x

6 Negara dengan Skuat Tertua di Piala AFF 2018

Sabtu, 10 November 2018 14:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Beto Goncalves pemain tertua yang akan menjadi andalan di lini depan Timnas.

FOOTBALL265.COM – Sejumlah negara Asia Tenggara yang ikut berpartisipasi di Piala AFF 2018 menunjukkan statistik mengejutkan terkait dengan usia rata-rata para pemainnya. 

Piala AFF 2018 sudah mulai bergulir pada 8 November 2018 dengan sejumlah pemain mulai menunjukkan performa cemerlangnya untuk negara yang dibelanya hingga berakhir 15 Desember mendatang.

Turnamen bergengsi se-Asia Tenggara ini banyak dinantikan oleh jutaan penggemar Asia karena menampilkan nama-nama besar pemain sepak bola.

Baca Juga

Di antara mereka ada pemain yang sudah berpengalaman atau menjadi veteran di Piala AFF 2018, serta ada juga yang baru menjalani debut pertamanya.

Pemain depan kelahiran Brasil Beto Goncalves yang berusia 37 tahun, adalah pemain tertua di turnamen tersebut untuk membela Timas Indonesia. Sedangkan pemain termuda adalah Gumario dari Timor Leste yang masih berusia 17 tahun.

Foxsport telah melihat usia rata-rata dari masing-masing tim nasional di Piala AFF. Dan kali ini giliran INDOSPORT.com yang akan menampilkan lima negara dengan usia rata-rata tertua pada turnaman tersebut.


1. 6. Myanmar (usia rata-rata 2460 tahun)

Striker Timnas Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha.

Hingga dua hari sejak Piala AFF dimulai Myanmar belum mengumumkan 23 pemain yang ditunjuk untuk beraksi di Piala AFF.

Namun menurut perkiraan, Myanmar akan memiliki pemain dengan rata-rata usia tertua kelima yakni pada angka 24,60 tahun.

Sementara itu pemain tertua di timnas besutan pelatih Antoine Hey adalah bek Win Min Htut, yang berusia 32 tahun. Win Min Htut telah menjadi pemain andalan di Timnas Myanmar sejak tahun 2009.

5. Malaysia (usia rata-rata 25,17 tahun)

Malaysia pernah menjuarai Piala AFF pada edisi 2010, dan kali ini skuat besutan Tan Cheng Hoe mengusung daftar pemain dengan rata-rata usia 25,17 tahun.

Pemain termuda jatuh pada Akhyar Rashid dari Kedaf FA dengan usia 19 tahun, sementara penjaga gawang andalan Farizal Marlias menduduki pemain tertua dengan usia 32 tahun.

Namun pemain dengan usia 30-an tidak hanya dipegang oleh Marlias saja. Pemain depan Norshahrul Idlan yang ikut memenangkan Piala AFF 2020 berusia 32 tahun. sementara kapten Aidil Zafuan Radzak dan kembarannya pemain depan Zaquan Adha Radzak berusia 31 tahun.


2. 4. Indonesia (Usia rata-rata 24,65 tahun)

Ikhsan Fandi penyeran Timnas Singapura U-19.

Indonesia menyandang status runner up Piala AFF lima kali, dan kali ini memegang rekor usia rata-rata pemain 24,65 tahun.

Tidak hanya itu saja, Indonesia bahkan memiliki pemain tertua di antara semua pemain Piala AFF, yakni Beto Goncalves yang berusia 37 tahun. Pemain kelahiran Brasil ini memainkan peran besar untuk Timnas Indonesia dalam membobol gawang lawan, sehingga dirinya pun dipercaya ikut andil dalam turnamen dua tahunan ini.

Secara mengejutkan lagi, pemain termuda di Indonesia justru dipegang oleh penjaga gawang, Awan Setho Raharjo dari Bhayangka FC yang masih berusia 21 tahun.

3. Singapura (usia rata-rata 26,60 tahun)

Singapura sejatinya memiliki pemain di bawah usia 20 tahun untuk turnamen Piala AFF kali ini, yakni Jacob Mahler yang masih berusia 18 tahun dan Ikhsan Fandi yang berusia 19 tahun.

Namun Singapura juga termasuk dalam daftar timnas yang memiliki usia rata-rata pemain tua dengan angka 26,60 tahun.

Rata-rata usia ini berkat tiga pemainnya, yaktu Baihakki kaizan dan Shahril Ishak yang memenangkan gelar Piala AFF keempat bersama Khairul Amri yang berusia 33 tahun, serta penjaga gawang Hassan Sunny sebagai pesepak bola tertua skuat dengan usia 34 tahun.


3. 2. Thailand (usia rata-rata 26,74 tahun)

Phil Younghusband, kapten Timnas Filipina

Thailand merupakan skuat tertua nomor dua di turnamen Piala AFF 2018 dengan usia rata-rata 26.74 tahun. Faktanya, enam dari 23 pemain skuat besutan Milanov Jarevac ini sudah melewati kepala tiga.

Di antaranya, penjaga gawang Buriram United, Siwarak Tedsungnoen, sebagai pemain tertua dengan usia 34 tahun. Sedangkan pemain termuda dalam skuat adalam pemain depan Supachai Jaided yang lahir pada 1 Desember 1998.

1. Filipina (usia rata-rata 27,40 tahun)

Timnas berjuluk The Azkals ini termasuk dari dua tim nasional yang belum mengumumkan skuat akhir mereka untuk Piala AFF 2018.

Namun usia rata-rata dari 29 pemain yang bergabung di kamp Filipina menunjukkan angka 27,40 tahun, sehingga menjadikannya sebagai timnas tertua.

Baca Juga

Phil dan James Younghusband, Patrick Reichelt, Javier Patino, Misag Bahadoran, Stephan Schrock, Iain Ramsay, Paul Mulders, Martin Steuble dan Alvaro Silva semuanya berusia 30-an. Sementara gelandang serang Mulders merupakan pemain tertua di skuat, yakni 37 tahun.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 Hanya di FOOTBALL265.COM.

IndonesiaMalaysiaThailandSingapuraMyanmarFilipinaBeto GoncalvesBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini