x

Mengenang 5 Pertempuran Tersengit Sesama Tim Inggris di Liga Champions

Selasa, 9 April 2019 16:18 WIB
Editor: Coro Mountana
Papan skor laga Chelsea melawan Liverpool pada tahun 2008

FOOTBALL265.COM – Liga Champions telah memasuki babak perempatfinal yang salah satu laganya akan mempertemukan sesama tim Inggris, Tottenham Hotspur vs Manchester City.

Duel yang akan dimainkan di Tottenham Hotspur Stadium pada Rabu (10/04/19) dini hari itu diyakini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik. Pasalnya Tottenham Hotspur akan bermain di kandang barunya.

Baca Juga

Tentu Tottenham tidak ingin membuka debutnya di kandang barunya dengan sebuah catatan kalah dari Manchester City. Sebaliknya Manchester City juga sedang dalam misi mengejar gelar Liga Champions.

Oleh karena itu, duel Tottenham Hotspur vs Manchester City akan berjalan dengan sengit seperti halnya pertempuran antar sesama tim Inggris di Liga Champions yang pernah terjadi. Setidaknya ada sejumlah pertempuran sesama tim Inggris di Liga Champions yang begitu menarik untuk dikenang.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam mengenang 5 pertempuran sesama tim Inggris di Liga Champions.


1. Chelsea vs Arsenal – 2003/04

Thierry Henry tampak mengancam gawang Carlo Cudicini kiper Chelsea pada laga Liga Primer Inggris 18 Oktober 2003. Shaun Botterill/Getty Images

Pertama ada duel Chelsea vs Arsenal di Liga Champions musim 2003/04. Pertandingan yang tak hanya sesama tim Inggris lagi melainkan sudah masuk dalam kategori derbi London itu terjadi di babak perempatfinal.

Saat itu di leg pertama, Arsenal mampu tampil gemilang di Stamford Bridge dengan menahan imbang Chelsea di rumahnya sendiri dengan skor 1-1. Gol Eidur Gudjohnsen saat itu berhasil disamakan oleh pemain Arsenal, Robert Pires.

Drama sesungguhnya baru terjadi di leg kedua yang dimainkan di kandang Arsenal. Sempat unggul terlebih dulu melalui Antonio Reyes, secara mengejutkan Chelsea berhasil membalikan kedudukan berkat Frank Lampard dan Wayne Bridge di menit ke-87 yang membuat The Blues lolos ke semifinal.

Chelsea vs Liverpool – 2004/05

Joe Cole (kanan) berhasil melewati Danny Murphy untuk merebut bola laga Liga Primer Inggris pada 07 Januari 2004. Ben Radford/Getty Images

Chelsea dan Liverpool di era 2000-an sangat sering bertemu di Liga Champions dan salah satunya begitu indah untuk dikenang adalah semifinal musim 2004/05. Saat itu perseteruan pelatih Chelsea, Jose Mourinho dengan Rafael Benitez (Liverpool) sedang runcing-runcingnya.

Pertama duel terjadi di Stamford Bridge, pertandingan berjalan begitu ketat karena kedua tim tidak ingin kecolongan dan menggangap laga itu sebagai babak final. Saking terlalu konsentrasinya dengan laga itu sampai kedua tim lupa kalau 90 menit pertandingan sudah berlalu tanpa ada yang cetak gol.

Barulah drama sesungguhnya terjadi di leg kedua di mana Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea melalui gol semata wayang Luis Garcia. Usai pertandingan, Jose Mourinho kebakaran jenggot karena gol Luis Garcia itu belum melewati garis gawang hingga ia menyebut gol itu sebagai gol hantu.

Manchester United vs Chelsea – 2007/08

Ronaldo menangis karena di final Liga Champions 2008 saat Manchester United vs Chelsea.

Mungkin bisa dikatakan di antara semua duel sesama tim Inggris, Manchester United vs Chelsea di Liga Champions musim 2007/08 merupakan yang terpanas. Pasalnya itu merupakan babak final atau partai puncak dari Liga Champions.

Manchester United yang berambisi untuk membawa pulang gelar Liga Champions langsung unggul melalui calon pemain terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo. Beruntung Chelsea mempunyai Frank Lampard yang memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Dengan sisa-sisa tenaga, kedua tim saling baku hantam dalam babak perpanjangan waktu hingga akhirnya wasit memutuskan pertandingan berlanjut ke drama adu penalti karena masih sama kuat. Di babak inilah, drama terjadi dengan John Terry tepeleset saat mengeksekusi bola dan harus merelakan Man United yang jadi juara.


2. Chelsea vs Liverpool – 2008/09

Papan skor laga Chelsea melawan Liverpool pada tahun 2008

Duel Chelsea vs Liverpool pada Liga Champions 2008/09 juga menyimpan cerita tersendiri yang menarik untuk dikulik. Duel Chelsea vs Liverpool itu terjadi di babak perempatfinal Liga Champions.

Sesungguhnya pemenang dari duel ini sudah terlihat ketika leg pertama di Anfield berakhir dengan skor 3-1 berkat brace Branislav Ivanovic. Namun di leg kedua, Liverpool menunjukan semangat pantang menyerah.

Hasilnya di Stamford Bridge, secara ajaib Liverpool berhasil unggul dengan skor 2-0 yang membuat mereka hanya butuh satu gol lagi untuk menyingkirkan Chelsea. Akan tetapi Chelsea bermain habis-habisan di babak kedua yang membuat kedua tim saling mengejar skor hingga akhirnya papan angka berhenti di 4-4 yang membuat Chelsea lolos dengan agregat 7-5, Epic!

Liverpool vs Manchester City – 2017/18

Liverpool berhasil lolos dengan agregat 5-1 atas Manchester City

Kalau duel Liverpool vs Manchester City baru saja terjadi di musim lalu pada babak 8 besar. Pada saat pengundian dilakukan, tampak petinggi Manchester City begitu kesal harus bertemu Liverpool, tim pertama yang mengalahkan Man City di Premier League.

Benar saja, Liverpool memberikan kesulitan yang sangat luar biasa di Anfield. Hingga akhirnya babak pertama usai dengan skor telak 3-0 untuk Liverpool.

Sekilas Liverpool di atas angin untuk lolos, tapi di leg kedua, Manchester City berhasil unggul cepat 1-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir. Akan tetapi di babak kedua perjalanan Manchester City resmi berakhir usai Pep Guardiola diusir dari lapangan dan Liverpool membalikan keadaan menjadi 2-1.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

Manchester UnitedLiverpoolInggrisChelseaArsenalManchester CityLiga ChampionsTottenham HotspurTRIVIASepak BolaTottenham Hotspur vs Manchester City

Berita Terkini