x

4 Hal yang Harus Dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19 Jelang Lawan UEA

Minggu, 21 Oktober 2018 22:25 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi Witan Sulaeman (kanan) usai mencetak gol ketiga Timnas U-19 ke gawang China Taipe.

FOOTBALL265.COM - Laga antara Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Qatar U-19 pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-19 2018 baru saja usai digelar di Stadion Gelora Bung Karno. Dalam laga tersebut, pasukan Indra Sjafri terpaksa harus mengakui keunggulan dari tim tamu yang menang dengan skor tipis 6-5.

Meski kalah, namun perjuangan Garuda Nusantara dalam laga tersebut patut diapresiasi. Bagaimana tidak? Sebelumnya mereka dibekuk dengan skor telak 1-6, namun pada akhirnya mampu bangkit dan mempertipis kedudukan menjadi 5-6.

Kalah dari Qatar U-19 memang harus disesali, namun cukup disesali hari ini saja. Saat tidur malam dan bangun pagi, jadikan kekalahan tersebut sebagai pelajaran berharga, jadikan motivasi karena perjuangan Timnas Indonesia U-19 belum selesai.

Baca Juga

Ya, Egy Maulana Vikri dkk masih akan melakoni satu pertandingan lagi melawan pimpinan klasemen sementara, Uni Emirat Arab (UEA). Sulit? Memang sulit namun bukan tidak mungkin Timnas U-19 mampu menciptakan keajaiban. Sebelum melawan Qatar U-19, Timnas U-19 juga sempat diragukan karena memang di atas kertas tim tamu lebih berpengalaman.

Namun pengalaman tidak ada artinya jika kondisi di lapangan berbeda. Percaya atau tidak, jika dalam laga tadi kita masih memiliki waktu sekitar 5 menit lagi saja, bukan tidak mungkin skor bisa berimbang atau malah Timnas Indonesia membalikan kedudukan.

Oleh karena itu, ada 4 hal yang sekiranya bisa dilakukan Timnas Indonesia U-19 jelang lawan Timnas Uni Emirat Arab U-19 yang akan digelar pada hari Rabu (24/10/18) mendatang di Stadion Gelora Bung Karno.

Apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT memaparkannya:


1. Pertahankan dan Tingkatkan Mental Pemenang

Qatar U19 vs Indonesia U19

Saat babak pertama berakhir, tentunya banyak sekali penggemar bola Indonesia yang merasa kecewa. Berbagai hujatan atau cemooh bukan tidak mungkin diucapkan terutama di lama sosial media mereka masing-masing. Bagaimana tidak? Saat babak pertama berakhir, Timnas Indonesia U-19 harus dipaksa berlutut sebanyak 1-4.

Entah apa yang berada dalam benak para penggawa Timnas Indonesia U-19 atau suntikan motivasi seperti apa yang diberikan oleh Indra Sjafri di ruang ganti, hingga membuat rasa percaya diri dan mental pemenang mereka dapat dikeluarkan saat menjalankan babak kedua.

Tidak ada permainan yang pasrah, sebaliknya di babak kedua Timnas Indonesia U-19 mampu bermain menyerang hingga membuat lini pertahanan Timnas Qatar U-19 harus bekerja keras bahkan harus melakukan permainan keras dan kasar demi melindungi gawang mereka.

Qatar U19 vs Indonesia U19

Siapa yang sangka? Permainan keras dari mereka justru menjadi malapetaka atau menjadi bumerang bagi mereka. Ya, dimulai dari 3 tendangan bebas yang berbuah gol secara beruntun mampu diciptakan oleh Luthfi Kamal, Todd Rivaldo Ferre, dan Saddil Ramdani membuat mental para pemain Timnas U-19 menjadi membara.

Todd Rivaldo Ferre mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia U-19 saat melawan Qatar U-19.

Tak sampai di situ, 2 gol tambahan dari Rivaldo Ferre semakin membuat permainan menyerang Timnas Indonesia U-19 menjadi tak menentu. Bahkan, beberapa Timnas Qatar U-19 sampai harus mengulur waktu dengan merasa kesakitan. Hingga akhirnya, terdengar 3 peluit berbunyi dari wasit yang menandakan berakhirnya laga.

