x

Takumi Minamino dan Kesuksesan Terakhir Pemain Asal Jepang di Liga Inggris

Sabtu, 21 Desember 2019 17:38 WIB
Editor: Juni Adi

FOOTBALL265.COM - Salah satu klub Liga Inggris, Liverpool telah resmi mendapatkan satu pemain anyar baru jelang dibukanya bursa transfer musim dingin pada Januari 2020 nanti.

Dia adalah gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino yang diboyong dari klub asal Austria, RB Salzburg usai lolos tes medis pada Kamis (19/12/19). Kepastian tersebut disampaikan oleh pihak klub melalui laman resminya.

"Liverpool FC bisa mengonfirmasi kesepakatan sudah tercapai dengan Red Bull Salzburg untuk transfer Takumi Minamino. Pemain internasional Jepang itu akan menjadi pemain Reds mulai 1 Januari 2020," demikian pernyataan resmi Liverpool.

Baca Juga

Usai diperkenalkan, Takumi Minamino tak bisa menyembunyikan rasa kebahagianya, bisa bergabung dengan klub asal Inggris yang jadi raja di benua Eroa. 

"Ini impian saya, menjadi pemain Liverpool. Saya sangat senang bisa menjadi kenyataan. Bisa main di Premier League adalah target saya. Saya pikir ini liga kelas atas dunia," ujar Minamino.

The Reds mengontrak Takumi Minamino selama empat musim, setelah bersedia mengaktifkan klausul pelepasan di Salzburg sebesar 7,25 juta poundsterling.

Takumi Minamino sendiri bukanlah sosok pertama pemain asal Jepang, yang berkarier di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris sejak era Premier League.

Tercatat, sedikitnya ada 8 pemain lebih dahulu sebelum Minamino mereka adalah Junichi Inamoto, Kazuyuki Toda, Hidetoshi Nakata, Ryo Miyaichi, Maya Yoshida, Yoshinori Muto, Shinji Kagawa, dan Shinji Okazaki. 

Namun, tidak semua pemain asal Jepang bisa mendulang sukses bersama klubnya di Premier League. Dari delapan nama di atas, cuma 2 yang pernah merasakan mencium trofi Premier League.

Pemain Jepang yang Pernah Juara Liga Inggris

Pertama, Shinji Kagawa bersama Manchester United tahun 2013. Tampil gemilang bersama Borussia Dortmund, membuat The Red Devils kepincut merekrutnya dengan mahar 16 juta euro di musim panas 2012-2013.

Tak butuh waktu lama, di musim debutnya membela panji Manchester United, Kagawa langsung diberi kepercayaan oleh Sir Alex Ferguson untuk jadi pemain utama.

Total, 20 penampilan dengan 6 gol dan 4 assist ditorehkannya di musim pertama dia berkarier di Liga Inggris. Bukan sebuah statistik yang memuaskan memang. 

Namun, jika melihat hasil di akhir musim 2012/13 dimana Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris, pembelian Kagawa rasanya bukan sebuah keputusan yang gagal. Tak hanya gelar juara, musim pertama Kagawa juga dibanjiri oleh sejumlah rekor manis. 

Seperti pemain Asia pertama yang mampu mencetak hattrick di Liga Inggris, saat Man United mengalahkan Norwich di Stadion Old Trafford Sabtu (02/03/13). Dan jadi orang Jepang pertama yang bisa memenangkan gelar Liga Inggris. 

Pemain Jepang Terakhir yang Sukses di Liga Inggris

Kedua adalah Shinji Okazaki. Penyerang berusia 33 tahun tersebut menjadi pemain kedua asal Jepang yang menjuarai Liga Inggris, saat berhasil membawa Leicester City juara di musim 2015-2016.

Kala itu, Leicester yang diarsiteki Claudio Ranieri dan tak punya pemain berlabel bintang ternama, membuat kejutan dengan tampil gemilang dan sulit dikalahkan. 

Puncaknya, ketika diakhir musim mereka membuat cerita dongeng untuk pertama kalinya dalam sejarah klub keluar sebagai juara kasta tertinggi kompetisi sepak bola Inggris, Premier League.

Shinji Okazaki adalah salah satu pemain penting yang membawa The Foxes juara. Dirinya tampil sebanyak 36 laga di lini depan, dan mencetak 5 gol serta 2 assist.

Baca Juga

Meski Ranieri dipecat pada musim 2016-2017, Okazaki tetap dipercaya tampil jadi ujung tombak utama Leicester sebelum akhirnya pergi pada musim panas 2019 lalu, memperkuat klub kasta kedua Liga Spanyol, Malaga.

Namun, Malaga membatalkan kontrak tersebut hanya 34 hari berselang. Malaga tak bisa mendaftarkannya karena nominal gaji yang dikeluarkan klub pada musim itu, sudah melebihi batas yang ditetapkan pihak liga.

Kini, dirinya merumput di klub kasta kedua Liga Spanyol lain, Huesca. Shinji Okazaki adalah pemain asal Jepang terakhir yang medulang sukses di Liga Inggris.

Takumi Minamino berpeluang melanjutkan tradisi Jepang juara, setelah memutuskan gabung ke Liverpool karena The Reds saat ini masih memimpin puncak klasemen Liga Inggris 2019-2020, dengan koleksi 49 poin. Unggul 10 poin dari Leicester City di peringkat kedua.

Premier LeagueLiverpoolShinji KagawaShinji OkazakiLiga InggrisTakumi Minamino

Berita Terkini