x

4 Fakta Menarik Tercipta Usai Timnas Indonesia U-19 Bungkam Qatar

Jumat, 18 September 2020 08:21 WIB
Editor: Coro Mountana
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 selepas membobol gawang Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, Jumat (11/9/20).

FOOTBALL265.COM - Berikut adalah 4 fakta menarik yang tercipta usai Timnas Indonesia U-19 sukses membungkam Qatar, 2-1. 

Bertanding di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia pada Kamis (17/09/20) malam WIB, Timnas Indonesia U-19 menjalani uji coba keempatnya. Setelah dibantai Kroasia dan Bulgaria serta menahan Arab Saudi, akhirnya kemenangan perdana dipetik Timnas Indonesia U-19. 

Skuat asuhan Shin Tae-yong sukses mengalahkan salah satu raksasa Timur Tengah melalui sepasang gol Brylian Aldama dan Mochammad Supriadi. Nama Brylian Aldama dan Mochammad Supriadi pun masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-19 yang sudah cetak gol. 

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya dalam 3 laga uji coba terakhir, Timnas Indonesia U-19 sudah mencetak 4 gol yang masing-masing dibuat Bagas Kaffa, Irfan Jauhari, Saddam Gaffar, dan Brait Fatari. Itu artinya juga sudah ada 6 gol yang dicetak Timnas Indonesia U-19 selama laga uji coba di Kroasia. 

Baca Juga
Baca Juga

Selain fakta jika ini adalah kemenangan perdana dan sudah ada 6 pencetak gol bagi Timnas Indonesia U-19, ada fakta menarik lainnya yang wajib disimak berikut ini. 


1. Belum Kalah dari Tim Timur Tengah

Skuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong

Kemenangan tipis atas Qatar otomatis membuat skuat asuhan Shin Tae-yong belum pernah kalah dari tim Timur Tengah. Sebelumnya Timnas Indonesia U-19 juga sukses menahan imbang Arab Saudi dengan skor ketat, 3-3. 

Padahal seperti yang kita tahu jika Timnas Indonesia di level usia apapun biasanya bakal mengalami kesulitan bahkan sering kalah dari tim Timur Tengah. Keunggulan fisik biasanya membuat Timnas Indonesia suka sial jika bertemu tim Timur Tengah. 

Namun di tangan Shin Tae-yong, tampak ada sedikit peningkatan fisik yang membuat Timnas Indonesia U-19 bisa melawan tim Timur Tengah. Setidaknya dalam 2 laga terakhir jadi bukti kalau seharusnya tim Timur Tengah bukanlah momok bagi Timnas Indonesia U-19. 

Ada 4 Pemain yang Selalu Jadi Starter 

Ada yang menarik dalam pemilihan starting eleven Shin Tae-yong di 4 pertandingan uji coba di Kroasia di mana selalu ada 4 pemain Timnas Indonesia U-19 masuk skuat tim inti. Mereka adalah Muhammad Adi Satryo, David Maulana, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari. 

Tentu ini hal yang bagus karena Shin Tae-yong seperti ingin membangun chemistry di antara 4 pemain yang sepertinya diprediksi bakal jadi tulang punggung Timnas Indonesia U-19. Untungnya keempat pemain ini mampu menjawab kepercayaan Shin Tae-yong dengan kalahkan Qatar. 

Indikasi Shin Tae-yong Pakai Formasi Alfred Riedl 

Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia

Selain ada 4 pemain yang selalu turun sebagai starter, Shin Tae-yong juga seperti memberikan indikasi bakal memainkan formasi yang sering dipakai Alfred Riedl, 4-4-2. Dari 4 pertandingan uji coba, pola 4-4-2 selalu dimainkan Shin Tae-yong. 

Sebelumnya saat dilatih Fakhri Husaini, Timnas Indonesia U-19 lebih sering memakai formasi 4-3-3. Sebenarnya pemilihan formasi 4-4-2 dari Shin Tae-yong tidaklah salah karena pada dasarnya dengan pola itu, kecepatan para pemain Timnas Indonesia U-19 dapat termaksimalkan. 

Tidak Pernah Cleansheets 

Dengan menang 2-1 atas Qatar, catatan minor tetap perlu ditinggalkan pada lini pertahanan Timnas Indonesia U-19. Di mana dalam 4 pertandingan uji coba, Timnas Indonesia U-19 selalu kebobolan alias tak pernah cleansheets. 

Secara total gawang Timnas Indonesia U-19 yang dikawal oleh Muhammad Adi Satryo sudah kebobolan sebanyak 14 gol. Itu artinya dalam satu pertandingan, rata-rata gawang Timnas Indonesia U-19 kebobolan mencapai 3,5 gol. 

QatarUji CobaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19TRIVIAFeatureSepak BolaShin Tae-yong

Berita Terkini