x

Catatan Pemain Persija dengan Nomor 77, Sebelum Kedatangan Jakhongir

Jumat, 11 Januari 2019 20:14 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Pemain anyar Persija, Jakhongir Abdumuminov hanya melakukan joging kecil dalam latihan pertamanya karena baru saja tiba di Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Persija Jakarta secara resmi telah memperkenalkan rekrutan asing barunya, gelandang asal Uzbekistan Jakhongir Abdumuminov, Jumat (11/01/19).

Diumumkan secara resmi lewat media sosial Persija Jakarta, Jakhongir diketahui akan mengenakan angka 77 sebagai nomor punggungnya sepanjang musim depan bersama klub berjuluk Macan Kemayoran itu.

Angka 77 sendiri merupakan nomor yang tak lajim dipilih oleh pemain sepak bola. Meski tak sedikit pula yang memakai angka kembar tersebut di berbagai klub.

Baca Juga

Di Persija Jakarta sendiri, beberapa kali nomor punggung itu dipilih oleh salah satu penggawa Macan Kemayoran. Musim lalu misalnya, nomor punggung 77 digunakan oleh pemain muda asal Papua Frengky Kogoya.

Sebelumnya bintang muda asal Tulehu Abduh Lestaluhu juga pernah menggunakan nomor serupa ketika berseragam Persija Jakarta.

Mengenakan nomor yang sama seperti yang akan digunakan Jakhongir musim depan, apakah keduanya mencatatkan statistik impresif di Persija Jakarta. berikut INDOSPORT mengulasnya.


1. Franky Kogoya (2018)

Frengki Kogoya, winger baru Persija.

Direkrut Persija Jakarta dari klub Liga 2 PSPS Riau, Franky Kogoya merupakan pemain yang sebelumnya bersinar bersama tim PON Papua tahun 2016.

Menggunakan nomor punggung 77, Franky merupakan penyerang yang memiliki kelebihan dalam hal kecepatan, sehingga sering kali membuatnya ditempatkan sebagai penyerang sayap di sektor kanan maupun kiri.

Dengan usia yang sangat muda, Franky sayangnya belum mendapatkan menit bermain yang cukup di Persija Jakarta musim lalu.

Pemain 21 tahun itu hanya bermain sebanyak empat kali, itupun hanya sebagai pemain pengganti dengan jumlah waktu bermain yang hanya mencapai 37 menit secara keseluruhan. Franky pun tak sekalipun mampu menciptakan gol dan juga assist dalam kesempatan bermainnya itu.

Dengan kedatangan Jakhongir  dan akan menggunakan nomor yang sebelumnya dirinya gunakan, Franky kemungkinan tak akan langsung angkat koper dari Persija Jakarta. Karena saat dikontrak Persija jakarta maret 2018 silam, dirinya diikat kontrak dengan durasi dua musim secara langsung.


2. Abduh Lestaluhu (2013-15)

Abduh Lestaluhu

Sebelum Franky Kogoya, Abduh Lestaluhu terlebih dahulu menggunakan nomor punggung 77 di Persija Jakarta.

Sama-sama masih berusia muda, kala itu Abduh dengan nomor punggung 77-nya memiliki kesempatan bermain yang lebih banyak dari pada Franky.

Secara total, Abduh yang begabung bersama Persija jakarta sejak usia 21 tahun itu mendapatkan kesempatan bermain 30 pertandingan di semua kompetisi, termasuk diantaranya tujuh kali kesmepatan bermain di kompetisi Liga Super Indonesia 2013 dan 2014.

Kesempatan yang cukup banyak bersama Persija jakarta juga membawa nama Abduh rutin dipanggil untuk memperkuat Timnas U-23 di berbagai kesempatan. Disitu dirinya sukses mencatatkan 12 caps dan juga torehan satu gol.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaAbduh LestaluhuLiga IndonesiaLiga 1TRIVIAJakhongir Abdumuminov

Berita Terkini