x

Termasuk Transfer Palsu Maradona, Ini Aksi April Mop Tergeger di Sepak Bola

Senin, 1 April 2019 12:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Lady Gaga dan Diego Maradona

FOOTBALL265.COM - Di negara-negara barat, setiap tanggal 1 April selalu diperingati dengan perayaan April Mop, yang bahkan sampai merambah ke dunia sepak bola.

Seperti banyak diketahui, April Mop adalah sebuah momen di mana seseorang diperbolehkan menyampaikan berita palsu setiap tanggal 1 April.

Namun tujuan tentu tak lebih dari hanya sebuah lelucon atau dengan tujuan mengerjai teman ataupun khalayak banyak.

Baca Juga

Saking mengakarnya perayaan April Mop, kebiasaan ini bahkan sampai menyentuh ke dunia sepak bola hingga ke level tertinggi.

Tak sedikit media-media ternama di dunia sepak bola dunia yang turut meramaikan April Mop dengan berbagai berita palsunya.

INDOSPORT pun merangkum empat kejadian April Mop yang menggegerkan dari ranah sepak bola Internasional.


1. AC Milan vs Sao Paulo

Sao Paulo dikawal ketat Davide Pacifico dan Luca Iotti

Pada dekade 50-an, April Mop sempat menipu banyak masyarakat Brasil kala itu. Tepat di 1 April 2015, seorang penyiar bernama Geraldo Jose de Almeida dengan fasih melaporkan pertandingan langsung AC Milan vs Sao Paulo, lewat siaran radio Panamerican.

Dalam siaran tersebut, disebutkan pertandingan melawan AC Milan digelar Sao Paulo dalam rangkaian uji cobanya ke Eropa.

Semakin meyakinkan ketika Geraldo juga melengkapi siarannya dengan efek suara suporter, sehingga membuatnya seakan berada di stadion.

Namun sepandai-pandainya menyimpan bangkai, kebohongan Geraldo akhirnya terungkap. Karena Sao Paulo sebenarnya memang tak pernah melangsungkan uji coba melawan AC Milan.

Faktannya Geraldo hanya melakukan siaran palsu dari sebuah garasi, dan radio Panamerican mendapatkan banyak murka dari publik sepak bola Brasil.


2. Tato YNWA Rooney

Punya Tato YNWA, Wayne Rooney

Kabar palsu April mop juga pernah terjadi di sepak bola inggris pada tahun 2015. Tak tanggung-tanggung, kabar palsu tersebut mengarah pada bintang Manchetser United Wayne Rooney, yang disebut memiliki tato Liverbird lengkap dengan tulisan YNWA, logo yang identik dengan klub rival Mancehster United, Liverpool.

Kabar yang pertama kali dimuat di Daily Star itu juga semakin menghebohkan karena disertai foto Rooney lengkap dengan tato Liverbird di lengan kanannya. 

Namun belakangan, semua kabar tersebut terbukti palsu dan hanya bualan April Mop. Karena nyatanya tak ada tato tersebut tersemat di lengan pemain yang muncul lewat akademi klub tetangga Liverpool, Everton itu.


3. Maradona ke Spartak Moskow

Diego Maradona Spartak Moskwa

1 April 1988, publik sepak bola Eropa dikejutkan dnegan kabar transfer megabintang Diego Maradona. Maradona yang kala itu memperkuat klub Italia Napoli, dikabarkan setuju untuk hengkang ke klub Rusia Spartak Moskow.

Semakin mengejutkan karena, dalam kabar yang beredar, kapten Timnas Argentina itu didatangkan Spartak Moskow dnegan nilai transfer enam juta dollar atau sekitar Rp85 miliar. Jumlah yang sangat fantastis untuk sepak bola Eropa kala itu.

Namun belakangan berita transfer tersebut terbukti hanya sebuah lelucon April Mop. Karena sang pemain tak kunjung merapat ke Spartak Moskow hingga beberapa tahun mendatang. Maradona justru malah hengkang dari Napoli ke klub Spanyol Sevilla pada musim panas 1991.


4. Lady Gaga Beli Klub Liga Italia

Lady Gaga pernah mengalami gangguan perilaku makan.

Pada tahun yang sama, di Italia April Mop juga sempat menghebohkan lewat kabar penyanyi ternama dunia , Lady Gaga yang disebut-sebut telah membeli klub AC Parma.

Bahkan dalam kabar yang dihembuskan Forza Italian Football, Lady Gaga disebut tertarik membeli Parma yang sedang mengalami masalah finansial karena tersentuh dengan warga lokal yang begitu mencintai klub tersebut.

Latar belakang Gaga yang memiliki darah Italia juga disebut menjadi alasan dirinya rela menggelontorkan dana sebesar 8,6 juta Euro atau setara Rp137 miliar untuk membeli Parma.

Namun pada akhirnya, kabar palsu itupun terungkap. Tak lebih sebagai lelucon April Mop yang memang kerap dilakukan media-media di Eropa sana setiap tanggal 1 April.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

LiverpoolWayne RooneyAC MilanDiego MaradonaSao PauloParmaApril FoolsBola InternasionalTRIVIAApril Mop

Berita Terkini