x

Ibunya Asli Jawa, Nama Soenarto Hiasi Skuat Utama Ajax Amsterdam

Sabtu, 15 Juni 2019 15:03 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Edwin Soenarto, pemain tim amatir Ajax Amsterdam keturunan Jawa Indonesia

FOOTBALL265.COM – Tim sepak bola amatir milik Ajax Amsterdam, Ajax Amateurs, ternyata diperkuat pemain keturunan Indonesia bernama Edwin Soenarto.

Ajax Amateurs merupakan saat ini berkompetisi di Derde Divisie atau kasta keempat Liga Belanda. Pada musim 2018/19, mereka finis di urutan ke-12 dari 18 klub dengan koleksi 41 poin.

Menurut situs Transfermarkt, Edwin Soenarto masih tercatat sebagai pemain Ajax Amateurs. Pemain berusia 31 tahun ini berposisi sebagai bek kanan.

Baca Juga

Jika menilik dari namanya, bisa ditebak kalau Edwin Soenarto punya garis keturunan Jawa. Dugaan tersebut ternyata tidak keliru.

Edwin Soenarto mempunyai garis keturunan Jawa dari ibunya, Agustina Triwahyuni. Sang ibu merupakan wanita asli Jawa yang datang ke Belanda pada usia 19 tahun.

Sementara itu, ayahnya merupakan pria Antila Belanda keturunan Afrika. Percampuran Afrika dan Jawa memberi Edwin Soenarto kekuatan fisik yang kekar dan kecepatan di atas lapangan.

Siapa sangka, Edwin Soenarto masih satu didikan dengan Stefano Lilipaly di tim junior Utrecht. Mereka pernah menjuarai liga nasional junior Belanda pada 2011.

Baca Juga

Pada tahun 2011, Edwin Soenarto pernah menyambangi Indonesia untuk mengikuti seleksi selama sepekan bersama klub Liga Primer Indonesia, Bali Devata.

Akan tetapi, keinginan Edwin Soenarto untuk membela Bali Devata harus berbenturan dengan kuliah di Amsterdam yang telah mencapai tahap akhir.

BelandaAjax AmsterdamBola InternasionalLiga Belanda

Berita Terkini