh pemain Swiss.

Dalam wawancara dengan BBC Sabtu lalu, Kokeza mengatakan bahwa Serbia korban “perampokan brutal” saat kalah 1-2 atas Swiss dan FIFA telah mengarahkan orang-orang sekitarnya untuk merencanakan hal tersebut.

Kokeza mengeluhkan bahwa wasit yang memimpin pertandingan tersebut adalah wasit asal Jerman. Sementara Swiss sendiri termasuk negara dengan mayoritas populasi berbahasa Jerman.

Kokeza beranggapan keputusan FIFA mempengaruhi beberapa keputusan di lapangan, termasuk tidak diberikannya penalti oleh wasit dan teknologi video asisten wasit (VAR) saat Aleksandar Mitrovic dijatuhkan oleh dua pemain Swiss.


3. FIFA Jatuhkan Sanksi

LOGO FIFA.

FIFA juga menjatuhkan Federasi Sepakbola Denmark 20,000 Franc Swiss karena keriuhan, spanduk yang tidak pantas serta tidak menghormati protokol sebelum laga saat timnya bermain imbang 1-1 melawan Australia.

FIFA juga membuka penyelidikian atas official timnas Jerman Ulrich Voigt dan Georg Behlau atas insiden di akhir laga saat juara bertahan Piala Dunia tersebut menang 2-1 atas Swedia.

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Penulis: Yasmin Rasidi

SwissFIFASerbiaPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini