x

Apa Kabar Wim Rijsbergen, Pelatih Timnas Indonesia Terakhir di Kualifikasi Piala Dunia

Rabu, 12 Juni 2019 17:17 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Wim Rijsbergen, mantan pelatih Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COMTimnas sepak bola Indonesia pernah dilatih oleh Wimhelmus Rijsbergen atau Wim Rijsbergen pada tahun 2011. Apa kabar Wim Rijsbergen?

Wim Rijsbergen ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Juli 2011. Ia menggantikan sosok Alfred Riedl yang mampu membawa Timnas Indonesia melaju hingga final turnamen sepak bola Piala AFF 2010.

Pelatih asal Belanda itu sebelumnya melatih klub PSM Makassar. Pengurus PSSI yang baru langsung mengontrak Wim Rijsbergen setelah Kongres Luar Biasa (KLB) di Solo.

Wim Rijsbergen punya sederet pengalaman internasional. Ia pernah menjadi asisten pelatih Trinidad & Tobago di Piala Dunia 2006 Jerman.

Baca Juga

Selama melatih Timnas Indonesia, prestasi terbaik Wim Rijsbergen adalah membawa Skuat Garuda menyingkirkan Turkmenistan di putaran dua kualifikasi Pra Piala Dunia 2014.

Akan tetapi, setelah itu Timnas Indonesia hancur lebur di grup E. Tak satupun kemenangan mampu direngkuh oleh Timnas Indonesia.

Wim Rijsbergen dianggap ‘merusak’ permainan Timnas senior yang mulai diramu oleh Alfred Riedl. Ia terkenal lebih banyak mencatat di bench pemain ketimbang memberikan instruksi di pinggir lapangan.

Yang paling kontroversial, Wim Rijsbergen disebut pernah menghakimi mental bermain pemain Timnas Indonesia yang tidak siap bermain di level internasional.

Setelah enam bulan menjabat dengan catatan 2 kemenangan, 3 seri, dan 6 kekalahan, Wim Rijsbergen akhirnya dipecat pada Januari 2012.


1. Kabar Terkini Wim Rijsbergen

Wim Rijsbergen, mantan pelatih Timnas Indonesia.

Wim Rijsbergen terakhir menandatangani kontrak sebagai pelatih baru Timnas Kepulauan Solomon. Ia akan menukangi Kepulauan Solomon selama tiga bulan sampai Pacific Games di Samoa, Juli 2019.

Pelatih asal Belanda itu diresmikan sebagai pelatih Kepulauan Solomon pada April 2019 di markas PSV Eindhoven, Rotterdam via Netherlands Oceania Support (NOS) Foundation.

Wim Rijsbergen berambisi membawa Kepulauan Solomon berprestasi di Pasific Games 2019. Ia bahkan akan memboyong skuatnya ke Belanda untuk menjalani pemusatan latihan.

Baca Juga

“Kami akan berusaha yang terbaik untuk menjadi nomor satu. Kami akan berusaha menjadi juara di Pasific Games. Saya merasa terhormat menjadi bagian dari tim ini. Kami akan memulai latihan di Belanda dan berharap dapat berakhir indah di Samoa.”

“Saya telah melihat di Wikipedia mengenai Kepulauan Solomon, mereka berbicara dalam 50 bahasa yang berbeda. Jadi mustahil untuk mempelajarinya,” kata Wim Rijsbergen seperti dilansir dari situs footballoceania.

Wim Rijsbergen merupakan pelatih terakhir yang menangani Timnas Sepak Bola Indonesia di kualifikasi Piala Dunia. Timnas Indonesia akan sekali lagi menjajalnya di bawah asuhan Simon McMenemy.

Liga EuropaTimnas IndonesiaWim RijsbergenOFCFeatureSepak BolaBola Indonesia

Berita Terkini