x

Mengingat Kembali Duel Klasik Ajax vs Juventus: Kejayaan Si Nyonya Tua

Rabu, 10 April 2019 20:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Adu penalti untuk menentukan pemenang laga final Liga Champions

INDOSPORT. COM - Ajax Amsterdam vs Juventus jadi salah satu laga yang menghiasi perhelatan perempat final Liga Champions musim 2018/19.

Ajax harus bersua Juventus dalam babak perempatfinal Liga Champions musim ini. Pertarungan kedua tim akan dimulai pada Kamis (11/4/19) dini hari esok di mana mereka lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama.

Ajax sebelumnya merengkuh kemenangan berkesan di babak 16 besar Liga Champions. Mereka sukses menggilas sang juara bertahan, Real Madrid, dengan keunggulan agregat skor 5-3.

Baca Juga

Sementara itu, Juventus, melangkah ke babak perempat final berkat kemenangan dramatis atas Atletico Madrid. Tertinggal 2-0 pada leg pertama, Cristiano Ronaldo mengamuk dengan tiga golnya di leg kedua dan membuat Juve menang agregat skor 3-2.

Sebelum melangkah jauh ke pertandingan nanti malam, tak ada salahnya bila kita sedikit bernostalgia. Terutama membahas laga-laga klasik Ajax vs Juventus pada masa lampau.


1. Liga Europa 2009/10

Christian Eriksen masih berkostum Ajax

Sudah hampir sedekade jagat sepak bola tak dihiasi pertandingan Ajax vs Juventus. Perjumpaan mereka terakhir kali tercipta pada babak kedua Liga Europa musim 2009/10.

Dalam laga yang dimainkan dua leg ini, Juventus mampu menunjukan keperkasaannya. Si Nyonya Tua mampu mengandaskan perlawanan Ajax dengan agregat skor 2-1.

Juventus, yang lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah di leg pertama, awalnya tertahan dengan skor imbang 0-0. Namun, pada leg kedua, ketika bertandang ke markas Ajax, pasukan Si Nyoya Tua sukses menuai kemenangan 2-1.

Baca Juga

Kala itu, dua gol Juventus diborong oleh penyerang keturunan Brasil, Amauri. Sementara, gol semata wayang Ajax dibukukan pemain bernomor punggung 10, Miralem Sulejmani.


2. Liga Champions 2004/05

Nedved merayakan gol

Pertemuan sebelumnya terjadi pada gelaran Liga Champions musim 2004/05. Kala itu, laga Ajax dan Juventus sampai digelar dua kali lantaran kedua tim berada di satu grup yang sama, yakni Grup C.

Pada pertemuan pertama, Ajax lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah. Bermain di rumah sendiri, Ajax harus menyerah dengan skor tipis 0-1 akibat kecurian gol legenda Juventus, Pavel Nedved.

Baca Juga

Berlanjut pada pertemuan kedua, giliran Juventus yang menjamu Ajax. Si Nyoya Tua pun kembali menuai kemenangan tipis 1-0 berkat gol tunggal Marcelo Zalayeta.


3. Liga Champions 1995/96

Davids masih berkostum Ajax

Pertarungan paling bersejarah antara Ajax vs Juventus bisa dibilang terjadi pada Liga Champions musim 1995/96. Kala itu, kedua tim menjadi peserta Liga Champions yang bertarung di laga final.

Juventus kala itu masih diperkuat kaptennya yang kini menjadi pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Ada pula nama duet penyerang legendaris Juventus, yakni Alessandro Del Piero, dan striker berambut putih, Fabrizio Ravanelli.

Sementara Ajax, punya kiper muda yang akhirnya menjadi legenda Belanda, Edwin Van Der Sar. Ada pula nama Danny Blind, Edgar Davids, serta Nwanko Kanu.

Laga dibuka lebih dulu dengan gol dari Juventus pada menit ke-12 yang dicetak Ravanelli. Masuk menit ke-41, Ajax membalas berkat torehan pemain bernomor punggung 10, Jari Litmanen.

Dua gol di babak pertama ternyata tetap bertahan hingga akhir laga. Pemenang pertandingan pun harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Pada babak adu penalti ini, empat penendang Juventus, Ciro Ferrara, Gianluca Pessotto, Michele Padovano, dan Vladimir Jugovic, sukses menjalankan tugasnya. Sementara Ajax, dua penendangnya, Edgar Davids dan Sonny Silooy, gagal menjebol gawang Juventus yang masih dijaga Angelo Peruzzi.

Baca Juga

Pertandingan pun dimenangkan oleh Juventus. Si Nyonya Tua dengan kostum birunya menggelar pesta untuk menyambut gelar juara Liga Champions.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT

Liga ChampionsJuventusAjax AmsterdamAjax Amsterdam vs Juventus

Berita Terkini