x

De Graafschap, Klub Belanda yang Ingin Bajak Pelatih PSM Makassar

Jumat, 10 Mei 2019 16:03 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Logo De Graafschap. wikipedia.org

FOOTBALL265.COM – Klub kasta teratas sepak bola Belanda, De Graafschap saat ini mulai menjadi buah bibir bagi penikmat si kulit bundar nasional, khususnya warga Makassar. Karena De Graafschap saat ini telah mencoba untuk membajak pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Kabar itu muncul setelah situs berita asal Belanda, Omroep Gelderland, mengungkapkan jika De Graafschap mencoba untuk mencari pelatih baru dalam waktu dekat ini. Sumber itu menyebutkan jika Kalezic masuk dalam daftar incaran De Graafschap bersama Peter Hyballa dan Andries Ulderink.

Dari ketiga nama pelatih tersebut, hanya Kalezic (2009-2011) dan Ulderink (2011/12) yang pernah bekerja di De Graafschap. Dengan pengalamannya menduduki kursi kepelatihan tim berjuluk Super Farmers tersebut, Kalezic dan Ulderink kemungkinan bisa menjadi target utama.

Baca Juga

Pasalnya, De Graafschap membutuhkan sosok pelatih yang bisa menggantikan peran Henk de Jong, sekaligus menyelamatkan mereka dari degradasi pada musim ini. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-16 (dari 18 klub) di klasemen sementara Eredivisie dengan raihan 19 poin.

De Graafschap sendiri nyatanya masih bisa beranjak dari zona merah jika berhasil menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan. Selain itu, Super Farmers juga harus berharap Emmen, yang posisinya di peringkat ke-17, menelan hasil pahit hingga akhir musim.

Almere City vs De Graafschap pada musim lalu.

Namun skenario itu terbilang sulit untuk De Graafschap. Mengingat, Super Farmers harus menghadapi klub-klub papan atas dalam dua pertandingan terakhirnya musim ini. Dua laga tersebut adalah Vitesse (12 Mei) dan Ajax Amsterdam (16 Mei).

Baca Juga

Akan tetapi De Graafschap masih bisa terhindar dari degradasi pada musim ini. Asalkan, De Graafschap bisa memenangkan pertandingan di babak Relegaion play-off. Kemungkinan besar, De Graafschap akan berhadapan dengan Excelsior.

Artinya, De Graafschap harus mencari pelatih pengganti secepat mungkin agar bisa bertahan di Eredivisie Belanda, setidaknya hingga musim depan. Jika manajemen tetap mempekerjakan Henk de Jong, maka bukan tidak mungkin De Graafschap akan turun kasta pada musim depan.


1. Pernah Juara Bersama Kalezic

Darije Kalezic saat menggunakan jas.

De Graafschap nyatanya pernah berbagi cerita manis bersama dengan Darije Kalezic pada musim 2009/10 silam. Karena pada saat itu, Kalezic mampu membawa De Graafschap meraih gelar juara Eerste Divisie (kasta ke-2 Belanda).

Kalezic berhasil menjadikan De Graafschap menjadi klub yang paling sedikit terkalahkan sepanjang musim. Terhitung, Super Farmers hanya menelan kekalahan lima kali dari 36 laga. Sisanya, De Graafschap bermain imbang 6 kali dan menang 25 kali.

Hasil itu membuat De Graafschap berhasil mengantongi 81 poin di akhir musim dan mampu memuncaki klasemen akhir Eerste Divisie. Mereka berhasil mengungguli rival terdekatnya, SC Cambuur Leeuwarden, dengan selisih 10 poin.

Baca Juga

Sekedar informasi, pada saat itu Kalezic juga bekerja sama dengan mantan penggawa Timnas Indonesia, Jhon van Beukering. Striker yang pernah memperkuat Pelita Jaya itu cukup berperan penting saat membawa De Graafschap promosi dengan mencetak 2 gol dari 9 laga pada musim 2009/10.

Kalezic masih dipercaya untuk menduduki kursi kepelatihan De Graafschap. Kinerja Kalezic pun pun terbilang cukup baik saat berkarier di Eredivisie Belanda. Ia mampu membuat De Graafschap bertahan di Eredivisie dengan menduduki posisi ke-14.

Skuat De Graafschap. Foto: degraafschap

Kalezic sendiri tidak langsung menjadi pelatih De Graafschap. Dirinya lebih dulu bekerja sebagai asisten pelatih Henk van Stee di Super Farmers. Barulah pada 25 Februari 2009, Kalezic dipromosikan sebagai pelatih kepala.

Baca Juga

Beberapa sumber mengatakan jika De Graafschap sengaja memecat Henk van Stee, karena saat itu hubungan pelatih dengan para pemain senior sangat buruk. Situasi itulah yang membuat De Graafschap turun kasta dari Eredivisie ke Eerste Divisie.

Kepercayaan yang diberikan manajemen kepada Kalezic nampaknya tak terlepas dari dedikasi yang diberikan pria berusia 49 tahun tersebut. Karena Kalezic sendiri merupakan salah satu mantan pemain De Graafschap pada periode 2004-2006.

Terus Ikuti Sepak bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

PSM MakassarEredivisie BelandaPelatihBola InternasionalDarije KalezicSepak BolaDe Graafschap

Berita Terkini