x

Profil Singkat Marco Motta, Eks Bintang Juventus yang Diincar Persija Jakarta

Selasa, 7 Januari 2020 06:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Profil Singkat Marco Motta, Eks Bintang Juventus yang Diincar Persija Jakarta

INDOSPORT. COM - Marco Motta, nama eks bintang Juventus ini belakangan dikaitkan dengan klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

Isu mengenai Marco Motta diincar Persija Jakarta menyeruak di jagat media sosial. Khususnya dalam unggahan akun media sosial Jakarta Tigerart, Minggu (05/01/20) kemarin.

Jakarta Tigertart mengunggah foto Motta yang didesain tengah mengenakan atribut Persija Jakarta. Pada bagian caption dijelaskan, Motta kini sedang didekati Persija Jakarta dan diupayakan merapat pada bursa transfer Liga 1 2020.

Baca Juga

Nama Motta sendiri sebenarnya tergolong memiliki reputasi menjanjikan. Bagaimana tidak, Motta diketahui pernah berkostum raksasa Serie A Italia, Juventus, dari tahun 2011 hingga 2015.

Selain soal pengalamannya bermain untuk Juventus, karier Motta menyimpan cerita menarik lainnya yang patut disimak pula. Berikut INDOSPORT sajikan rangkuman profil singkat Marco Motta, eks bintang Juventus yang diincar Persija Jakarta.

Pengalaman di Serie A Italia

Juventus jelas jadi salah satu klub Serie A Italia yang pernah dibela Marco Motta. Ia bergabung dengan Juventus pada musim panas 2011, setelah diboyong dari Udinese.

Jauh sebelum membela Juventus, Motta mengawali karier bersama Atalanta. Ia kemudian dipinjamkan beberapa kali ke sejumlah klub Serie A Italia lainnya, yakni Udinese, Torino, dan AS Roma.

Barulah pada musim panas 2009 Motta mulai menapaki perjalanan karier baru. Motta hijrah ke AS Roma dengan mahar transfer sebesar 3,5 juta euro.

Namun, kiprah Motta di Roma hanya bertahan semusim. Motta selanjutnya pindah ke Udinese, dan akhirnya dibeli Juventus.

Sayangnya, Juventus juga tak puas dengan penampilan Motta. Si Nyonya Tua pun sempat meminjamkan Motta ke beberapa klub, seperti Catania dan Bologna, baru kemudian benar-benar dilepas pada musim 2014/15 ke Watford.

Baca Juga

Timnas Italia

Marco Motta tergolong memiliki pengalaman panjang di pentas Serie A Italia. Lihat saja nama-nama klub yang dibelanya, semua memiliki reputasi top, seperti Atalanta, Udinese, Torino, AS ROma, Juventus, Catania, dan Bologna.

Kiprah Motta tersebut ternyata sempat membuat Timnas Italia kepincut. Ia pernah sekali merumput Timnas Italia dalam laga uji coba kontra Pantai Gading, 10 Agustus 2010.

Kalau ditelusuri lebih jauh, Motta ketika masih muda dulu juga merupakan langganan Timnas Italia. Ia pernah membela Timnas Italia di berbagai level umur, dari U-16, hingga U-21.


Liga Champions dan Europa League

Lama berkarier dengan klub-klub top Serie A Italia, tentu membuat rekam jejak karier Marco Motta tampak mentereng. Bahkan Marco Motta pernah merasakan ketatnya persaingan di kompetisi bergengsi seperti Liga Champions dan Europa League.

Motta tampil di Liga Champions bersama Udinese dan AS Roma di dua musim berbeda, yakni 2005/06, serta 2008/09. Ia bahkan sempat tampil membela AS Roma dalam laga 16 besar Liga Champions kontra Arsenal.

Sementara di ajang Europa League, Motta tampil bersama AS Roma dan Juventus. Dari kedua klub itu, Motta total bermain sebanyak delapan kali menghiasi pentas Europa League.

Persija JakartaJuventusMarco MottaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini