x

Termasuk yang ‘Ditakuti’ Vietnam, Ini Deretan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia (Part 1)

Sabtu, 3 Agustus 2019 08:13 WIB
Editor: Coro Mountana
Osas Saha saat melakukan selebrasi.

FOOTBALL265.COM – Berikut deretan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang salah satunya disebut ‘ditakuti’ oleh Vietnam, siapa saja mereka?

Otavio Dutra menjadi pemain asing terbaru yang mendapatkan naturalisasi dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) sehingga bisa dipanggil ke Timnas Indonesia. Kehadiran Otavio Dutra menambah deretan pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Baca Juga

Perlu diketahui tadinya Timnas Indonesia tidak ingin melakukan naturalisasi untuk meraih prestasi. Tapi sejak tahun 2010, PSSI akhirnya memutuskan untuk melakukan proses naturalisasi bagi para pemain asing yang memang cinta dengan Negara Indonesia.

Melihat betapa sudah banyaknya pemain asing yang mendapat naturalisasi, tentu menjadi menarik untuk melihat siapa saja yang mengikuti program tersebut. Berikut INDOSPORT hadirkan deretan pemain naturalisasi Timnas Indonesia part 1.


1. Cristian Gonzales (Uruguay)

Cristian Gonzales resmi bergabung dengan PSIM Yogyakarta.

Cristian Gerald Alfaro Gonzales atau yang akrab disapa dengan Cristian Gonzales merupakan pemain asing pertama yang dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia. Pemain yang lahir di Montevideo, Uruguay itu secara resmi memegang paspor Indonesia pada 3 November 2010.

Cristian Gonzales menjadi sangat terkenal dan dicintai publik sepak bola Indonesia saat dirinya membawa Timnas berlaga di Piala AFF 2010. Sayang perjuangannya untuk membawa pulang trofi Piala AFF 2010 kandas oleh Malaysia.

Selama membela Timnas Indonesia, Cristian Gonzales tercatat telah mencetak 12 gol dalam 28 pertandingannya. Di usia senjanya yang kini menginjak 42 tahun, Cristian Gonzales ternyata masih aktif bermain sepak bola dengan membela klub Liga 2, PSIM Yogyakarta.

Greg Nwokolo (Nigeria)

Greg Nwokolo selebrasi pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19).

Greg Nwokolo menjadi pemain naturalisasi selanjutnya, ia berasal dari Nigeria. Tepat 10 Oktober 2011, PSSI mengkonfirmasi Greg Nwokolo secara resmi telah dinaturalisasi dan siap untuk dipanggil ke Timnas Indonesia.

Greg Nwokolo sendiri diketahui melakukan debut untuk Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi pada 23 Maret 2013. Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia harus menyerah dari Arab Saudi dengan skor 1-2 di depan puluhan ribu pendukung Garuda di Stadion Gelora Bung Karno.

Kini di usianya yang ke-33 tahun, Greg Nwokolo masih aktif bermain sepak bola di kasta teratas Indonesia. Greg Nwokolo saat ini masih menjadi pilar dari tim bertabur bintang, Madura United yang tengah berada di papan atas Liga 1.


2. Raphael Maitimo (Belanda)

CEO PSIM Yogyakarta Bambang Susanto (kiri) dan pemain naturalisasi Raphael Maitimo (kanan) resmi diperkenalkan ke publik.

Raphael Guillermo Eduardo Maitimo atau yang lebih dikenal dengan Raphael Maitimo adalah pesepak bola Indonesia yang telah dinaturalisasi dari Belanda. Debut Raphael Maitimo bersama Timnas Indonesia terjadi di ajang Piala AFF 2012 yang lalu.

Di pertandingan pertamanya bersama Timnas Indonesia, Raphael Maitimo sukses mencetak gol ke gawang Laos, tapi sayang hasil laga itu berakhir dengan skor imbang 2-2. Akhir perjalanan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012 sendiri harus terhenti di babak grup.

Pemain berusia 35 tahun itu kini diketahui saat ini tengah membela PSIM Yogyakarta bersama pemain naturalisasi lainnya, Cristian Gonzales. Target Raphael Maitimo tentu adalah ingin membawa PSIM Yogyakarta promosi ke Liga 1 2020.

Diego Michiels (Belanda)

Bek sayap Borneo FC, Diego Michiels

Diego Michiels atau Diego Muhammad bin Robbie Michiels lahir di Deventer, Belanda mendapatkan darah Indonesia dari sang ayah bernama Robbie Michiels yang berasal dari Jakarta.

Diego Michiels menjadi warga negara Indonesia seutuhnya setelah menjalani proses naturalisasi pada tahun 2011.

