x

Lesatan Marvin Park, Dari Tranmere Rovers ke LaLiga Spanyol Bersama Real Madrid

Rabu, 18 November 2020 16:20 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Tiga tahun bermain di klub gurem Inggris, Tranmere Rovers, Marvin Park kini tampil di LaLiga bersama Real Madrid pada usia 20 tahun. Seperti apa kisahnya?

FOOTBALL265.COM – Tiga tahun bermain di klub gurem Inggris, Tranmere Rovers, Marvin Park kini tampil di LaLiga bersama Real Madrid pada usia 20 tahun. Seperti apa kisahnya?

Perjalanan karier seorang pesepak bola profesional sering kali tak dapat diduga. Itulah yang terjadi pada wonderkid berusia 20 tahun, Marvin Park.

Delapan tahun setelah meninggalkan klub gurem Inggris Tranmere Rovers yang kini bermain di League Two alias kasta keempat sepak bola Inggris, sang gelandang muda kini telah berhasil tampil di LaLiga Spanyol bersama Real Madrid.

Baca Juga
Baca Juga

Lahir dari ayah berdarah Nigeria dan ibu berdarah Korea Selatan pada Juli 2000, Marvin Park mengawali perjalanan sepak bolanya dengan bergabung ke klub Sporting Ciutat de Palma di kota kelahirannya, Mallorca, pada usia enam tahun.

Urusan pekerjaan memaksa keluarga tersebut pindah ke Inggris pada 2009. Tinggal hanya 1,5 kilometer dari markas Tranmere Rovers, Marvin Park pun bergabung dengan klub berjuluk Superwhites itu.

Penampilan gemilangnya membuat Park sempat menarik perhatian Liverpool dan Manchester United. Namun, urusan keluarga membuatnya mendadak kembali ke Spanyol dan meninggalkan Tranmere Rovers tanpa sempat berpamitan.

Sekembalinya ke Spanyol, Park kembali bergabung dengan klub pertamanya, Ciutat de Palma. Namun, hanya satu tahun kemudian ia hengkang ke La Salle, sebelum kemudian pindah lagi ke Penya Arrabal.

Baca Juga
Baca Juga

Konsisten tampil gemilang bersama klub-klub tersebut, Real Madrid pun merekrutnya pada tahun 2016 ketika usianya 16 tahun, usai memenangi persaingan dengan Real Mallorca.

Setelah bermain untuk berbagai kelompok umur, Park kemudian menjadi andalan di tim U-19 Real Madrid dan menjadi sosok kunci kesuksesan mereka memenangi UEFA Youth League pada Agustus lalu.

Ketika itu, Park yang berposisi gelandang mencetak gol pembuka Real Madrid saat mengalahkan Inter Milan 3-0 di perempat final. Ia kemudian memberikan dua assist di semifinal dan satu assist lagi di final bagi tim asuhan Raul Gonzalez itu.


1. Debut dan Torehkan Rekor di Bawah Asuhan Zinedine Zidane

Marvin Park, wonderkid Real Madrid.

Kegemilangan di tim junior membuat Zinedine Zidane memanggilnya ke tim utama. Momen istimewa dalam karier Marvin Park pun kemudian terjadi saat Madrid menghadapi Real Sociedad pada 21 September lalu di LaLiga Spanyol.

Memasuki menit ke-70 dengan skor masih 0-0, sang manajer memasukkan Park untuk menggantikan Rodrygo Goes. Meski gagal mengubah skor di laga tersebut, momen itu tetap terbilang istimewa bagi Park karena menjadi debutnya bersama tim utama Real Madrid.

Tak cuma itu, sang gelandang muda pun sukses menorehkan catatan unik pada debutnya itu. Ia menjadi lulusan akademi pertama yang dimainkan Zinedine Zidane di periode kedua sang manajer membesut Real Madrid, setelah Luca Zidane pada musim 2017/2018.

Sayangnya, sejak saat itu Park belum tampil lagi bersama tim utama Real Madrid. Namun, ia masih menjadi andalan tim junior dan tampil sejak menit awal dalam dua dari tiga laga mereka di Segunda Division B alias kasta ketiga sepak bola Spanyol.

Di sisi lain, Marvin Park pun juga telah memiliki pengalaman tampil di tingkat internasional. Meski bisa membela Nigeria maupun Korea Selatan berkat ayah dan ibunya, ia memilih bergabung dengan timnas Spanyol U-19 lewat aturan tempat kelahiran.

Meski demikian, ia baru satu kali tampil untuk Spanyol U-19 ketika mereka kalah 0-3 dari Italia tahun lalu, dan gagal masuk skuat untuk Piala Eropa U-19.

Dengan demikian, ia pun masih berpeluang tampil bagi timnas senior ketiga negara tersebut. Jika bisa mempertahankan performanya di masa-masa mendatang, bukan tidak mungkin Marvin Park akan menjadi rebutan ketiga negara tersebut.

Real MadridNigeriaZinedine ZidaneKorea SelatanRaul GonzalezUEFA Youth LeagueLiga SpanyolTim Nasional SpanyolTranmere Rovers

Berita Terkini