x

Rekap Transfer Resmi Liga 1 Jelang Musim 2019

Selasa, 25 Desember 2018 06:31 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Rafif Rahedian

FOOTBALL265.COM - Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 telah rampung digelar. Persija Jakarta berhasil keluar menjadi juaranya. setelah finis di posisi teratas dengan mengoleksi 62 poin.

Saat ini, hiruk-pikuk liga di Indonesia berhenti sejenak dan menunggu digelarnya kompetisi Liga 1 2019. Persoalan kapan dimulainya Liga 1 2019 itu sendiri belum pasti waktunya. Direktur PT LIB, Risha Adi Wijaya memperkirakan kompetisi Liga 1 2019 akan mulai bergulir sekitar April atau Mei mendatang.

"Antara akhir April atau Mei, tapi ini juga masih jadi tanda tanya besar, tapi kita sudah siapkan jadwalnya sebetulnya secara garis besar akan mulai kapan dan berakhir kapan," kata Risha di Coffe and Space, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018) lalu.

Baca Juga

Meski begitu, klub-klub peserta kini sudah melakukan persiapan untuk tampil di kompetisi tahun depan. Para klub peserta mulai mengutak-atik kembali komposisi pemainnya dengan bergeriliya mencari amunisi anyar atau melepas pemain yang memang menunjukkan permainan yang tidak memuaskan.

Berikut INDOSPORT sajikan rangkuman terkini dari bursa transfer jelang Liga 1 2019.


1. Andik Vermansah ke Madura United

Pemain Timor Leste melakukan pelanggaran terhadap Andik Vermansyah.

Resminya Andik Vermansah ke Madura United merupakan kabar paling anyar dari bursa transfer Liga 1. Kabar ini sekaligus mematahkan rumor yang gencar mengabarkan bahwa pemain kelahiran Jember tersebut bakal kembali ke klub yang melejitkan namanya, yakni Persebaya Surabaya.

Andik didatangkan Madura United setelah pemain yang tampil membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu berstatus tanpa klub karena dilepas Kedah FA.  Kabar peresmian Andik itu diutarakan secara langsung oleh manajer Madura United, Haruna Soemitro.

"Andik sepakat bergabung dengan Madura dan menandatangani kontrak dengan durasi 1 musim kompetisi 2019," ucap Haruna dalam keterangan yang diterima INDOSPORT, Senin (24/12/2018) kemarin.


2. Paulo Sergio ke Bali United

Paulo Sergio mengeksekusi bola ke arah gawang PSMS Medan.

Setelah dua musim membela Bhayangkara FC serta menghadiahkan gelar juara Liga 1 2017, Paulo Sergio akhirnya memilih untuk berpindah klub. Gelandang asal Portugal itu resmi didatangkan Bali United pada Jumat (14/12/2018) lalu.

Pemain berusia 34 tahun itu mengumumkan kepindahannya melalui akun Instagram pribadinya. Dia mengunggah foto bersama CEO Yabes Tanuri sembari memperlihatkan kontrak yang telah ditandatangani.

"Bahagia untuk tantangan baru dalam karier saya. Mulai hari ini saya akan memberikan segalanya untuk Bali United sehingga klub ini bisa berada di papan atas kembali," tulis Paulo Sergio dalam keterangan fotonya.


3. Dane Milovanovic Kembali ke Madura United

Dane Milovanovic, pemain Madura United.

Dane Milovanovic resmi menandatangani kontrak bersama Madura United pada Jumat (14/12/2018) lalu. Sebelumnya, ia memperkuat klub asal Australia Preston Lions. Pemain berusia 29 tahun itu akan membela Laskar Sapeh Kerrab untuk dua musim ke depan, dimulai dari Liga 1 2019.

Dane Milovanovic bukanlah wajah asing di kancah persepakbolaan Indonesia. Dia pernah membela Pelita Bandung Raya pada 2012-2013. Selain itu, dia juga sempat memperkuat Madura United pada ISC 2016 dan Liga 1 2017. Cinta lama bersemi kembali pun disematkan atas kepindahannya tahun ini.


4. Mitra Kukar Kehilangan Fernando Rodriguez

Fernando Rodriguez saat hendak melepaskan tendangan ke gawang

Mitra Kukar kehilangan salah satu striker tajamnya, yakni Fernando Rodriguez Ortega. Pemain asal Spanyol itu resmi bergabung ke klub asal Malaysia, Kedah FA. Kepastian tersebut diketahui lewat akun Instagram resmi Kedah FA pada Senin (17/12/2018).

Selama tampil di Liga 1 2018, Fernando Rodriguez mampu menjadi ujung tombak yang dapat diandalkan Mitra Kukar. Di musim lalu, sebanyak 15 gol berhasil ia torehkan. Sayangnya, Mitra Kukar tak mampu bertahan di  Liga 1. Itu terjadi ketika mereka mengakhiri musim di posisi 16 dengan koleksi 36 poin.


5. Borneo FC Kehilangan Bek Brasil

Renan da Silva Alves, bek yang sempat membela Borneo FC di Liga 1 2018.

Borneo FC kehilangan bek tengah asal Brasil, Renan da Silva Alves yang dipastikan bergabung ke Kedah FA. Kepindahannya ini tak lepas karena kontrak Renan Silva bersama Pesut Etam telah habis dan tidak mendapatkan perpanjangan.

Pemain berusia 26 tahun itu mengoleksi 15 penampilan serta menorehkan dua gol selama membela Borneo FC di kompetisi Liga 1 2018.

Mitra KukarBorneo FCAndik VermansahMadura United FCBali UnitedDane MilovanovicLiga IndonesiaPaulo SergioFernando Rodriguez

Berita Terkini