x

Stadion My Dinh, Rumah Kedua Timnas Indonesia

Selasa, 19 Maret 2019 10:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Stadion Nasional My Dinh

FOOTBALL265.COM - Tim nasional Indonesia U-23 akan menghadapi sejumlah laga Kualifikasi Piala Asia 2020 di Stadion  Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada 22-26 Maret mendatang.

Bermain di Vietnam, khususnya My Dinh, bukanlah hal yang asing bagi Indonesia. Sepanjang sejarah, Laskar Merah-Putih memang sudah akrab dengan stadion berkapasitas 40.000 penonton tersebut. 

Terletak di Distrik Tu Liem, My Dinh merupakan kandang timnas sepak bola Vietnam. Hampir seluruh laga internasional Si Bintang Emas (julukan Vietnam) dimainkan di stadion ini. 

Baca Juga

Stadion berlintasan atletik ini merupakan komplek olahraga nasional Vietnam yang dibangun dengan biaya 53 juta dolar (sekitar 751 miliar rupiah) dan diresmikan pada 2003 lalu. My Dinh memang disiapkan untuk menyambut SEA Games Hanoi 2003. 

Salah satu ajang akbar yang paling berkesan tentu saja adalah Piala Asia 2007 ketika Vietnam menggelar tujuh pertandingan di stadion ini. Masing-masing lima pertandingan babak penyisihan, satu perempat final, dan satu semifinal. 


1. 'Rumah Kedua' Timnas indonesia

Sergio Van Dijk (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Vietnam Dinh Tien Thanh (kiri) dan Ngo Hoang Thinh (kanan) pada pertandingan penyisihan Piala AFF 2014 Grup A di Stadion My Dinh, Hanoi.

Seperti Vietnam, timnas Indonesia juga mempunyai stadion nasional bernama Gelora Bung Karno. Namun, My Dinh bisa dibilang sebagai 'rumah kedua' bagi Pasukan Garuda.

Mengapa begitu? Jawabannya tentu karena cukup banyak momen berkesan timnas Indonesia di stadion ini pada masa lalu. Laskar Merah-Putih adalah tim pertama bersama Laos yang mencicipi rumput My Dinh di laga resmi, tepatnya pembukaan SEA Games 2003.

Sejak 2003, baik timnas U-23 maupun senior Indonesia hampir tak terkalahkan setiap kali melawan Vietnam di My Dinh, termasuk saat mempermalukan tim tuan rumah di Piala Tiger 2004 dengan kedudukan tiga gol tanpa balas.  

Satu-satunya noda hitam yang didapat Indonesia adalah kekalahan 2-3 dalam ajang persahabatan yang digelar di My Dinh pada 2016. 

Namun begitu, bukan hanya momen bahagia, ada pula momen duka yang tercipta di stadion ini. Timnas Indonesia pernah secara memalukan digilas Filipina 4-0 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2014. 

Baca Juga

Kini, Indonesia U-23 tengah melakukan perjuangan untuk dapat lolos sebagai juara Grup K agar dapat main di putaran final Piala AFC U-23 2020. Akan ada tiga laga di Stadion My Dinh yang harus dijalani Indonesia, yakni melawan Vietnam, Brunie, dan Thailand.

Tuah Stadion My Dinh sebagai "rumah kedua" yang sering menguntungkan Timnas Garuda pun diharapkan kembali muncul pada laga kualifikasi nanti.  

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

VietnamTimnas Indonesia U-23Pra Piala Asia U-23Bola InternasionalLiga IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-23 2020

Berita Terkini