x

Termasuk Mo Salah, Ini Nominasi Pesepakbola Terbaik Afrika 2018

Senin, 19 November 2018 00:50 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Rafif Rahedian
Sadio Mane dan Mohamed Salah saat mebela Liverpool.

FOOTBALL265.COM - Para pesepakbola dari Afrika membuktikan diri bahwa mereka tak kalah dari pemain Eropa dan Amerika Latin. Sudah banyak yang sukses di liga-liga top Eropa. Dari George Weah, Didier Drogba, Samuel Eto'o hingga Mohamed Salah.

Media ternama Inggris, BBC seperti biasa mengadakan penghargaan Pesepakbola Terbaik Afrika setiap tahunnya. Pemenang akan ditentukan lewat pemungutan suara secara online yang dibuka mulai 17 November 2018 dan ditutup pada 2 Desember 2018.

Siapa saja yang masuk daftar nominasi? Ada lima pesepakbola Afrika yang masuk nominasi, yakni Mohamed Salah (Mesir/Liverpool), Sadio Mane (Senegal/Liverpool), Medhi Benatia (Maroko/Juventus), Kalidou Kalibaly (Senegal/Napoli), dan Thomas Partey (Ghana/Atletico Madrid).

Baca Juga

Dua nama pertama tentu tak asing lagi bagi pecinta sepak bola. Salah dan Mane merupakan andalan di lini serang Liverpool sejak musim lalu.

Salah tidak terlalu maksimal bersama tim nasional Mesir akibat cedera. Namun, kontribusinya bersama Liverpool musim lalu tak bisa diabaikan dengan mencetak 44 gol untuk The Reds dan meraih penghargaan Sepatu Emas.

Sedangkan, Mane tampil cukup baik bersama Senegal di Piala Dunia 2018 dan negaranya gagal lolos hanya karena aturan kartu kuning. Bersama Liverpool musim lalu dia mencetak 10 gol di Liga Champions Eropa. 

Medhi Benatia sudah merasakan juara liga Eropa untuk dua klub berbeda (dua kali dengan Bayern Munchen dan dua bersama Juventus). Dia menjadi kapten Maroko di Piala Dunia 2018 Rusia dan saat ini namanya kerap dikaitkan dengan beberapa klub papan atas Eropa.

Koulibaly menjadi andalan Napoli di lini belakang. Bersama Mane, bek yang dikabarkan jadi incaran pelatih Manchester United Jose Mourinho ini juga menjadi pemain inti Timnas Senegal.

Nama Thomas Partey memang kurang tenar dibanding nama-nama sebelumnya. Ghana memang tidak lolos ke Piala Dunia 2018 lalu dan namanya di Atletico Madrid bisa jadi tenggelam dengan nama-nama seperti Koke, Saul Niguez atau Antoine Griezmann.

Baca Juga

Namun, Partey tampil kinclong bersama Los Rojiblancos saat melawan Marseille di final Liga Europa musim lalu sekalipun bermain sebagai cadangan. Dia juga mencetak gol dalam laga persahabatan melawan Jepang dan Islandia.

Kira-kira siapa pemain Afrika terbaik menurut kalian?

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Mohamed SalahMedhi BenatiaSadio ManeKalidou KoulibalyBola Internasional

Berita Terkini