x

Bangga! Indonesia Tak Masuk dalam Tim yang Miskin Gol di Sejarah Piala AFF

Kamis, 15 November 2018 14:31 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves melakukan selebrasi.

FOOTBALL265.COM - Kiprah Timnas sepak bola Indonesia di kejuaraan sepak bola paling bergengsi Asia Tenggara, Piala AFF 2018 musim ini, dikritik habis-habisan karena minim produktivitas. Meski seret gol, Timnas Indonesia ternyata tidak termasuk dalam daftar 5 tim paling miskin gol di sejarah Piala AFF.

Sejak pertama kali Piala AFF diselenggarakan pada tahun 1996, Timnas Indonesia memang dikenal sebagai salah satu tim yang paling produktif. Tak jarang kemenangan dengan selisih besar kerap didapatkan oleh Indonesia.

Baca Juga

Bahkan kemenangan terbesar sepanjang sejarah Piala AFF tercatat atas nama Indonesia di tahun 2002. Kemenangan besar itu diraih atas Filipina dengan skor 13-1, bahkan di pertandingan tersebut Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif masing-masing mencetak 4 gol.

Atas dasar itulah, Timnas Indonesia yang seret gol di tahun ini tetaplah bukan daftar tim yang yang paling sulit membuat gol.

Meski begitu, jika miskinnya Timnas Indonesia dalam membuat gol berlanjut terus, bukan tidak mungkin kita akan masuk ke dalam daftar tim paling miskin gol di Piala AFF.


1. 5 Tim Paling Miskin Gol di Sejarah Piala AFF

Logo Piala AFF 2018.

Kelima tim yang tersebut adalah Filipina, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Filipina yang sekarang kita kenal sangat berbeda dengan 10 tahun lalu, saat ini mereka sudah dihuni oleh sejumlah pemain naturalisasi.

Tapi sebelum ada pemain naturalisasi, Filipina termasuk tim lemah dengan bukti sepanjang partisipasinya, mereka baru menyarangkan 29 gol saja.

Hanya berselisih tiga, Laos juga menjadi salah satu tim paling miskin gol dikarenakan mereka tidak pernah diperkuat penyerang berkualitas, begitupun dengan Kamboja.

Baca Juga

Ironis, Timor Leste ternyata baru mencetak tiga gol di sepanjang partisipasinya di Piala AFF, di mana salah satu dari tiga gol itu dibuat ke gawang Timnas Indonesia pada Selasa (13/11/18).

Predikat tim paling ‘payah’ dalam hal membuat gol jatuh pada Brunei Darussalam dengan torehan satu gol saja sepanjang sejarah.

Negara Total Gol
Filipina 29
Laos 26
Kamboja 19
Timor Leste 3
Brunei Darussalam 1

Terus Ikuti Berita Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM