x

Bukan Yoo Jae-hoon, Ini 3 Kiper Termahal di Liga 1 2019

Sabtu, 9 Februari 2019 08:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Imam Arief Fadillah, Muhammad Natshir, dan I Made Wirawan saat jalani latihan.

FOOTBALL265.COM - Yoo Jae-hoon bukan kiper termahal di kompetisi Liga 1. Berikut 3 kiper termahal yang bermain di Liga 1 2019. 

Bursa transfer sepak bola Indonesia dikejutkan dengan bergabungnya mantan kiper Persipura Jayapura, Yoo Jae-hoon. Yoo Jae-hoon resmi berlabuh ke Laskar Antasari, Barito Putera. 

Kiper berusia 35 tahun asal Korea Selatan itu diperkenalkan oleh manajer Barito Putera, Kamis (07/02/19) malam lalu. Yoo Jae-hoon sendiri sebelumnya membela beberapa klub besar di Indonesia. 

Mulai dari Persipura Jayapura, Bali United, dan Mitra Kukar pernah memakai jasa kiper bertinggi 186 cm itu. Meski sudah malang melintang di Indonesia dan kemampuannya tak perlu diragukan lagi, tetapi Yoo Jae-hoon bukanlah kiper termahal di Liga 1 2019. 

Baca Juga

Menurut catatan Transfermarkt, harga Yoo Jae-hoon adalah 100 ribu Euro (Rp1,5 miliar), masih kalah dari 3 kiper termahal di Liga 1 2019 yang telah INDOSPORT rangkum berikut ini. 


1. Muhammad Natshir - Persib Bandung

Penjaga gawang Persib Bandung, M. Natshir Mahbuby.

Penjaga gawang berusia 25 tahun ini mulai menggeser posisi I Made Wirawan sebagai penjaga gawang utama Persib Bandung. Sebelumnya, Natshir menjadi bayang-bayang Made Wirawan sebelum kompetisi Liga 1 2017 bergulir. 

Namun kini kiper bernama lengkap Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby itu sudah semakin matang dan dipercaya mengawal gawang Persib Bandung. Di Liga 1 2018 lalu, Natshir tampil dalam 26 pertandingan. 

Sedangkan di Liga 1 2017, Natshir tampil di 23 pertandingan. Semakin seringnya ia menjadi pilihan utama, berpengaruh pada harganya di bursa transfer. 

Di akhir tahun 2018, harga M.Natshir melonjak menjadi 200 ribu Euro atau sekitar 3,1 miliar rupiah, dan menjadi salah satu kiper termahal di Liga 1. 


2. Awan Setho - Bhayangkara FC

Kiper Timnas Indonesia, Awan Setho Raharjo

Masih berusia 21 tahun, tetapi Awan Setho sudah menjadi andalan Bhayangkara FC dan ikut andil dalam gelar juara Liga 1 2017 lalu. 

Berkat penampilannya bersama Bhayangkara FC pula, Awan Setho beberapa kali dipanggil oleh Timnas Indonesia, baik senior ataupun U-23. 

Membela Bhayangkara FC dan Timnas Indonesia, juga membuat harga Awan Setho naik drastis dibandingkan tahun 2017 lalu. 

Pada bulan Mei 2017 lalu, harga awan Setho adalah 25 ribu Euro (394 miliar rupiah). Sedangkan harga Awan Setho di bulan Desember 2018 adalah 200 ribu Euro (3,1 miliar rupiah), sama seperti harga M.Natshir dan salah satu yang termahal di Liga 1. 


3. Andritany Ardhiyasa

Andritany melakukan pemanasan jelang laga Persija vs Selangor FA

Tidak mengherankan jika Andritany Ardhiyasa menjadi kiper termahal di Liga 1. Penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut sudah menjadi pilihan utama Persija Jakarta sejak musim 2010 lalu. 

Jika bukan karena Andritany cedera, sulit rasanya untuk menggeser posisi Andritany sebagai penjaga gawang utama, baik di Persija Jakarta, maupun di Timnas Indonesia. 

Baca Juga

Deretan cleansheet dan penyelamatan secara konsisten ia berikan dalam penampilannya di Liga 1. Maka tak heran harga Andritany sekarang adalah 300 ribu Euro atau sekitar 4,7 miliar rupiah. 

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM 

M. NatshirAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaAwan Setho RaharjoLiga 1TRIVIA

Berita Terkini