Begitu resmi menjadi warga negara Indonesia, Diego Michiels langsung dipanggil untuk membela Timnas U-23 dalam ajang Sea Games 2011.

Tampil apik sebagai seorang bek sayap, Diego Michiels nyaris membawa pulang medali emas andai saja tidak kalah di final oleh Malaysia melalui babak adu penalti.

Sempat alami karier yang redup akibat sejumlah kontroversi menimpanya, tapi perlahan-lahan Diego Michiels berhasil bangkit lagi. Dan kini di usianya yang ke-28 tahun, Diego Michiels telah menjadi kapten Borneo FC.


3. Victor Igbonefo (Nigeria)

Pemain PTT Rayong, Victor Igbonefo.

Lahir di Enugu, Nigeria pada 10 Oktober 1985, tak menghalangi kecintaannya akan Negara Indonesia. Atas dasar rasa cinta, Victor Igbonefo pun memutuskan untuk menjalani proses naturalisasi pada 2011 lalu.

Hingga akhirnya PSSI mengumumkan secara resmi bahwa Victor Igbonefo telah dinaturalisasi pada 10 Oktober 2011. Debut dengan Timnas Indonesia pun langsung ia dapatkan pada 23 Maret 2013 melawan Arab Saudi dalam ajang Pra Piala Asia 2015.

Malang melintang di sejumlah klub Liga Indonesia seperti Persipura Jayapura, Madura United, Arema Cronus, hingga Persib Bandung, kini ia memutuskan untuk bermain di luar negeri. Tim yang ia bela saat ini adalah klub Thailand, PTT Rayong.

Sergio van Dijk (Belanda)

Sergio van Dijk dalam konfersi pers.

Menjadi top scorer Liga Australia membuat PSSI kepincut untuk menaturalisasi Sergio Van Dijk. Hingga pada akhirnya, Van Dijk dinaturalisasi juga untuk dimasukan dalam skuat Timnas Indonesia yang akan bermain di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Keunggulan Sergio van Dijk terletak di tandukan maut dan tendangan kerasnya sehingga dirinya begitu diandalkan sebagai penyerang utama Timnas Indonesia. Sayang sepanjang kariernya, ia hanya mencetak satu gol saja di laga persahabatan melawan Timor Leste.

Selain membela Timnas Indonesia, Sergio van Dijk juga tercatat pernah membela Persib Bandung dalam 2 periode yang berbeda yaitu 2013/14 dan 2016/17. Kini pemain berusia 36 tahun itu diketahui pulang ke kampung halamannya di Belanda untuk membela VV Pelikaan-S.


4. Osas Saha (Nigeria)

Osas Saha saat merayakan gol ke gawan Persib Bandung

Lahir di Nigeria, tapi cinta dengan Indonesia, itulah Osas Marvelous Saha yang telah dinaturalisasi pada tahun lalu sebelum bergabung dengan Persija Jakarta. Osas Saha pun masuk dalam bagain dari skuat juara Persija di Liga 1 2018.

Tapi, dirinya jarang dimainkan karena hanya dianggap sebagai ban serep dari Marko Simic yang merupakan penyerang utama Persija Jakarta. Oleh karena itu di Liga 1 2019, ia memutuskan untuk membela Tira-Persikabo.

Kini di Liga 1 2019, berkat penampilan gemilangnya bersama Tira-Persikabo, membuatnya berpeluang dipanggil ke Timnas Indonesia. Bahkan media Vietnam, Dantri sampai menyoroti secara khusus Osas Saha yang dianggap bisa menjadi ancaman yang perlu ‘ditakuti’.

Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman)

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan seusai pertandingan menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (30/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Terakhir untuk bagian pertama dari deretan pemain naturalisasi Timnas Indonesia adalah Kim Jeffrey Kurniawan. Aslinya Kim Jeffrey Kurniawan adalah pemain sepak bola yang lahir di Muhlacker, Jerman.

Tapi Kim Jeffrey Kurniawan memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Jermannya agar bisa diganti menjadi Indonesia. Kim Jeffrey pun menjalani naturalisasi hingga akhirnya resmi menjadi warga Negara Indonesia pada 6 Desember 2010.

Kim Jeffrey Kurniawan sendiri akhirnya debut bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Myanmar pada 30 Maret 2015 lalu. Kini Kim Jeffrey Kurniawan diketahui tengah membela Persib Bandung di Liga 1 2019.

Cristian GonzalesDiego MichielsRaphael MaitimoVictor IgbonefoGreg NwokoloSergio van DijkNaturalisasiOsas SahaTimnas IndonesiaKim Jeffrey KurniawanOtavio DutraLiga IndonesiaTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini