x

Profil Singkat Krzysztof Piatek: Striker Tajam Baru AC Milan

Minggu, 17 Februari 2019 12:50 WIB
Editor: Juni Adi
Krzysztof Piatek

FOOTBALL265.COM - AC Milan berhasil kembali menemukan figur ulung dalam hal mencetak gol, setelah terakhir kali mempunyainya di diri Zlatan Ibrahimovic beberapa musim lalu.

Dia adalah Krzysztof Piatek striker anyar baru yang baru saja diboyong dari Genoa pada musim dingin Januari 2019 lalu. Milan harus merogoh kocek sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp559 miliar.

Meski baru didatangkan paruh kedua musim ini, pemain berpaspor Polandia itu langsung nyetel, karena sudah mencetak enam gol dalam lima pertandingan terakhirnya bersama Milan.

Baca Juga

Yang terbaru, ia mencetak dua gol ke gawang Atalanta di lanjutan Serie A pekan ke-24, Minggu (17/02/19) dini hari tadi. Sumbangan golnya itu mengantarkan Milan menang dengan skor 3-1.


1. Profil Singkat

Krzysztof Piatek sukses mencetak 2 gol kala bertandang ke Atalanta

Krzysztof Piatek yang lahir pada 1 Juli 1995 itu, mengawali karier profesionalnya di dunia sepak bola pada tahun 2012 saat membela Lechia Dzierzoniow. 

Tak banya diberi kesempatan, Piatek lalu memutuskan untuk hengkang di musim selanjutnya ke Zaglebie Lubin pada tahun 2013. Dari 72 pertandingan, ia hanya mampu mencetak 15 gol. 

Kemampuan mencetak gol Piatek perlahan semakin terasah kala pindah ke klub Polandia lainnya, KS Cracovia. Selama tiga musim dari 2016 hingga 2018, ia mampu mencetak 32 gol dari 63 pertandingan.

Musim ini, Piatek tidak menyangka bisa bermain di salah satu liga top Eropa, yakni Serie A Italia saat Genoa memboyongnya pada musim panas 2018 lalu, dengan mahar 4,5 juta euro (Rp71 miliar).

Baca Juga

Kepindahannya tidak terlalu membuat heboh media massa Italia, karena mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui sosok dan kemampuannya. Hingga akhirnya Piatek terkejut setelah mendadak tenar di Polandia, usai diwawancarai  La Gazzetta dello Sport.

"Saya tiba-tiba mendapat banyak panggilan telepon dari Polandia. Semua orang berkata, 'Anda diwawancarai oleh salah satu surat kabar olahraga ternama di Italia, selamat!' Lantas seletah itu saya baru memahami betapa populernya Gazzetta di Italia," kata Piatek kepada Sportowefakty.

Wawancara tersebut dilakukan usai Piatek tampil trengginas bersama Genoa, setelah mencetak lima gol dari dua laga awalnya.

Sejak saat itu, pamor Piatek semakin meningkat dan kerap menghiasi tajuk utama sejumlah laman media olahraga Italia. Naiknya popularitas Piatek diiringi oleh ketajamannya dalam mencetak gol bersama Genoa.

Baca Juga

Ia mampu mencetak 19 gol dari 21 penampilannya bersama Genoa hingga Desember 2018 lalu, di semua ajang. Catatan tersebut membuat Piatek banyak diincar oleh klub top Eropa, seperti Borussia Dortmund, Chelsea hingga Barcelona.

Namun siapa sangka, Piatek justru memilih untuk hijrah ke AC Milan, usai klub besutan Gennaro Gattuso itu mendepak Gonzalo Higuain ke Chelsea yang dipinjaman dari Juventus.

Piatek juga mencatatkan namanya dalam buku sejarah. Ia menjadi pemain Genoa pertama yang selalu mencetak gol dalam enam pertandingan awal musim secara beruntun. Tidak ada debutan setajam dirinya sejak Karl Aage Hansen di Atalanta pada musim 1949/50 silam.


2. Statistik Mengerikan

Krzysztof Piatek, striker AC Milan.

Kryzsztof PiateK juga mempunyai statistik mencengangkan musim ini di Serie A. Dia bisa mencetak satu gol di setiap 50 menit pertandingan, dan setiap tembakan tepat sasarannya itu nyaris selalu berujung gol.

Dalam empat penampilan terakhirnya di Serie A, Piatek mampu melepaskan delapan tembakan tepat sasaran. Jika diambil rata-ratanya, setiap melakukan 1,3 shot on target, tendangan Piatek bisa berbuah satu gol. 

Artinya, para lawan-lawan AC Milan di semua kompetisi tidak bisa lagi bersantai, karena mereka sekarang memiliki penyerang tajam haus gol yang berbahaya.

Baca Juga

Penampilan gemilangnya itu membuat pelatih Timnas Polandia, Jerzy Brzeczek memanggil Piatek untuk pertama kalinya memperkuat tim nasional pada September 2018 lalu.

Dan kini, namanya digadang-gadang sebagai penerus Robert Lewandowski yang merupakan ujung tombak utama Polandia di ajang internasional.

Serie A ItaliaAC MilanGenoaLiga ItaliaKrzysztof Piatek

Berita Terkini