x

Kalah Tipis dari Malaysia, Ini Penjelasan Pelatih Timnas U-16

Jumat, 6 Juli 2018 23:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
Pemain Timnas U-16 dijaga ketat pemain Topskor.

Timnas Indonesia U-16 harus menelan kekalahan dari Malaysia U-16 dengan skor tipis 3-4 dalam laga uji coba di Stadion MBPJ, Jumat (06/07/18). Hasil itu pun langsung ditanggapi oleh pelatih skuat Garuda Asia, Fakhri Husaini.

Menurut Fakhri, kekalahan itu didasari oleh kondisi fisik pemain Timnas U-16 yang tidak dalam kondisi ideal. Perjalanan jauh dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Malaysia yang memakan waktu membuat pemain kelelahan. 

Keadaan itu memang berefek langsung pada pola permainan Timnas U-16 terutama di babak pertama. Sehingga Fakhri tidak heran apabila mereka sempat tertinggal 1-3 saat turun minum.

Baca Juga

1. Kelelahan Fisik

Pemain Timnas U-16 gagal merebut bola dari pemain Topskor.

"Ini pertandingan sulit bagi pemain, karena secara fisik Timnas Malaysia lebih bugar dibandingkan dengan pemain kita yang secara berturut-turut selama 2 malam tidak mendapatkan tidur yang cukup. Ini karena jadwal perjalanan dari Surabaya - Jakarta - Kuala Lumpur yang tidak ideal," jelas Fakhri.

"Kondisi ini sangat terlihat pada babak I, kami membuat beberapa kesalahan, dan tertinggal 1-3," imbuhnya.

Kendati kalah, Fakhri menyatakan hal itu tidak jadi masalah besar. Sebab kondisi itu akan jadi bahan evaluasi agar kedepannya mereka lebih siap dalam kondisi apapun, terlebih untuk Piala Asia U-16 yang akan berlangsung di Malaysia tahun ini. 

"Babak ke-II, anak-anak mulai bisa beradaptasi, kami mulai menekan, dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Sayang, kami lengah menutup serangan balik Malaysia, yang berdampak lahirnya gol ke 4 mereka," tutur Fakhri.

Baca Juga

2. Bahan Evaluasi

Eksekusi tendangn penalti Hamsa Lestaluhu ke gawang tim Topskor.

"Laga ini akan menjadi bahan evaluasi kami untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan menjelang AFF Cup," tutupnya.

Meskipun kalah, uji coba kali ini sejatinya cukup penting bagi Timnas U-16. Pelatih skuat Garuda Asia, Fakhri Husaini mengatakan pertandingan kali ini menjadi bagian dari persiapan akhir Garuda Asia jelang Piala AFF U-16 2018 yang mulai bergulir pada 29 Juli 2018 nanti.

Selain itu, uji coba internasional sangat penting untuk memberikan pengalaman bagi pemain dan sekaligus beradaptasi dengan lingkungan di Malaysia yang menjadi tuan rumah Piala U-16 tahun ini.

Selama berada di Malaysia, Timnas U-16 tidak hanya diagendakan melawan Malaysia U-16. Mereka juga akan melawan klub JDT (Johor Darul Ta'zim) U-17 di Stadion MMPJ, Johor, Malaysia pada 8 Juli.

Berikut Jadwal Babak Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Uji CobaMalaysiaFakhri HusainiTimnas Indonesia U-16Bola Internasional

Berita Terkini