x

5 Kejadian yang Menghiasi Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Rabu, 4 Juli 2018 12:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Cristiano Ronaldo tengah membantu Edinson Cavani.

Babak 16 besar Piala Dunia 2018 telah usai. Laga antara Kolombia vs Inggris menjadi pertandingan terakhir di babak 16 besar.

Selanjutnya, delapan negara akan bersaing di babak perempatfinal. Kedelapan negara tersebut adalah Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Swedia, Rusia, Kroasia, dan Inggris. Babak perempatfinal akan dimulai pada Jumat (06/07/18). 

Empat stadion telah dipilih untuk menggelar babak perempatfinal. Empat stadion tersebut adalah Nizhny Novgorod Stadium, Kazan Arena, Samara Arena, dan Fisht Stadium.

Tak hanya serunya pertandingan, babak 16 besar juga dihiasi sejumlah kejadian-kejadian menarik yang mengundang perhatian pecinta sepakbola dunia. Apa saja kejadian-kejadian itu? Berikut INDOSPORT pilihkan 5 di antaranya. 

Baca Juga

1. Ronaldo 'Bantu' Cavani

Edinson Cavani dibantu oleh Cristiano Ronaldo saat meninggalkan lapangan.

Dalam laga antara Portugal menghadapi Uruguay, ada sebuah adegan menarik di mana Ronaldo memapah Edinson Cavani yang cedera ke tepi lapangan. Hal tersebut tentu membuat geger dunia dan tidak sedikit yang menyatakan respek terhadap apa yang dilakukan oleh Ronaldo.

Namun, apa yang dilakukan Ronaldo bisa juga diartikan sebagai hal lain. Jika melihat video, kita bisa berasumsi bahwa Ronaldo membantu Cavani karena ia tak ingin waktu terbuang sia-sia lantaran saat itu Portugal tengah tertinggal 1-0. 


2. Neymar Si Raja Diving

Neymar berguling-guling di atas lapangan di laga Brasil melawan Meksiko di Piala Dunia 2018 (02/07/18).

Neymar telah lama dikenal sebagai pemain yang gemar diving dan bersikap berlebihan ketika dilanggar. Sikap itu juga ditunjukannya di Piala Dunia 2018. 

Setelah berguling-guling saat melawan Kosta Rika di babak grup, Neymar kembali beraksi di laga 16 besar melawan Meksiko. 

Pada laga yang dimenangi Brasil 2-0 itu, Neymar sebetulnya tampil apik. Penyerang Paris Saint-Germain itu mencetak gol pertama Brasil pada menit 51.

Momen diving Neymar pun terjadi saat dirinya duel dengan winger Meksiko, Miguel Layun. Saat itu Neymar terjatuh dan langsung memegang bola. 

Karena dinilai wasit bukanlah sebuah pelanggaran, Layun pun langsung mengambil bola dari tangan Neymar. Dalam tayangan ulang kaki Layun sedikit menginjak kaki Neymar. Akibat injakan pelan tersebut, Neymar langsung mengerang kesakitan sambil berguling-guling.


3. Selebrasi ala Ronaldo dari Jordan Pickford

Jordan Pickford mengiru gaya selebrasi Crisitano Ronaldo usai adu penalti melawan Kolombia

Inggris sukses melenggang ke perempatfinal usai menang adu penalti atas Kolombia. Dalam laga dramatis tersebut, kiper Inggris, Jordan Pickford, melakukan sebuah penyelamata kunci. 

Usai Inggris memastikan lolos, Pickford pun langsung meloncat tinggi sebelum akhirnya turun dengan melayangkan kedua tangan ke belakang seperti yang dilakukan Ronaldo tiap mencetak gol.


4. Aksi Terpuji Suporter Jepang

Suporter Jepang mengumpulkan sampah usai pertandingan.

Timnas Jepang memang gagal jadi wakil Asia satu-satunya untuk bermain di babak 8 besar Piala Dunia 2018. Sebab, mereka takluk dari Belgia di babak 16 besar pada Selasa (03/07/18) dinihari WIB.

Kendati timnya baru saja tersingkir, tak membuat para suporter Jepang meradang. Usai pertandingan, mereka kembali jadi sorotan lantaran tetap melakukan aksi bersih-bersih, dengan mengumpulkan sampah di sekitar bangku penonton.

Ini bukanlah kali pertama suporter Jepang melakukan aksi terpuji memungut sampah, usai pertandingan. Sebelumnya, mereka melakukan hal serupa saat laga perdana babak penyisihan grup, melawan Kolombia.


5. Rambut Pirang Trio Meksiko

Dua pemain timnas Meksiko, Javier Hernandez (kiri) dan Miguel Layun mengapit asisten pelatih Humberto Sierra dengan rambut pirang jelang laga kontra Brasil.

Meksiko tampil percaya diri jelang laga melawan Brasil. Maklum, Meksiko mampu menumbangkan Jerman di babak grup. 

Kepercayaan diri Meksiko terlihat pada perubahan gaya rambut tiga pemainnya, yaitu Javier Hernandez, Miguel Layun, dan Carlos Salcedo. Alih-alih membawa keberuntungan, Meksiko justru tumbang di tangan Brasil. 

Berikut Tim-tim yang Telah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

MeksikoNeymarPiala Dunia 2018Bola InternasionalJordan Pickford

Berita Terkini