x

5 Kiper Terbaik Indonesia di Tahun 2018 Versi INDOSPORT

Senin, 31 Desember 2018 12:11 WIB
Editor: Coro Mountana
Aksi penyelamatan Jandia Eka Putra.

FOOTBALL265.COM – Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 2018 telah berakhir dan kini tengah memasuki masa rehat. Jeda kompetisi seperti saat ini dapat dijadikan sebagai momen untuk melihat hal-hal menarik yang telah terjadi sepanjang tahun 2018.

Salah satunya adalah siapa yang berhak menyandang predikat sebagai kiper terbaik Indonesia untuk tahun 2018. Tentunya, di tahun 2018 ini telah menjadi ajang pamer aksi dari para penjaga gawang untuk menjadi yang terbaik di Liga 1 Indonesia.

Baca Juga

Salah satu indikator yang dipakai untuk menentukan kehebatan seorang kiper tentunya dengan data statistik yang ada. Statistik untuk seorang kiper tentu bukan dari jumlah gol ataupun asissts, melainkan berapa banyak ia melakukan penyelamatan, cleansheets, hingga usaha menggagalkan penalti.

Baca Juga

Dalam artikel ini akan tersaji deretan lima kiper yang pantas masuk dalam deretan terbaik untuk tahun 2018. Berikut INDOSPORT rangkum dalam 5 kiper terbaik Indonesia untuk tahun 2018.


1. 5. Jandia Eka Putra

Caption

Virgil Van Dijk? Bukan, dia bukanlah pemain bertahan andalan Liverpool, ia adalah Jandia Eka Putra. Penjaga gawang PSIS Semarang yang satu ini tampil begitu mengesankan di bawah mistar gawang sehingga memungkinkan timnya bertahan di Liga 1 untuk musim depan.

Berdasarkan catatan dari Transfermarkt, Jandia Eka Putra miliki cleansheets yang sangat banyak yaitu 11 kali. Torehan 11 kali itu cukup membuat Jandia Eka Putra sebagai salah satu penjaga gawang dengan cleansheets terbanyak di Liga 1.

Kelebihan dari Jandia Eka Putra adalah keberaniannya untuk keluar dari sarangnya demi memetik bola di udara sebelum ditanduk oleh penyerang lawan. Maka dari itu, tak heran apabila Jandia Eka Putra dirumorkan sedang diperebutkan untuk bertahan di PSIS Semarang atau kembali ke Semen Padang.

4. Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan berusaha menggalau pergerakan Greg Nwokolo

Penjaga gawang Bali United yang satu ini adalah pemain paling konsisten bagi klub dalam dua musim terakhir. Sayangnya, penampilan gemilang Wawan Hendrawan musim ini tidak mampu membuat Bali United bersaing di papan atas Liga 1.

Meski gagal membawa Bali United bersaing di jalur juara Liga 1, Wawan Hendrawan telah berhasil menorehkan statistik gemilang seperti 11 kali nirbobol. Catatan itu menjadikannya sebagai salah satu kiper dengan cleansheets terbanyak di Liga 1 2018.

Baca Juga

Satu lagi statistik gemilang Wawan Hendrawan adalah kemampuannya menggagalkan tendangan penalti. Kiper yang dijuluki ‘spiderwan’ itu berhasil melakuakan penyelamatan sepakan dari titik putih terbanyak di Liga 1 yaitu 3 kali.


2. 3. Muhammad Natshir

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby

Saat Persib Bandung harus ditinggal kiper utama I Made Wirawan, banyak yang memprediki tim tersebut akan alami kesulitan di lini pertahanan. Akan tetapi dengan cepat Persib Bandung berhasil mengobati kerisauan akan sosok di bawah mistar gawang.

Sosok itu adalah Muhammad Natshir yang ditahun ini bermain sangat gemilang dalam mengawal kesucian gawang Persib Bandung. Bahkan salah satu kunci Persib Bandung sempat berada di puncak klasemen dikarenakan konsistennya penampilan Natshir.

Baca Juga

Bermain dalam 26 pertandingan Liga 1, Natshir berhasil catatkan 10 cleansheets dan hanya kebobolan 27 kali saja. Sayang di akhir musim, dirinya dan Persib Bandung alami penurunan peforma sehingga tim kehilangan momen meraih gelar juara Liga 1.


3. 2. Teja paku alam

Teja Paku Alam

Meski Sriwijaya FC terdegradasi ke Liga 2 untuk musim depan, ada beberapa pemain yang sebenarnya bermain sangat baik. Bahkan pemain-pemain tersebut seharusnya layak untuk bermain Liga 1 untuk musim depan.

Salah satunya adalah Teja Paku Alam yang sukses melakukan berbagai penyelamatan bagi Sriwijaya FC. Berdasarkan data dari Labbola, Teja Paku Alam berhasil menjadi kiper tersibuk dengan torehan 106 kali penyelematan di Liga 1 2018.

Baca Juga

Sayang meski menjadi kiper dengan torehan penyelamatan terbanyak, dirinya tetap tidak mampu menghindarkan Sriwijaya FC dari ancaman degradasi. Tapi bagi Teja Paku Alam, rasanya bakal banyak klub Liga 1 yang berusaha untuk menjemputnya dari ajang Liga 2 bersama Sriwijaya FC.

1. Andritany Ardhiyasa

Aksi Pemain Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa mengangkat Piala Liga 1 2018.

Status penjaga gawang nomor 1 Timnas Indonesia memang bukan pajangan saja, Andritandy Ardhiyasa membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang terbaik di tahun 2018. Meski dirinya sering meninggalkan Persija Jakarta demi tugas negara, Andritany tetap tampil gemilang bersama Persija.

Gelar juara Liga 1 2018 menjadi bukti kalau peran Andritandy Ardhiyasa bersama Persija Jakarta sangat penting. 10 cleansheets dari 25 penampilan Andritany bersama Persija Jakarta di berbagai ajang menjadi bukti ketangguhannya.

Oleh karena itu, tak heran apabila baik itu Luis Milla maupun Bima Sakti, posisi nomor satu di pos penjaga gawang Timnas Indonesia tetap atas nama Andritany. Kelebihan utama dari Andritany adalah positioning dan ketenangan yang membuat para pemain bertahan merasa nyaman dan aman.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.