x

Tukangi Timnas Kamboja untuk Piala AFF 2018, Ini 5 Fakta Unik soal Keputusan Honda

Senin, 13 Agustus 2018 19:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.com – Pesepakbola ternama Jepang, Keisuke Honda, memutuskan untuk menukangi Timnas Kamboja untuk Piala AFF 2018, dan di balik itu semua ada lima fakta yang mendorong keputusan Honda itu.

Baca Juga

Bintang sepak bola Jepang itu telah memulai peran barunya untuk menjadi manajer Timnas Kamboja untuk Piala AFF 2018.

Kabar tersebut tentunya mengejutkan menyusul Federasi Sepak Bola kamboja (CFF) juga mengonfirmasi keputusan pemain yang beberapa waktu lalu telah memutuskan pensiun dari Timnas Jepang usai Piala Dunia 2018.

Pemain berusia 32 tahun tersebut belum lama ini memulai gebrakan dengan bergabung bersama klub sepak bola di Australia, Melbourne Victory. Akan tetapi, klub hanya menjadikannya sebagai pemain ikon untuk tujuan komersial selama musim ini.

Dilansir dari Fox Sports Asia, terdapat lima fakta yang membuat Honda mau menerima tugas sebagai juru taktik Timnas Kamboja musim ini:


1. 1. Honda Tetap Bermain untuk Melbourne Victory

Mantan Gelandang Timnas Jepang, Keisuke Honda

Sejak Honda bergabung dengan klub A League tersebut, kedua belah pihak telah menegaskan prioritas yang akan dijalani sang pemain selama Kamboja menjalani kompetisi di AFF 2018.

Honda dipastikan tidak akan absen di setiap pertandingan Victory di A League dan dirinya hanya akan berangkat ke Kamboja setiap kali ada jadwal bertanding.

Honda juga akan melakukan pertemuan melalui video cal setiap pekan dari Melbourne dengan staf pelatih Kamboja untuk memastikan semua instruksinya dilaksanakan dengan benar.


2. 2. Honda Menawarakan Diri Tanpa Dibayar

Keisuke Honda, Mantan Pemain Timnas Jepang yang kini bermain untuk Melbourne Victory

Sejak kabar Honda menjadi pelatih Timnass Kamboja bocor ke publik, banyak orang menganggap remeh bintang Jepang tersebut. Mereka berpikir Honda hanya mau demi tawaran menggiurkan yang telah disodorkan kepadanya.

Faktanya tidak demikian. Pasalnya, presiden CFF, Sao Sokha telah mengonfirmasi bahwa Honda mengambil peran tersebut secara sukarela dan tidak akan menerima bayaran sepeserpun dari tugasnya.


3. 3. Honda Menjadi Pelatih Kepala Tanpa Lisensi

Keisuke Honda, saat masih menjadi pemain AC MIlan

Meski sudah pensiun memperkuat Timnas Jepang, Honda masih berstatus pemain sepak bola yang kini bermain untuk klub Australia. Saat ini Honda juga tidak mengantongi lisensi pelatihan yang memadai yang umumnya dipersyaratkan untuk berperan sebagai pelatih kepala.

Peran ini kabarnya ditujukan juru taktik Argentina Felix Agustin Gonzales Dalmas. Namun dirinya akan menerima saran taktis dari Honda yang bertindak sebagai manajer umum.


4. 4. Honda Menjadi Duta Budaya Kamboja

Selebrasi pemain Kamboja saat juara AFF 2016.

Mantan pemain AC Milan ini tidak hanya bertindak sebagai pelatih kepala, ia juga menjadi duta budaya yang mempromosikan destinasi wisata kerajaan Kamboja ke seluruh dunia.

Perlu diketahui bahwa Kamboja dikenal dengan kuil Angkor Wat, yang merupakan situs Warisan Dunia yang terdaftar di UNESCO. Kehadiran budaya Angkor Wat dan sejarah kerajaan menjadi aset terkuat negara tersebut untuk menawarkan kesempatan bagi wisatawan asing menikmatinya.


5. 5. Honda Memiliki Klub dan Akademi Kamboka

Keisuke Honda saat menjawab pertanyaan para wartawan Indonesia.

Ternyata Honda sudah lama malang melintang di dunia sepak bola Kamboja. Pasalnya, pemain Jepang itu memiliki Sekolah Sepakbola Honda Soltilo di Phnom Penh yang dibuka pada bulan Juni 2016.

Baca Juga

Tidak hanya itu saja, Honda juga memiliki Soltilo Angkor FC, klub yang berpartisipasi di liga Kamboja saat ini.

Honda pertama kali menyukai negara tersebut pada tahun 2015 ketika ia bermain dan mencetak gol untuk Jepang dalam kemenangan 2-0 atas Kamboja dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.

Cetak Brace, Stefano Lilipaly Dipuji Setinggi Langit

 

Ikuti terus perkembangan Piala AFF 2018 hanya di INDOSPORT.

JepangKambojaKeisuke HondaBola InternasionalMelbourne Victory FCPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini