x

Lion Air Jatuh, Ini 5 Kecelakaan Pesawat yang Melibatkan Tim Sepak Bola

Senin, 29 Oktober 2018 10:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Rentetan peristiwa pesawat jatuh.

FOOTBALL265.COM - Kecelakaan pesawat kembali terjadi di Indonesia. Kecelakaan pesawat, juga beberapa kali pernah terjadi di dunia sepak bola.

Pagi ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang. Pesawat yang take off pukul 06.20 WIB ini hilang kontak pada pukul 06.33 WIB. 

Jatuhnya pesawat ini pun sudah dikonfirmasi oleh BASARNAS dan KNKT dalam konferensi pers yang baru selesai beberapa saat lalu. Pesawat yang berisi 189 orang tersebut dikonfirmasi jatuh di sekitar Tanjung Karawang. 

Kejadian jatuhnya pesawat Lion Air ini, tak berselang lama dari jatuhnya helicopter di King Power Stadium, markas Leicester City. Pada kecelakaan helicopter ini, pihak Leicester City sudah mengkonfirmasi bahwa sang pemilik Vichai Srivaddhanaprabha menjadi korban meninggal dunia. 

Baca Juga

Karena kejadian tersebut, laga Leicester City di Piala Liga Inggris dan Liga Primer Inggris pun harus ditunda. 

Peristiwa ini, bukanlah kecelakaan pertama yang melibatkan sebuah tim sepak bola. Sebelumnya, sudah ada beberapa kecelakaan yang terjadi dengan pesepak bola sebagai korbannya. 

Berikut ini INDOSPORT merangkum 5 kecelakaan pesawat yang melibatkan tim sepak bola. 


1. 1. Tragedi Superga

Juan Iturbe resmi ke Torino dengan status pemain pinjaman.

Tragedi Superga, adalah tragedi kecelakaan pesawat yang melibatkan klub asal Italia, Torino FC. Kecelakaan ini sendiri terjadi pada 4 Mei 1949. 

Baca Juga

Kecelakaan tersebut menewaskan 32 orang termasuk 18 orang pemain Torino FC. Kecelakaan pesawat ini tak hanya merenggut nyawa pemain Torino FC, namun juga membuat Torino FC yang sebelumnya menguasai Liga Italia, prestasinya perlahan-lahan semakin menurun. 


2. 2. British Airways 609

Logo Man United.

Pesawat British Airways 609 mengangkut rombongan tim Manchester United mengalami kecelakaan di Bandara Munich, Jerman. Pesawat tersebut usai mengisi bahan bakar dan bersiap lepas landas. 

Baca Juga

Namun, saat lepas landas di tengah cuaca bersalju, pesawat menabrak pembatas dan menewaskan 44 orang termasuk 20 orang pemain Manchester United. Kejadian ini terjadi pada 6 Februari 1958. 


3. 3. Alianza Lima

Feliciano Martel berusia 85 tahun melakukan keterampilan freestyle di Peru.

Klub yang bermain di Liga Peru, Alianza Lima, menyewa pesawat Fokker F27 milik Angkatan Laut Peru. Pesawat ini pun mengangkut 45 orang yang merupakan pemain, manajer, staf, dan wartawan. 

Baca Juga

44 diantaranya tewas saat pesawat jatuh di Samudera Pasifik, satu-satunya korban selamat adalah sang pilot. Kejadian ini terjadi pada 8 Desember 1987 lalu. 


4. 4. Timnas Zambia

Tragedi pesawat yang menimpa pemain Zambia.

Timnas Zambia direncakan akan menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia melawan Senegal di Kota Dakar pada 27 April 1993. Namun, pesawat yang ditumpangi oleh sebagian pemain Timnas Zambia tersebut jatuh di Samudera Atlantik. 

Baca Juga

25 penumpang dan 5 orang awak pesawat dilaporkan tewas dalam kejadian ini. 


5. 5. Chapecoense

Tangisan para pendukung Chapecoense.

Kejadian ini mungkin masih hangat dalam ingatan para pecinta sepak bola dunia. Pasalnya, kejadian ini belum genap dua tahun terjadi. 

Pesawat yang membawa para pemain dan staf klub asal Brasil, Chapecoense, jatuh di Medellin, Kolombia, pada 29 November 2016. 71 orang tewas dalam kecelakaan ini. 

Baca Juga

Hanya 3 pemain Chapecoense dan satu orang staff yang sejatinya akan melakoni laga final Copa Sudamericana 2016 melawan Atletico Nacional. 

Akhirnya, Atletico Nacional meminta agar gelar Copa Sudamericana 2016 diberikan kepada Chapecoense. 

Ikuti Terus Berita Bola Internasional dan Berita Sport Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Manchester UnitedLeicester CityTorinoBola InternasionalChapecoenseTRIVIA

Berita Terkini