x

Petisi Hilangkan 'Viking Clap' di Laga Timnas Telah Mencapai Target

Rabu, 8 Agustus 2018 13:44 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Fans Islandia saat menyaksikan laga Argentina vs Islandia di Piala Dunia 2018, Sabtu (16/06/18), Stadion Spartak, Moscow.

FOOTBALL265.COM - Beberapa hari lalu, muncul petisi untuk menghapus Viking Clap di laga Timnas Indonesia. Dan kini petisi tersebut sudah mencapai target awal yang ditetapkan. 

Viking Clap menjadi tradisi baru bagi suporter di Indonesia. Setelah dipopulerkan oleh Timnas Islandia, Viking Clap juga kerap dilakukan oleh Persib Bandung dan para Bobotoh. 

Kepopuleran Viking Clap akhirnya menghinggapi Timnas Indonesia dan para suporter yang menonton laga Timnas. Saat Piala AFF U-19 2018 lalu, dan sekarang di Piala AFF U-16 2018, Viking Clap selalu dilakukan usai Timnas Indonesia bertanding. 

Meskipun aksi Viking Clap sangat populer, menakjubkan, dan membuat merinding jika menyaksikan atau mendengarkannya langsung, tetapi ada penggemar sepak bola nasional yang menginginkan tradisi Viking Clap usai laga Timnas Indonesia dihilangkan. 

Sebuah petisi untuk menghilangkan Viking Clap usai laga Timnas Indonesia.

Salah satunya dilakukan seorang seorang suporter bernama Eko Prasetyo. Eko Prasetyo bahkan sudah membuat sebuah petisi di situs Change.org dengan tajuk "Ganti 'Viking Clap' dengan menyanyikan 'Tanah Airku Tidak Ku Lupakan'".

Baca Juga

Melalui petisi tersebut, Eko Prasetyo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merubah kebiasaan melakukan Viking Clap usai laga Timnas Indonesia. 

"Bukan karena Viking Clap buruk namun karena Viking Clap tidak ada sejarahnya bagi bangsa kita. Tunjukkan pada dunia kalau Indonesia bukan bangsa yang doyan menjiplak persis apa yang orang lain punya," tulis Eko sebagai salah satu alasan untuk menghapus aksi Viking Clap. 


1. Telah Mencapai Target

Suporter Indonesia, Andi Kiswantoro, membawa patung Garuda Pancasila.

Petisi yang dimulai pada 4 Agustus 2018 lalu itu, menargetkan 1.000 tanda tangan. Dan dari pantauan INDOSPORT hari ini, Rabu (08/08/18), petisi tersebut sudah melampaui target awal dan ditandatangani oleh 1.221 orang. 

Petisi yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo, Menpora Imam Nahrawi, PSSI, dan Ketum PSSI Edy Rahmayadi tersebut kini memiliki target baru. Ditargetkan, petisi tersebut membutuhkan 1.500 tanda tangan. 

Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2018:

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

VikingSuporter sepakbolaSuporterTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini