x

4 Pemain Sepak Bola Eropa yang Pernah Mengenakan Batik

Selasa, 2 Oktober 2018 09:19 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Yohanes Ishak
Zinedine Zidane juga mengenakan busana batik.

FOOTBALL265.COM - Sebagai salah satu aset kebudayaan Indonesia yang berharga. Tepat pada tahun 2009 lalu, Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Meskipun bernuansa tradisional, namun kiprah batik pada masa kini sudah meluas ke dunia Internasional.

Kini, bukan hanya masyarakat Indonesia yang gemar mengenakan batik. Terbukti, beberapa pemain sepak bola Internasional pun pernah memakai kain asli Indonesia ini.

Berikut INDOSPORT rangkum empat pemain sepak bola Internasional yang pernah mengenakan batik.

Baca Juga

1. David Beckham

David Beckham juga mengenakan batik Indonesia.

Dengan latar belakang bersejarah, Big Ben, David Beckham berfoto dengan menggunakan jaket dan membawa sepatu dengan motif batik yang sama. Dalam foto tersebut, Beckham tampak sedang berfoto untuk keperluan kerja, yakni sebagai Brand Ambassador dari Adidas.

Pesepak bola yang memiliki nama David Robert Joseph Beckham ini memang terkenal memiliki ikatan khusus dengan Indonesia sedari dulu.

Kerap kali, Beckham pergi ke Indonesia untuk beberapa urusan seperti seminar, laga amal, dan berlibur bersama keluarga. Diketahui, baru saja bulan Agustus tahun ini (04/078/2018), Beckham memboyong keluarganya untuk berlibur ke pulau dewata, Bali.

Arsenal

Para pemain Arsenal asal Inggris mengenakan batik saat berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu.

Tim London Merah juga pernah menggunakan batik tepatnya di tahun 2013 lalu. Kala itu, mereka mengenakan kemeja batik sebelum menuju ke Indonesia untuk melakoni pertandingan persahabatan.

Saat itu, mereka yang mengenakan batik kini merupakan barisan para mantan, seperti Olivier Giroud, Wojciech Szczezny, Tomas Rosicky, Mikel Arteta, dan terakhir yang masih ada di The Gunners saat ini, Per Mertesacker.


2. Marco Verrati

Marco Veratti sempat menjadi viral di media sosial usai memakai batik di hari istimewanya.

Veratti pernah terlihat menggunakan batik ketika menandatangani kontrak untuk bergabung dengan Paris Saint Germany (PSG) di tahun 2016.

Berwarna biru gelap, Verrati mengenakan batik dengan cara yang agak berbeda daripada umumnya. Terlihat lebih stylish, Verrati sengaja membiarkan kancing atasnya terbuka.

Marco Veratti adalah gelandang sepak bola asal Italia. Kini, atlet yang berusia 25 tahun itu masih bermain untuk Paris Saint Germany (PSG).

Patrik Berger

Legenda Liverpool FC, Gary McAllister, Roy Evans, Patrik Berger, dan Jason McAteer memakai baju batik di acara LFC World Jakarta.

Dalam rangka menjadi bintang tamu pada acara Liverpool Fans Club (LFC) World, Kamis, (08/03/2018) di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Patrik Berger dan para legenda Liverpool lainnya terlihat mengenakan batik yang langsung dibuat oleh penggemarnya sendiri asal Cirebon, Iyan Rahadiyan.

Hal unik terjadi pada momen itu, tidak seperti orang yang mengenakan batik pada umumnya, Berger memadukan atasan batik dengan menggunakan celana pendek.

Pada acara tersebut, tidak hanya Berger yang menggunakan batik. Nampak legenda sepak bola Liverpool lainnya seperti Roy Evans, Jason McAteer, dan Gary McAllister.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional di INDOSPORT.


3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane saat kunjungan ke Indonesia ketika bertemu dengan Mantan Presiden SBY Zidane mengenakan busana batik.

Zinedine Yazid Zidane merupakan pesepakbola asal Prancis. Dalam kunjungannya ke Indonesia pada tahun 2007, Zidane nampak menggunakan batik berwarna coklat.

Pada kesempatan tersebut, Zidane berkesempatan bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 Indonesia.

Kunjungan Zidane ke Indonesia tidak lain untuk menjalankan tugasnya sebagai duta kesejahteraan untuk anak-anak.

Zinedine ZidaneDavid BeckhamBola InternasionalHari Batik NasionalBerita Transfer

Berita Terkini