x

Profil Klub Liga 1 2019: PSS Sleman, Berjuang dengan Skuat Seadanya

Kamis, 9 Mei 2019 21:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Profil tim PSS Sleman Liga 1 2019

FOOTBALL265.COM – Klub asal D.I Yogyakarta, PSS Sleman, bakal kembali menginjakkan kaki di kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, setelah absen selama 12 tahun. Terakhir kalinya PSS mencicipi persaingan kasta elite nasional adalah pada edisi 2007/08.

PSS sendiri berhasil mengamankan tiket promosi dengan meraih gelar juara Liga 2 2018. Tim berjulukan Super Elang Jawa tersebut menumbangkan Semen Padang dengan skor 2-0 di partai puncak.

Baca Juga

Trofi Liga 2 2018 pun menjadi modal yang sangat berharga bagi PSS untuk mengarungi musim baru nanti. Kepercayaan diri para pemain tentunya meningkat berlipat-lipat ganda dalam menyongsong musim ini.

Meski gagal di turnamen pramusim Piala Presiden 2019, namun PSS tetap memiliki kerpacayaan diri yang tinggi. Wajar karena saat itu mereka tergabung dalam grup ‘neraka’ bersama dengan Borneo FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Super Elang Jawa hanya mampu meraih satu kemenangan saat berhadapan dengan Borneo (2-0) dan dua kali kalah. Terbilang masuk akal mengingat skuat PSS tidak sebanding dengan tim bertabur bintang seperti Persija dan Madura United.

Meski memiliki skuat yang tidak terlalu mewah, PSS memiliki harapan untuk bisa bersaing dengan klub-klub ternama sepak bola Indonesia. Pelatih Seto Nurdiantoro pun meyakini timnya bisa memberikan perlawanan lewat kesolidan pemain.

Baca Juga

“Tim kami dengan skuat yang tidak mewah, tapi harapannya mereka punya motivasi besar untuk menang. PSS bertarung di Liga 1 2019 dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Kualitas skuat pasti berpengaruh, tapi kalau tim ini kompak dan mau kerja harapan itu akan bisa tercapai,” ujar Seto kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, PSS bakal menjamu Arema FC dalam pertandingan bertajuk pembukaan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo pada Rabu (15/5/19) pukul 20.30 WIB.


1. Bedah Taktik dan Skuat

Starter Terbaik PSS Sleman untuk Liga 1 2019.

PSS memiliki kedalaman tim yang sangat baik. Hal itu terlihat ketika mereka bertarung dengan Persija di pertandingan terakhir fase grup Piala Presiden 2019.

Meski akhirnya tumbang 0-2, namun semangat dan agresivitas para pemain PSS sangat baik. Para pemain mampu membuat tim sekaliber Persija kesulitan mendobrak pertahanan mereka, setidaknya sepanjang babak pertama.

Situasi itu tak terlepas dari solidnya Nerius Alom di lini tengah PSS. Mantan pemain Persipura Jayapura tersebut mampu menjadi pemain yang selalu aktif dalam memutus alur serangan Macan Kemayoran.

Di lini serang, PSS berharap banyak kepada Kushedya Hari Yudo yang notabene salah satu penyerang terbaik di Liga 2 2018. Mantan pemain Kalteng Putra itu pun bakal didukung oleh dua pemain sayap berkaki cepat, yakni Rangga Muslim dan Haris Tuhera.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih Seto Nurdiantoro mempercayakan beberapa pemain lokal untuk mengisi posisi di lini belakang. Salah satu pilar utamanya adalah Jajang Sukmara, Ikhwan Ciptady, Bagus Nirwanto, dan penjaga gawang Ega Rizky Pramana.

Seto sendiri terbiasa menggunakan formasi 4-3-3 di setiap pertandingan. Dirinya mengolaborasikan pemain lokal dengan legiun asing di lini tengah dan belakang mereka.

