x

Disebut Jadi Biang Kericuhan Persib, Inilah 3 Fakta Fernando Soler

Senin, 19 November 2018 18:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Asisten Pelatih Persib, Fernando Soler

FOOTBALL265.COM - Hari ini, Senin (18/11/18), kabar mengejutkan datang dari empat penggawa Persib Bandung, Supardi Nasir, Ghozali Siregar, Ardi Idrus, dan Eka Ramdani dikabarkan terlibat pengaturan skor saat melawan PSMS Medan beberapa hari yang lalu.

Hal ini terkuak saat tersebar beberapa tangkapan layar di media sosial Twitter yang mengatakan bahwa pelatih Persib, Mario Gomez, menuduh secara sepihak empat pemain itu terlibat pengaturan skor pada pertandingan melawan PSMS.

Bahkan turut dikatakan bahwa asisten Fernando Soler diketahui pernah menerima telepon dari 'seseorang' yang mengatakan skor.

Baca Juga

Tak ayal, Bobotoh pun menganggap bahwa Soler-lah yang merupakan orang yang sebenarnya telah mengatur skor dalam pertandingan PSMS beberapa hari lalu.

Di media sosial pun tak sedikit Bobotoh yang langsung meminta Soler keluar dari Persib secepatnya. Serangan demi serangan lainnya pun turut diutarakan langsung oleh Bobotoh.

Menelisik lebih jauh, nama Fernando Soler sejatinya baru dikenal saat dirinya menukangi posisi sebagai asisten Gomez di Persib Bandung. Tak banyak yang mengetahui, siapa sebenarnya pria berambut gondrong ini. Maka dari itu INDOSPORT telah merangkum setidaknya 3 fakta mengenai Fernando Soler.


1. Pernah Bermain di Liga Indonesia

Mario Gomez dan Fernando Soler.

Sejak merintis kariernya sebagai pesepak bola profesional, Soler tercatat telah membela 16 klub berbeda sejak tahun 1997, mulai dari klub Lanus, hingga Jeju United. 

Menariknya, Soler ternyata pernah membela lima klub sepak bola asal Indonesia selama sepak terjangnya di Tanah Air. Bahkan dirinya memutuskan gantung sepatu dari dunia yang membesarkan namanya di Pusamania Borneo pada tahun 2015.

Berawal dari Persipura Jayapura pada tahun 2003 hingga 2004, Soler pun melanjutkan kariernya di sepak bola Indonesia dua tahun kemudian dengan membela Persibom Bolaang. Lima tahun kemudian, Soler pun kembali ke Tanah Air dengan memperkuat Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, serta Pusamania Borneo.

Sudah Mengenal Mario Gomez Sejak Kecil

Kala diperkenalkan pertama kali ke publik Bandung sebagai pelatih, Persib turut mengenalkan Fernando Soler sebagai 'tangan kanan' Mario Gomez di Bandung. Keputusan mantan pelatih Johor Darul Ta'zim memilih Soler, tak lain karena ia telah mengenal baik sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Jauh sebelum kedatangannya ke Persib, Soler dan Gomez sejatinya telah mengenal satu sama lain, kala masih berkiprah di negara asalnya Argetina, Lanus. Hal ini diungkapkan langsung oleh Soler dalam situs resmi Persib.

"Karena dia kenal saya sejak masih kecil. Waktu itu, dia melatih saya di Lanus (klub Argentina). Dia kembali memanggil saya saat melatih Gimnasia Jujuy. Saya semakin mengenal karakternya," ucap Soler dilansir situs resmi Persib.


2. Bukan Asisten, Melainkan Penerjemah

Kedatangan pelatih Persib Bandung, Mario Gomez dan asistennya Fernando Soler.

Kehadiran Soler di bangku pemain cadangan Persib, memang mengundang banyak pertanyaan. Pasalnya, ia kerap kali terlihat bertingkah layaknya seorang asisten dari Mario Gomez.

Akan tetapi, berdasarkan situs resmi Persib, Soler sejatinya bukanlah asisten pelatih Mario Gomez seperti yang dikabarkan selama ini. Menurut sekretaris Persib, Yudiana, Soler merupakan interpreter atau pengalih bahasa untuk Mario Gomez.

Baca Juga

"Posisi Soler di skuat Persib adalah sebagai interpreter atau pengalih bahasa karena dalam regulasi Go-Jek Liga 1 2018 sebuah tim peserta tidak diperkenankan mendaftarkan dua asisten pelatih. Penyertaan jabatan Soler sebagai interpreter dalam Daftar Susunan Pemain sebenarnya sudah sesuai aturan," tulis Persib dalam pernyataannya.

Penulis: Ridi F Khan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Roberto Carlos Mario GomezFernando Gaston SolerTRIVIA

Berita Terkini