x

Gundogan Lancarkan Protes Menyusul Insiden VAR Manchester City vs Tottenham Hotspur

Minggu, 18 Agustus 2019 17:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ilkay Gundogan buka suara soal insiden VAR yang membuat gol Gabriel Jesus dianulir saat laga Manchester City vs Tottenham Hotspur. Laurence Griffiths/Getty Images.

FOOTBALL265.COM – Ilkay Gundogan mendesak agar Federasi Sepak Bola (FA) Inggris mengubah aturan menyusul insiden Video Assistant Referee (VAR) pada laga Manchester City vs Tottenham Hotspur, Sabtu (17/08/19).

Menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, Sabtu (17/08/19), Manchester City sejatinya berpeluang memetik kemenangan lewat gol di penghujung laga, tepatnya pada menit ke-92.

Peluang gol tersebut dihasilkan Gabriel Jesus lewat umpan sepak pojok. Namun gol dianulir oleh petugas VAR, setelah tayangaan memperlihatkan Aymeric Laporte lebih dulu handball sebelum bola liar disambar Jesus.

Baca Juga

Merasa dirugikan oleh insiden VAR tersebut, Ilkay Gundogan menyoroti peraturan handball, yang jauh dari ideal. Dia menuntut FA Inggris melakukan perubahan secepatnya.

“Keputusan VAR hari ini benar-benar susah diterima. Setiap penyerang yang melakukan handball, sengaja atau tidak, sekarang mendapatkan tendangan bebas?

"Dan jika Anda pemain bertahan tidak apa-apa? Ini cukup merugikan tim penyerang. Menurut saya aturan ini perlu diganti,” tulis Ilkay Gundogan melalui akun resmi Twitter-nya.

Sebagaimana diketahui, ini pertama kalinya Liga Inggris mengimplementasikan VAR di turnamen kasta tertinggi mereka, Liga Primer Inggris.

Pada salah satu aturan handball yang terekam VAR untuk musim 2019/20 tertulis bahwa handball yang tidak disengaja bisa dikenakan sanksi jika menyebabkan gol.

Bukan hanya Gundogan, VAR sendiri sudah menjadi sorotan banyak saking kontroversialnya. Salah satunya dari legenda Manchester United, Giuseppe Rossi, yang menganggap VAR telah merusak sepak bola.

Pertandingan antara Manchester City vs Tottenham sendiri berakhir dengan hasil imbang 2-2. The Citizens selalu lebih dulu mencetak gol lewat Raheem Sterling (20’) dan Sergio Aguero (35’).

Baca Juga

Akan tetapi kedua gol itu berhasil dibalas oleh Tottenham Hotspur lewat upaya dari Erik Lamela (23’) dan Lucas Moura (56’).

Dengan hasil imbang ini, Manchester City dan Tottenham Hotspur harus berbagi 1 poin, yang membuat keduanya kini menempati urutan ketiga dan kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris 2019/20.

Manchester CityTottenham HotspurIlkay GundoganLiga InggrisVideo Assistant Referees (VAR)Manchester City vs Tottenham Hotspur

Berita Terkini