x

Tak Disangka! 4 Legenda Sepak Bola Ini Sukses jadi Pebisnis

Minggu, 30 September 2018 11:40 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi sepak bola dan uang.

FOOTBALL265.COM – Banyak pemain sepak bola yang melebarkan sayapnya ke dunia bisnis, baik untuk mencari pendapatan ekstra, berinvestasi, atau sekadar menambah pengalaman.

Terlebih lagi, meski menjadi pesepak bola adalah karier yang begitu menjanjikan lantaran penuh pundi-pundi uang, tentunya hal tersebut tidak akan bertahan selamanya.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika para pemain yang kini masih aktif bekerja di dunia sepak bola mempersiapkan diri ketika nanti waktunya pensiun sudah tiba.

Baca Juga

Sebagian besar mantan pemain yang sudah rehat dari lapangan hijau memilih karier sebagai pandit dan manajer. Akan tetapi, tentu saja tidak semua pemain memiliki bakat di bidang tersebut.

Oleh karena itu, salah satu opsi lain yang paling sering diambil adalah investasi dan berbisnis, meski tidak menutup kemungkinan seorang pemain dapat menjadi pebisnis sekaligus pandit maupun manajer secara bersamaan.

Baca Juga

Berbisnis pun bermacam-macam bentuknya, mulai dari menjual produk barang dan jasa, membuka restoran, dan lain-lain. Meski terlihat mudah, berbisnis pada kenyataannya memerlukan kesabaran dan strategi yang tepat.

Berdasarkan informasi dari First Wealth UK, INDOSPORT merangkum 4 nama pemain yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.


1. Michael Owen

Michael Owen sangat mencintai balap kuda.

Mantan pemain Manchester United dan Liverpool ini memilih profesi pandit setelah pensiun sebagai pemain aktif. Di tengah jadwalnya yang masih begitu padat, Owen masih menyempatkan diri berbisnis dengan membuka sebuah agen manajemen pemain.

Agen tersebut pun dinamai Michael Owen Management. Kegiatan dan fokus utama manajemen miliknya tersebut adalah mengatur kegiatan para pemain muda. Selain itu, ia juga berperan serta dalam bisnis pacuan kuda.

Baca Juga

Ia pun mengaku senang lantaran dapat menyalurkan hobinya tersebut menjadi sebuah bisnis yang pastinya menguntungkan. Owen sendiri memang dikenal sebagai pemain yang sangat suka berkuda. Bahkan, ia membeli kuda pertamanya saat usianya masih 18 tahun.

Owen kini merupakan pemilik Manor House Stables yang berlokasi di Malpas, Chesire. Ia juga terlibat langsung dalam proses pelatihan dan perkembangbiakan kuda-kudanya.


2. Robbie Fowler

Robbie Fowler memilih bisnis properti yang dikelola sang istri.

Legenda Liverpool ini telah menekuni bisnis di bidang properti sejak lama. Meski demikian, Fowler tidak bermain pada produk-produk properti kelas super mewah, melainkan menyasar jenis-jenis rumah berteras yang kerap ditemui di bagian barat laut Inggris, terutama di kota Liverpool.

Selain itu, Fowler juga membuka sebuah akademi latihan yang diberi nama The Property Academy, yang bertujuan memberikan pelatihan bagi peserta untuk menjadi pebisnis sukses.

Pada kenyataannya, terjunnya Fowler ke bidang properti ternyata tidak disengaja. Ia mulai tertarik berbisnis properti setelah Graeme Souness mengenalkan dirinya ke seorang penasihat keuangan.

Baca Juga

Penasihat tersebut kemudian menyarankan Fowler untuk menekuni bisnis properti. Selama Fowler bermain, segala urusan terkait bisnisnya tersebut dikelola oleh sang istri.

“Dia bosnya. Dia melakukan segalanya ketika saya bermain. Pada dasarnya, saya pergi dan saya terus menghasilkan uang. Dia senang dengan konsep semacam itu,” kata Fowler.


3. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand yang menekuni banyak bisnis.

Ferdinand merupakan salah satu pesepak bola yang bisa dibilang paling sibuk dengan bisnisnya. Bagaimana tidak, ia terlibat di sejumlah lahan bisnis yang beraneka ragam jenisnya.

Ia pernah membuka bisnis rekaman yang diberi nama White Chalk Music Label pada tahun 2005 silam. Selain itu, ia juga terjun ke bisnis kuliner dengan membuka sebuah restoran bernama Rosso, yang berlokasi di kota Manchester.

Tidak berhenti sampai di situ, Ferdinand yang kini berprofesi sebagai pengamat sepak bola tersebut juga meluncurkan merek fashion miliknya sendiri, Five Supply.

Baca Juga

Ketika ditanya mengapa dirinya menggeluti banyak sekali bisnis, Ferdinand mengatakan bahwa hal tersebut dilakukannya supaya tidak mudah bosan, terlebih lagi jika sudah tidak menjadi seorang pemain aktif.

“Saya telah melihat banyak pemain yang merasa bosan dengan kehidupannya, jadi jika saya dapat menyibukkan diri, mengapa tidak? Apa yang saya lakukan juga tidak jauh-jauh dari dunia sepak bola, dunia yang menjadi prioritas saya,” katanya.


4. Louis Saha

Louis Saha saat ini bergelut di bidang jasa konsultasi keuangan.

Mantan pemain Manchester United dan Lazio ini terjun ke bidang konsultasi finansial melalui sebuah perusahaan start-up, Axis Stars, yang memfokuskan diri ke pasar media sosial.

Perusahaannya tersebut akan memberikan layanan konsultasi kepada para bintang olahraga yang sedang mengalami kesulitan keuangan atau bahkan mereka yang sedang berada di ujung kebangkrutan.

Baca Juga

“Banyak pemain muda yang sudah mencapai level atas tetapi kesulitan dalam mengelola keuangannya,” kata Saha.

Ia berharap para pemain dapat memfokuskan diri dengan kariernya di lapangan tanpa harus terbebani pikirannya dengan hal-hal berbau finansial seperti investasi dan pajak.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.

Manchester UnitedLiverpoolMichael OwenRio FerdinandRobbie FowlerLouis SahaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini