x

3 Fakta Pemain Timor Leste yang Pernah Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF

Minggu, 11 November 2018 18:06 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung

FOOTBALL265.COM - Kekalahan di laga perdana ajang Piala AFF 2018 saat jumpa Singapura membuat Timnas Indonesia berada di ujung tanduk. Timnas Indonesia diwajibkan untuk mengalahkan Timor Leste di laga selanjutnya.

Timor Leste yang akan menjadi tamu dari Timnas Bola Indonesia akan datang dengan kondisi timpang setelah penjaga gawangnya mendapatkan kartu merah saat timnya kalah telak 0-7 dari Thailand. Meski begitu, bukan berarti Timnas Indonesia bisa mengalahkan Timor Leste.

Baca Juga

Permainan sepak bola yang cenderung kasar dari Timor Leste bisa membuat pemain Timnas Indonesia tersulut emosi dan melakukan hal-hal konyol. Setidaknya satu pemain Timnas Indonesia sudah mendapatkan kartu merah karena terpancing emosinya dari Singapura.

Dibalik pertandingan panas yang akan tersaji di lapangan antara Timnas Indonesia vsTimor Leste nanti, terselip suatu fakta menarik kalau Timor Leste pernah sumbangkan pemain sepak bola terbaiknya untuk Timnas Indonesia. Dia adalah Miro Baldo Bento yang saat ini berkewarganegaraan Timor Leste.

Baca Juga

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT rangkum dalam 3 fakta pemain Timor Leste pernah jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF.


1. Membela Sejumlah Klub Indonesia

Miro Baldo Bento penyerang asal Timor Leste saat bermain untuk PSM Makassar & Persija Jakarta.

Miro Baldo Bento yang lahir di Dili, Timor Leste awalnya bermain dengan sejumlah klub di Indonesia seperti Arseto Solo, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan. Hal itu bisa dipahami karena Timor Leste pernah menjadi bagian dari negara Indonesia.

Karier Miro Baldo Bento di Indonesia berakhir di tahun 2010 karena ia memutuskan untuk gantung sepatu dan pulang ke Timor Leste. Perlu diketahui memasuki tahun 2000-an Timor Leste memutuskan untuk keluar dari Indonesia dan itu diikuti oleh Miro Baldo Bento.

Baca Juga

Akan tetapi, Miro Baldo Bento memutuskan untuk bermain sepak bola lagi di tahun 2016 dengan bergabung dengan klub Timor Leste, FC Porto Taibesse. Meski Miro Baldo Bento telah menjadi warga negara Timor Leste, dirinya tidak pernah dilupakan oleh pecinta sepak bola tanah air.


2. Bawa PSM Makassar Juara Liga Indonesia

Miro Baldo Bento saat memperkuat FC Porto Taibesse.

Ada dua alasan Miro Baldo Bento begitu dicintai oleh pecinta sepak bola Indonesia, yang pertama adalah Miro Baldo Bento pernah membawa PSM Makassar menjadi juara di Liga Indonesia musim 1999-2000. Alasan kedua adalah Miro Baldo Bento pernah menjadi andalan dari Timnas Indonesia di Piala AFF.

Miro Baldo Bento adalah salah satu penyerang andalan dari PSM Makassar ketika merengkuh gelar juara Liga Indonesia. Gol semata wayangnya di semifinal saat berjumpa Persija Jakarta menjadi salah satu bukti kalau Miro Baldo Bento adalah pemain yang sangat berjasa bagi PSM Makassar.

Baca Juga

Pasalnya laga semifinal dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno kala itu, otomatis PSM Makassar bertanding di kandang Persija Jakarta. Nama Miro Baldo Bento tidak akan pernah dilupakan oleh warga Makassar karena hingga saat ini PSM Makassar belum juara lagi.


3. Pernah Jadi Topskor Timnas Indonesia di Piala AFF

Miro Baldo Bento saat memperkuat FC Porto Taibesse.

Seperti yang diketahui, Miro Baldo Bento pernah membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 1998. Bahkan, Miro berhasil menjadi topskor bersama Aji Santoso untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 1998 dengan catatan 3 gol.

Momen yang paling diingat dari karier Miro di Piala AFF 1998 adalah ketika ia bertanding di pertandingan terakhir fase grup kontra Thailand. Ketika Miro membuat gol ke gawang Thailand, ia langsung memarahi penjaga gawang Thailand yang dianggap tak serius dan cenderung mengulur-ulur waktu.

Baca Juga

Pada saat itu, Thailand dan Timnas Indonesia memainkan pertandingan yang paling memalukan dalam sejarah karena kedua tim seperti enggan menang karena takut bertemu Vietnam di semifinal. Bisa dikatakan pemain yang masih ingin menang di pertandingan itu adalah Miro Baldo Bento.

Pemain yang lahir dan telah menjadi warga negara Timor Leste itu membuktikan dirinya menjadi pemain yang paling cinta dengan Indonesia. Di saat rekan-rekannya bermain untuk kalah, Miro Baldo Bento masih ingin berlari dan membuat gol untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di FOOTBALL265.COM

Persija JakartaPersela LamonganSingapuraPSM MakassarTimor LestePersiba BalikpapanTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini