x

Antisipasi Hasil Imbang, Ini 3 Eksekutor Unggulan Timnas U-22 di Babak Adu Penalti

Senin, 25 Februari 2019 16:10 WIB
Editor: Rafif Rahedian
3 Eksekutor unggulan Timnas U-22 di babak adu penalti.

FOOTBALL265.COMTimnas Indonesia U-22 memang diharuskan memiliki rencana berlapis untuk menjalani pertandingan final Piala AFF U-22 2019 kontra Thailand. Karena Garuda Muda wajib mencari rencana lain jika rencana awal mereka tak berjalan dengan baik.

Seperti yang diketahui, pertandingan sepak bola tidak bisa dengan mudah diprediksi. Artinya, sangat wajar jika pelatih diharuskan memiliki banyak rencana untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

Salah satunya adalah bermain imbang di 90 menit waktu normal. Pelatih Indra Sjafri pun harus memiliki skema lain jika pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand dilanjutkan hingga babak tambahan, apalagi ke babak adu penalti.

Baca Juga

Dengan begitu, Indra Sjafri pun harus menyiapkan beberapa pemain yang akan menjadi eksekutor atau algojo di babak adu penalti. Berikut INDOSPORT mencoba untuk membahas tiga pemain unggulan yang bisa menjadi eksekutor penalti Timnas Indonesia U-22.


1. Luthfi Kamal

Muhammad Luthfi Kamal pencetak satu gol saat melawan Qatar U-19.

Luthfi Kamal bisa menjadi eksekutor pertama jika pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Karena Luthfi Kamal memiliki kemampuan yang cukup baik dalam urusan bola mati.

Itu terbukti ketika ia dipilih sebagai algojo pertama saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Malaysia di Piala AFF U-19 2018 lalu. Ia juga pernah sukses mengemas gol di babak adu penalti saat Timnas U-19 berhadapan dengan Thailand di Piala AFF U-19 2017 lalu.

Hasilnya, Luthfi Kamal pun sukses menyarangkan gol, meskipun akhirnya Timnas Indonesia U-19 kalah di babak adu penalti atas Malaysia dan Thailand (dalam dua kesempatan berbeda).

Baca Juga

Pembuktian Luthfi dalam memiliki kemampuan bola mati yang sangat baik terjadi pada babak semifinal kontra Vietnam kemarin. Saat itu dirinya berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 lewat sepakan tendangan bebasnya.


2. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre menguasai bola dan dibayang-bayangi pemain Qatar U-19.

Selain Lutfhi Kamal, pemain selanjutnya yang bisa menjadi eksekutor unggulan Timnas Indonesia U-22 di babak adu penalti adalah Todd Rivaldo Ferre.

Jika berkaca pada Piala AFF U-19 2018 lalu, Todd Rivaldo Ferre dipercaya menjadi algojo kedua setelah Lutfhi Kamal. Menariknya, hanya Rivaldo dan Lutfhi yang sukses mencetak gol di babak adu penalti.  

Rivaldo sendiri memang jarang mendapatkan kesempatan bermain. Dirinya hanya diberikan satu kesempatan ketika Timnas Indonesia U-22 berhadapan dengan Malaysia di fase grup. Itu pun dirinya hanya bermain sebagai pemain pengganti yang masuk pada menit ke-69.

Baca Juga

Namun jika pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti, Indra Sjafri bisa saja memasukkan Rivaldo di babak tambahan. Karena Rivaldo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi eksekutor jika melihat pengalamannya di Piala AFF U-19 2018 lalu.


3. Marinus Wanewar

Marinus Wanewar merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Timor Leste.

Marinus Wanewar bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengambil peran ini. Dengan mental dan kemampuan yang dimilikinya, memasukkan nama Marinus bisa menjadi opsi terbaik.

Baca Juga

Apalagi, penyerang asal Papua tersebut mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi untuk menjadi tumpuan di lini serang Timnas Indonesia U-22. Dirinya pun sukses membayar ekspektasi itu dengan menduduki daftar top skor sementara dengan torehan tiga gol.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF U-22 2019 Lainnya di INDOSPORT

Timnas U-22Thailand U-23Bola InternasionalMarinus WanewarTodd Rivaldo FerreTRIVIAPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22Luthfi Kamal

Berita Terkini