x

Maguire dan Manchester United Bisa Tiru, Ini 5 Transfer Mahal yang Menguntungkan

Sabtu, 3 Agustus 2019 15:57 WIB
Editor: Coro Mountana
Harry Maguire, pemain Leicester City.

FOOTBALL265.COM – Berikut 5 transfer mahal menguntungkan yang bisa dijadikan contoh oleh Manchester United dan Harry Maguire.

Berdasarkan laporan dari Sky Sports, Manchester United baru saja menyepakati kedatangan Harry Maguire dengan mahar mencapai 80 juta pounds atau sekitar 1,37 triliun rupiah.

Jika sudah diresmikan, Maguire bisa menyandang status sebagai bek termahal di dunia.

Baca Juga

Sebelumnya rekor itu dipegang oleh Virgil van Dijk saat Liverpool membelinya dari Southampton. Tak pelak pecinta sepak bola pun bertanya-tanya apakah harga Harry Maguire itu sudah pas atau memang kemahalan?

Terlepas dari prestasinya bersama Timnas Inggris, sejatinya taji Harry Maguire masih belum terlalu teruji. Di level klub, Maguire belum pernah membawa Leicester City memenangi gelar juara apapun selama dua musim.

Oleh karena itu banyak yang menganggap kalau nilai transfer Harry Maguire overpriced apalagi sampai menjadikannya sebagai bek termahal di dunia.

Baca Juga

Memang terdengar masuk akal kalau Maguire dianggap terlalu mahal, tapi Manchester United bisa berkaca pada 5 transfer berikut yang membuktikan bahwa kualitas tidak pernah mengkhianati harga.


1. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk saat mengangkat trofi Liga Champions 2018/19.

Bek Liverpool adalah contoh nyata bahwa jika ingin mendatangkan pemain bagus memang harus diimbangi dengan harga yang mahal pula.

Virgil van Dijk didatangkan oleh Liverpool dari Southampton dengan mahar mencapai 1,29 triliun rupiah pada musim 2017/18.

Seketika itu juga, Virgil van Dijk langsung menyandang dirinya sebagai bek termahal di dunia. Tak disangka harga mahal yang harus ditebus Liverpool dibayar tuntas oleh Virgil van Dijk dengan penampilan kelas atasnya.

Seperti yang dinukil dari FourFourTwo, sebelum Virgil van Dijk datang, lini pertahanan Liverpool pada musim 2017/18 hingga Desember sudah kebobolan 1,21 gol per pertandingan.

Begitu Van Dijk datang, pertahanan Liverpool rasio kebobolan Liverpool menurun menjadi 0,66 gol saja.

Didier Drogba

kiri-kanan: John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba foto bersama trofi Liga Champions (20/05/12).

Chelsea memang terkenal sering membeli pemain dengan nilai yang sangat mahal, tapi di antara itu bisa dikatakan hanya satu yang benar-benar berhail yaitu Didier Drogba.

Penyerang yang didatangkan dari Marseille itu ditebus dengan mahar mencapai 24 juta pounds.

Sebuah angka yang sangat besar untuk musim 2004/05 ketika inflasi harga pemain belum segila sekarang. Padahal bersama Mairseille, Didier Drogba belum pernah memenangkan apapun, tapi Chelsea berjudi untuk mendatangkannya meski harganya mahal.

Dan perjudian Chelsea terbukti sukses dengan penampilan gemilang Didier Drogba sekaligus menjadikannya sebagai legenda di Stamford Bridge.

Dari sejumlah trofi yang pernah dimenangkan, gelar Liga Champions merupakan yang paling prestise dari Drogba untuk Chelsea.


2. Dani Alves

Neymar dan Dani Alves ketika masih memperkuat Barcelona.

Dani Alves pada bursa transfer musim panas 2008/09 memang merupakan salah satu pemain paling diincar seantero Eropa.

Kemampuannya dalam membantu penyerangan ataupun pertahanan begitu menakjubkan saat itu apalagi ia pernah membantu Sevilla juara Piala UEFA.

Tapi ternyata hanya Barcelona saja yang berani mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan seorang Dani Alves. Tak kurang dari 28,5 juta pounds atau 493 miliar rupiah harus dirogoh oleh Barcelona untuk mengeluarkannya dari Sevilla.

Saat itu banyak yang menganggap Barcelona sangat berani untuk mengeluarkan nilai transfer yang sangat mahal untuk salah satu posisi paling underrated, bek sayap.

Akan tetapi Dani Alves membayar cibiran itu dengan 23 gelar trofi yang ia menangkan bersama Barcelona.


3. Kevin De Bruyne

Winger Manchester City Kevin De Bruyne merayakan gol ke gawang Burnley di Piala FA, Sabtu (26/01/19).

Pemain selanjutnya adalah Kevin De Bruyne yang ditebus Manchester City dari Wolfsburg dengan nominal transfer mencapai 55 juta pounds pada tahun 2015.

Pada saat itu semua orang mengernyitkan dahi karena De Bruyne merupakan pemain buangan Chelsea.

Perlu diketahui De Bruyne adalah pemain yang sebelumnya membela Chelsea sejak 2012 tapi karena lini tengah The Blues, ia pun lebih banyak dipinjamkan. Tapi di tahun 2014, dirinya malah akhirnya dibuang ke Wolfsburg.

Siapa sangka, hanya dalam dua musim, De Bruyne seperti berhasil mencapai potensi terbaiknya bersama Wolfsburg.

Sehingga membuat Manchester City harus mengeluarkan uang banyak untuk membajaknya, dan ternyata itu sangat menguntungkan karena De Bruyne tampil begitu mengesankan di Etihad.

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon saat meraih gelar Serie A Italia bersama Juventus di musim 2017-18

Terakhir ada Gianluigi Buffon ketika ditransfer dari Parma menuju Juventus. Saat itu Juventus membeli Buffon dari Parma dengan mahar mencapai 32,6 juta pounds atau sekitar 564 miliar rupiah.

Nilai transfer itu sekaligus menjadikan Gianluigi Buffon sebagai kiper termahal di dunia. Bahkan status itu baru terpecahkan pada musim lalu saat Liverpool membeli Alisson Becker dari AS Roma.

Memang saat ditransfer dari Parma, Buffon sudah memiliki reputasi bagus, tapi tidak ada yang seberani Juventus membeli kiper dengan harga mahal pada musim 2001/02.

Untungnya nilai transfer mahal itu terbayarkan dengan gelimang trofi yang dihadirkan Buffon untuk Juventus.

Bursa TransferManchester UnitedDani AlvesDidier DrogbaGianluigi BuffonLeicester CityKevin De BruyneVirgil van DijkTRIVIAHarry MaguireSepak Bola

Berita Terkini