Dua pemain asing tersebut adalah Alfonso de la Cruz (bek tengah) dan Brian Ferreira (gelandang). Hadirnya mereka berdua membuat PSS bisa bermain lebih percaya diri karena kesolidan di setiap lini bertambah.  

Saat ini, PSS telah melengkapi slot pemain asingnya untuk Liga 1 2019. Selain Alonso dan Ferreira, Super Elang Jawa juga merekrut pemain asal Ukraina, yakni Yevhen Bokhashvili dan Guilherme Batata (Brasil).

Skuat PSS Sleman di Liga 1 2019 (per 9 Mei 2019):

Kiper: Ega Rizky Pramana, Dhika Bayangkara, Try Hamdani Goentara

Bek: Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Alfonso de la Cruz (asing), Jajang Sukmara, Derry Rachman, Purwoko Yudi Pratomo, Rian Miziar, Irsan Lestaluhu, Asyraq Gufran Ramadhan, Felisianus Junius Bate.

Gelandang: Brian Ferrera (asing Asia), Nerius Alom, Sidik Saimima, Irkham Zahrul Mila, Rangga Muslim, Dave Mustaine, Arie Sandy Taufiq Febriyanto, Busari, Arsyad Yusgiantoro, Wahyu Sukarta, Suhandi, Guilherme Batata (asing).

Depan: Kushedya Haris Yudo, Ricky Kambuaya, Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili (asing), Aldino Herdianto, Rudi Widodo.


2. Pelatih: Seto Nurdiantoro

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Seto Nurdiantoro tidak terlalu gegabah dalam mencari amunisi baru untuk PSS menjelang Liga 1 2019, khususnya dalam hal pemain asing. Hal itu terbukti ketika dirinya hanya merekrut dua legiun asing di Piala Presiden 2019.

Tangan dinginnya mampu membuat PSS menjadi yang terbaik di kompetisi Liga 2 2018. Kejeniusannya memanggil Cristian Gonzales di pertengahan musim lalu mampu membuat Super Elang Jawa tampil produktif.

Atas kesuksesannya tersebut, manajemen PSS tetap mempercayakan Seto untuk menempati kursi pelatih kepala. Situasi ini berbeda dengan klub promosi lainnya, Kalteng Putra, yang memilih untuk mendatangkan pelatih anyar.

Baca Juga

Keberhasilan PSS mengalahkan Borneo FC di Piala Presiden 2019 menjadi bukti bahwa Seto memang pantas dipertahankan setidaknya hingga Liga 1 dimulai. Bukan tidak mungkin sang pelatih bakal menyulap timnya sebagai pengganggu tim-tim besar musim ini.

Bintang: Kushedya Hari Yudo

Pemain PSS Sleman, Kushedya Hari Yudo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Borneo FC.

Nama Kushedya Hari Yudo memang tidak sementereng Dedik Setiawan, namun penyerang berusia 25 tahun tersebut pernah mencuri perhatian setelah masuk dalam empat besar daftar top skor Liga 2 2018 lalu bareng Kalteng Putra.

Bagaimana tidak? Yudo kala itu mampu mengumpulkan 14 gol dan hanya terpaut satu angka dari torehan gol mantan pemain timnas Indonesia, Cristian Gonzales. Produktivitas tinggi Yudo pun membuat PSS tertarik memakai jasanya.

Baca Juga

Yudo juga berhasil menjalankan tugasnya sebagai penyerang utama di Piala Presiden 2019. Dari tiga pertandingan yang dijalani, dirinya mampu menyumbangkan satu gol saat membawa PSS menang 2-0 atas Borneo FC.

Terhitung, hanya ada dua pemain PSS yang berhasil mencetak gol di ajang tersebut, yakni Yudo dan Brian Ferreira. Artinya, dialah satu-satunya pencetak gol bercita rasa lokal Super Elang Jawa di Piala Presiden 2019.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

PSS SlemanLiga IndonesiaKushedya Hari YudoSeto NurdiantoroLiga 1profilBola Indonesia

Berita Terkini