x

Bobotoh Jangan Sedih, Ini 3 Keuntungan Pemain Persib Tidak Dipanggil Timnas Indonesia

Jumat, 22 Februari 2019 14:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Skuat Persib Bandung

FOOTBALL265.COMSimon McMenemy di luar dugaan tidak memanggil satu pun pemain klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung, ke skuat Timnas Indonesia.

Pada era kepelatihan sebelumnya, baik Luis Milla maupun Bima Sakti, pemain Persib Bandung setidaknya ada dalam komposisi tim nasional senior.

Namun demikian, Simon kali ini seolah tidak menggubris nama besar Persib Bandung yang rajin menyumbang pemain ke Timnas senior.

Baca Juga

Nama sekaliber Febri Hariyadi yang menjadi langganan di posisi sayap absen. Sebagai gantinya, Simon memanggil Wahyu Subo Seto yang lebih ia kenal semasa melatih Bhayangkara FC.

Bobotoh tentu tidak perlu bersedih sebab selalu ada pelangi setelah hujan. Tidak dipanggilnya pemain Persib Bandung ke pemusatan latihan Timnas senior jelang FIFA Matchday melawan Myanmar ternyata menghadirkan keuntungan tersendiri.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 keuntungan pemain Persib Bandung tidak dipanggil Timnas Indonesia.


1. Fokus Pramusim

Momen Persib Bandung saat juara Liga Indonesia 2014.

Persib Bandung akan mengikuti gelaran turnamen pramusim Piala Presiden yang digelar 2 Maret hingga 12 April 2019. Mereka juga ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah pada babak penyisihan grup.

Dengan tidak dipanggilnya pemain Persib Bandung ke pemusatan Timnas Indonesia, mereka dapat fokus mematangkan strategi dan taktik selama gelaran pramusim tanpa terdistraksi agenda tim nasional.

Baca Juga

Pelatnas Timnas senior diketahui berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan di Perth, Australia 7—17 Maret, sementara fase kedua diselenggarakan di Bali 17—21 Maret 2019.


2. Konsentrasi Pembentukan Tim

Pelatih Persib, Miljan Radovic di Stadion Si Jalak Harupat, ‎Kabupaten Bandung, Senin (11/02/2019).

Jika tidak terkendala agenda Timnas Indonesia, pemain Persib Bandung otomatis akan mencurahkan seluruh konsentrasinya kepada klub.

Hal tersebut menguntungkan bagi pelatih Miljan Radovic untuk membangun komposisi tim yang belum 100 persen. Maklum, Radovic dibebankan target berat dengan skuat yang cukup mewah.

Baca Juga

Radovic belakangan tengah berada dalam sorotan usai gagal membawa Persib Bandung menang di kandang sendiri pada leg 1 babak 16 besar Kratingdaeng Piala Indonesia melawan Arema FC.

Pelatih asal Montenegro itu tentu butuh waktu untuk bisa menerapkan filosofi bermainnya ke Persib Bandung. Persiapan yang terhambat tentu bisa berdampak kepada masa depan Radovic di kemudian hari.


3. Menghindari Cedera

Esteban Vizcarra mendapatkan perawatan dari tim medis

Melepas pemain ke untuk mengikuti agenda Timnas Indonesia merupakan dilema tersendiri bagi pelatih-pelatih klub sepak bola Liga 1.

Mereka tentu tidak bisa menjamin nasib para pemainnya. Bukan tidak mungkin, sang pemain sewaktu-waktu dapat mengalami cedera.

Baca Juga

Persib Bandung saat ini kehilangan dua pemain akibat cedera, yakni Dedi Kusnandar dan Esteban Vizcarra. Maung Bandung tentu tidak ingin kehilangan lebih banyak pemain saat kompetisi belum dimulai.

Lengkap atau tidaknya komposisi tim pada awal musim akan berpengaruh terhadap start Persib Bandung nantinya di kompetisi yang sesungguhnya, yakni Liga 1.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM

Persib BandungTimnas IndonesiaMiljan Radovic‎Liga IndonesiaSimon McMenemyTRIVIA

Berita Terkini