Meski kalah, namun semangat juang dan mental pemenang dari Timnas Indonesia U-19 ini harus diapresiasi. Melawan UEA U-19, jelas Timnas Indonesia U-19 harus mempertahankan, bahkan meningkatkan rasa percaya diri serta mentalitas pemenang mereka demi mendapatkan tiket di babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

Baca Juga

2. Tetap Mainkan Nurhidayat

Pemain Qatar U-19 berselebrasi di depan ribuan penonton di Stadion GBK saat mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia.

Bek tengah sekaligus kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat tentunya menjadi bulan-bulanan bagi para netizen. Bukannya apa, Nurhidayat memang menjadi biang kebobolannya Timnas U-19 saat melawan Qatar U-19 dan juga ketika melawan Chinese Taipei U-19.

Meski demikian, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak memainkannya. Sebab, Timnas Indonesia U-19 membutuhkan sosok pemimpin dan jika Nurhidayat diganti, belum ada pemain lain yang memiliki jiwa pemimpin seperti Nurhidayat.

Di sisi lain, pemain milik Bhayangkara FC itu juga pastinya telah belajar dari kesalahan dan menjadikan motivasi rekan-rekannya itu agar bisa bangkit dan tetap percaya diri. Oleh karena itu, peranan Nurhidayat masih dibutuhkan saat melawan UEA U-19 nanti.

Baca Juga

3. Jadikan Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia U-19 saat melawan Qatar U-19.

Sangat, sangat, sangat harus diakui jika Todd Rivaldo Ferre menjadi bintang Timnas Indonesia U-19, bahkan bisa dibilang juga sebagai bintang dalam pertandingan tersebut.

Hal ini karena kehadirannya di babak kedua yang menggantikan Muhammad Raffli Syahril mampu mengubah permainan Garuda Nusantara menjadi lebih hidup.

Rivaldo Ferre yang bermain untuk Persipura Jayapura ini langsung menjadi motor serangan Timnas Indonesia U-19 sekaligus mesin gol dadakan dalam laga tersebut.

Tentunya, tidak sedikit yang berharap jika Rivaldo dapat dijadikan sebagai pemain inti saat melawan UEA U-19 nanti dengan harapan Timnas Indonesia U-19 langsung menyuguhkan permainan yang cepat dan mematikan.

Namun hal ini sepertinya tak sepenuhnya benar. Tak ada salahnya jika Rivaldo kembali disimpan di bangku cadangan, tujuannya agar Timnas Indonesia U-19 masih memiliki tenaga untuk menyerang di babak kedua.

Baca Juga

4. Terus Minta Dukungan dari Penonton

Suporter Timnas Indonesia.

Dukungan dari penonton pun tak dapat diremehkan dan harus diakui sangat dibutuhkan. Dalam pertandingan tadi, saat Timnas Indonesia U-19 tertinggal dan mencoba untuk bangkit, terlihat bintang Timnas U-19, Egy Maulana Vikri memberikan gestur untuk meminta dukungan kepada supporter yang hadir di tribune penonton.

Jelas, sebagai tuan rumah dan pastinya selalu dibanjiri oleh suporter yang luar biasa, teriakan serta dukungan untuk tim Garuda Nusantara bisa membangkitkan semangat bagi para pemain.

Baca Juga

Tak hanya itu, juga bisa membuat tim lawan menjadi tegang. Perlu diingat, jika dalam beberapa laga internasional, mau itu pelatih, pemain, maupun pendukung dari tim negara lain yang hadir untuk melawan Timnas Indonesia, mereka selalu memuji dan mengakui jika dukungan dari penonton Timnas Indonesia membuat mereka menjadi tegang.

Oleh karena itu, tak ada salahnya para pemain Timnas Indonesia U-19 meminta dukungan dari penonton dan pastinya para penonton pun juga harus tiada hentinya memberikan dukungan dengan penuh semangat.

Terus ikuti berita Piala Asia U-19 2018 di FOOTBALL265.COM

QatarIndonesia U-19Indra SjafriTimnas u-19Uni Emirat ArabBola InternasionalTodd Rivaldo FerrePiala Asia U-19 2018Timnas Indonesia U-19

Berita Terkini