x

Melihat Perbandingan Konvoi Liverpool dan Persija, Mana yang Lebih Gila?

Senin, 3 Juni 2019 08:23 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Konvoi juara Liverpool dan Persija Jakarta.

FOOTBALL265.COM – Klub papan atas Liga Primer Inggris, Liverpool langsung menggelar konvoi atau parade juara sehari setalah mereka menjuarai Liga Champions 2018/19. Konvoi tersebut tentunya mereka gelar di Kota Liverpool, Merseyside, Minggu (02/06/19) waktu setempat.

Seperti yang diketahui, Liverpool berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur di partai puncak Liga Champions 2018/19. Bermain di Stadion Wanda Metropolitano, The Reds sukses membungkam Tottenham dengan skor 2-0.

Dua gol yang didapatkan Liverpool tersebut dihasilkan melalui kreasi Mohamed Salah (2’) dan Divock Origi (87’). Sedangkan sejumlah pemain Tottenham belum bisa menembus jala gawang yang dikawal Alisson Becker.

Baca Juga

Ini pun menjadi kemenangan pertama Liverpool di Liga Champions setelah musim 2004/05 silam. Wajar jika antusias pendukung setia Liverpool sangat antusias, mengingat sudah lebih dari satu dekade klub kesayangannya tak meraih trofi prestisius.

Antusias besar tersebut terlihat ketika mereka memenuhi jalan Kota Liverpool untuk menyambut para pemain The Reds yang melakukan konvoi. Dengan menggunakan atribut lengkap, Liverpudlian membuat jalanan Merseyside menjadi lautan merah.

Parade juara Liga Champions Liverpool, Minggu (02/06/19).

Bahkan beberapa Liverpudlian sampai rela naik ke atas atap hingga lampu lalu lintas, agar bisa dengan jelas menyaksikan pemain kesayangannya mencium trofi Liga Champions.

Baca Juga

Menurut laporan Walikota Joe Anderson, dirinya memperkirakan kurang lebih hadir 750 ribu orang yang memadati jalanan Liverpool untuk melihat parade juara tim kesayangannya.

Dalam parade juara tersebut, para pemain dan staff kepelatihan Liverpool merayakannya dengan dua bus atap terbuka. Tak lupa mereka juga membawa trofi Liga Champions di atas bus tersebut.


1. Konvoi Persija Jakarta

Para Jakmania lakukan konvoi Juara Liga 1 2018.

Setelah berhasil menjuarai kompetisi Liga 1 2018 lalu, Persija Jakarta juga menggelar konvoi di pusat ibu kota. Parade juara Macan Kemayoran tersebut berlangsung pada Sabtu (15/012/18) lalu.

Keberhasilan Persija dalam merengkuh trofi kasta teratas sepak bola Indonesia ini pun disambut baik oleh pendukung setianya, Jakmania. Karena mereka senantiasa berpanas-panasan untuk menemani pawai tim kesayangannya.

Konvoi ini sendiri berlangsung di beberapa titik pusat Jakarta. Mulai dari Patung Panahan di Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi titik awal, hingga berakhir di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga

Secara kasat mata, pawai Persija ini diyakini sangat meriah, tak ada bedanya dengan perayaan klub-klub Eropa lainnya ketika berhasil menyabet sebuah trofi prestisius. Artinya, konvoi ini juga bisa disamakan dengan parade juara Liverpool.

Meski demikian, jumlah Jakmania masih terbilang jauh jika dibandingkan dengan total Liverpudlian yang turun ke jalanan. Karena kabar yang beredar menyebutkan jika hanya ada 150 ribu Jakmania yang memadatai area-area konvoi Persija.

Jumlah tersebut memang berbeda jauh dengan pendukung Liverpool. Akan tetapi, jumlah Jakmania itu masih terbilang ‘gila’ jika dibandingkan dengan juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC.

Karena telah membludaknya jumlah Jakmania yang hadir, pihak kepolisian pun sampai mengerahkan 70 ribu personelnya, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Walau begitu, diyakini masih terdapat ratusan atau ribuan orang lainnya yang masih belum terdata, dan telah bersiap memadati pesta yang telah dinanti-nantikan 17 tahun lamanya.

LiverpoolLiga ChampionsPersija JakartaThe JakmaniaBola InternasionalLiga 1FeatureSepak BolaBola Indonesia

Berita Terkini