x

Mengenal Timnas Catalunya, 'Negara' Bertabur Bintang Barcelona

Kamis, 21 Maret 2019 14:23 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Prio Hari Kristanto

FOOTBALL265.COM – Tim nasional sepak bola Catalunya kembali bergeliat. Mereka kembali mengagendakan uji coba internasional, kali ini melawan Venezuela, Senin (25/03/19).

Catalunya bahkan telah merilis skuat yang akan bertanding melawan Venezuela. Ada nama-nama bintang Barcelona, seperti Gerard Pique dan Xavi Hernandez.

Keberadaan Catalunya masih menimbulkan kontroversi. Pemerintah Spanyol masih bersitegang mengenai pemungutan suara referendum Catalunya 1 Oktober 2018 yang dianggap ilegal.

Baca Juga

Akan tetapi, Catalunya tetap bergerak. Pemain-pemain sepak bola dari Catalunya memilih untuk membela tanah kelahirannya sendiri.

Klub LaLiga Spanyol enggan melepas pemainnya ke Timnas Catalunya. Tiga klub LaLiga Spanyol telah mengeluarkan pernyataan yang mencegah para pemain membela Catalunya, yakni Real Valladolid, Huesca, dan Rayo Vallecano.

Alasan politis menjadi penyebabnya. Akan tetapi, mereka berdalih dengan alasan kebugaran pemain untuk melarang para pemainnya membela Catalunya.

Perang dingin antara Spanyol dan Catalunya menimbulkan sejumlah cerita, baik di dalam maupun di luar lapangan. Portal berita olahraga INDOSPORT mencoba untuk mengulasnya untuk Anda.


1. Sejarah

Para masyarakat mendukung kemerdekaan Catalunya.

Presiden regional, Carles Puigdemont, berpendapat Catalunya punya hak moral, budaya, dan politik untuk menentukan nasibnya sendiri.

Catalunya telah memberikan banyak kekayaan kepada Spanyol, tetapi mereka tidak mendapatkan balasan yang layak.

Krisis yang dialami Spanyol kian mendorong tekanan untuk memperjuangkan kemerdekaan Catalunya. Parlemen Catalan yang dikuasai koalisi Puigdemont mengambil langkah legislatif untuk menggelar referendum.

Sidang parlemen yang sengit lantas mengeluarkan produk undang-undang refendum untuk membuka jalan pemungutan suara bagi masyarakat Catalan.

Baca Juga

Referendum lantas digelar 1 Oktober 2018 dan mayoritas masyarakat mengiyakan kemerdekaan. Kemerdaan Catalunya dianggap ilegal oleh Spanyol dan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy berjanji akan mencegah kemerdekaan Catalunya dengan semua cara legal.

Ketegangan masih berlanjut dengan adanya aksi penggerebekan lokasi regional Barcelona dan penangkapan 14 pejabat senior Catalunya.

Spanyol dan Catalunya hingga kini masih bermain kucing dan tikus. Spanyol terus menangguhkan kemerdekaan Catalunya, sementara kubu Puigdemont terus melanjutkan referendum.


2. Skuat dan Status

9 Timnas Negara yang Diakui PBB, tapi Bukan Anggota Resmi FIFA (Micronesia, Kiribati, Kep. Marshall, Monaco, Nauru, Palau, Tuvalu, Vatikan, Britania Raya)

Skuat

Timnas Catalunya telah mempersiapkan tim jelang pertandingan persabahatan melawan Venezuela. Pelatih Valladolid, Sergio Gonzalez siap bergabung dalam staf kepelatihan.

Dalam rilis skuat tim, ada nama-nama bintang yang pernah dan bahkan masih membela Barcelona, seperti Gerard Pique, Xavi Hernandez, Alex Vidal, Oriol Romeu, Martin Montoya, dan Marc Bartra.

Mayoritas pemain Catalunya berasal dari klub Espanyol dan Girona. Akan tetapi, ada juga pemain dari Liga Primer Inggris, seperti Southampton dan Brighton and Hove Albion.

Baca Juga

Status Anggota FIFA

Menggelar pertandingan internasional, Timnas Catalunya rupanya tidak masuk dalam keanggotaan resmi FIFA dan UEFA.

Meski melakukan partai persahabatan melalui pengawasan FIFA, Catalunya tidak akan mendapatkan poin atau penilaian apa-apa. Mereka juga tidak bisa tampil di turnamen sekelas Piala Dunia dan Piala Eropa.

Bicara soal keanggotaan FIFA, ternyata ada negara yang tidak diakui PBB namun bisa berlaga di kompetisi resmi, yaitu Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, Kepulauan Faroe, Tanjung Verde, Hong Kong, Gilbraltar, dan Bermuda.

Sementara itu, ada pula negara yang diakui PBB tetapi tidak masuk keanggotaan FIFA, yakni Micronesia, Kiribati, Kepulauan Marshall, Monaco, Nauru, Palau, Tuvalu, Vatikan, dan Britania Raya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM

SpanyolBarcelonaXavi HernandezGerard PiqueCatalunyaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini