x

5 Penyalur Umpan Terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Selasa, 27 November 2018 14:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Lima penyalur umpan terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

FOOTBALL265.COM - Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dipastikan telah berakhir setelah tak berhasil lolos dari fase grup. Skuat Garuda hanya mampu unggul atas Timor Leste di klasemen akhir Grup B Piala AFF 2018.

Hasil ini pun cukup menjelaskan buruknya penampilan Timnas Indonesia di turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut. Karena bukan hal baru bagi Timnas Indonesia dalam mengungguli Timor Leste di setiap ajang sepak bola.

Namun ketika berhadapan dengan tiga tim lainnya, Timnas Indonesia sama sekali tak menorehkan kemenangan satu pun. Hasil paling baiknya adalah ketika bermain imbang 0-0 atas Filipina.

Baca Juga

Meski demikian, Timnas Indonesia tentunya memiliki pemain-pemain terbaik dalam menyalurkan umpan-umpan sempurna di sepanjang Piala AFF 2018. Berikut 5 pemain pemberi umpan terbaik versi Fox Sports.


1. 5. I Putu Gede (76 Umpan)

Putu Gede Saat Berksotum Timnas Indonesia

I Putu Gede selalu menjadi pilihan utama di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia saat menjalani pertandingan di penyisihan grup. Dirinya hanya absen pada laga kontra Thailand karena mengalami akumulasi kartu.

Dari tiga laga yang dijalani, Putu Gede berhasil melancarkan 100 kali umpan. Namun hanya 76 dari percobaan tersebut yang sukses ia berikan kepada rekan setimnya.

4. Zulfiandi (106 Umpan)

Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand.

Mampu melebih torehan I Putu Gede, Zulfiandi sukses mencatatkan umpan sukses mencapai 100 kali. Dari 122 kali percobaan, Zulfiandi berhasil memberikan umpan sukses sebanyak 106.

Menurut laporan Fox Sport, gelandang bertahan Sriwijaya FC tersebut memiliki persentase 86,9% saat melancarkan umpan. Terlepas dari itu, Zulfiandi juga sukses menyarangkan gol spektakuler ke gawang Thailand.


2. 3. Fachruddin Aryanto (138 Umpan)

Fachrudin Aryanto, Bek Timnas Indonesia.

Sempat tak menjadi pilihan utama di pertandingan pembuka kontra Singapura, Fachruddin Aryanto sukses menjadi pemain ketiga yang paling banyak mencetatkan umpan sukses di timnas Indonesia.

Satu-satunya pemain senior di pertahanan Timnas Indonesia ini sukses melepaskan 138 umpan sukses dari 173 percobaannya di setiap pertandingan.

2. Hansamu Yama Pranata (189 Umpan)

Hansamu Yama mengontrol bola saat melawan Timor Leste.

Berbeda dengan Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata selalu menjadi pilihan utama di lini tengah pertahanan Timnas Indonesia. Bahkan, pelatih Bima Sakti memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengenakan ban kapten di Piala AFF 2018 ini.

Pemain bertahan Barito Putera tersebut menyelesaikan 84% dari total 225 percobaan umpan yang ia lancarkan. Dengan begitu, Hansamu hanya mampu menorehkan 183 umpan sukses.


3. 1. Evan Dimas Darmono (198 Umpan)

Selebrasi Evan Dimas usai menjebol gawang timor Leste di kualifikasi Piala Asia U-23 2016.

Hampir di setiap pertandingan penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Evan Dimas Darmono selalu menjadi tumpuan penyerangan Timnas Indonesia. Meski tak mampu tampil maksimal, namun Evan Dimas tetap menjadi penyalur umpan terbanyak di ajang ini.

Gelandang Selangor FA tersebut melakukan percobaan umpan sebanyak 231 umpan. Namun, hanya 198 umpan sukses yang ia lancarkan. Dengan begitu, Evan Dimas memiliki tingkat kelulusan umpan sebesar 85,7%.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.

Evan DimasZulfiandiHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaI Putu Gede JuniantaraBola InternasionalFachrudin AryantoPiala AFF 2018

Berita Terkini