x

Curhat ke Ajax, Ezra Walian Takjub Saksikan Animo Penonton Indonesia

Sabtu, 6 Maret 2021 18:05 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena

FOOTBALL265.COM - Penyerang naturalisasi yang memperkuat PSM Makassar, Ezra Harm Ruud Walian, menyebut atmosfer sepak bola di Indonesia tak normal.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh pesepak bola berusia 23 tahun ini dalam sebuah sesi wawancara dengan mantan klubnya di Eropa, tepatnya Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Ezra Walian memutuskan untuk berkarier di Indonesia lantaran gagal menembus skuat senior Ajax Amsterdam pada 2017-2018.

Pemain keturunan Manado ini kemudian dipinjamkan ke klub kasta kedua Belanda, antara lain Almere City dan RKC Waawijk, selama tiga musim berturut-turut.

Kontrak Ezra Walian bersama Ajax Amsterdam pun berakhir pada 30 Juni 2019. Dirinya juga gagal meyakinkan Almere City dan RKC Waalwijk untuk memberi kontrak permanen.

Lalu pada 7 September 2019, ketika Liga 1 telah memasuki bursa transfer paruh musim, Ezra Walian akhirnya menerima tawaran dan berlabuh ke PSM Makassar.

Baca Juga
Baca Juga

Pada musim debutnya di Indonesia, ia mampu mengemas tiga gol plus satu assist dari 16 kali mentas di ajang Liga 1 2019 bersama Pasukan Ramang.

Selama 1,5 tahun sudah Ezra Walian membela PSM Makassar. Sayang, ia gagal mengeluarkan performa terbaiknya di Liga 1 2020 yang terhenti akibat pandemi virus corona.


1. Indonesia Tidak Normal

Striker baru PSM Makassar Ezra Walian saat menjalani latihan.

Meski demikian, pesesepak bola yang resmi menjadi warga negara Indonesia (WMI) pada Mei 2017 ini memiliki kesan baik terhadap hingar bingar dunia bal-balan tanah air.

"Sepak bola (Indonesia) sangat hidup, itu tidak normal," ungkap Ezra Walian dikutip INDOSPORT dari laman resmi Ajax Amsterdam.

"Kadang-kadang saya benar-benar berpikir: 'Wow, saya bermain di stadion yang penuh dengan 40.000 atau 50.000 orang," kata dia lagi menambahkan.

Baca Juga
Baca Juga

Sayang, meski telah resmi menjadi WNI sejak empat tahun silam, Ezra Walian belum bisa membela timnas Indonesia maupun PSM Makassar dalam setiap ajang yang terdaftar di kalender FIFA.

Situasi tersebut terjadi karena PSSI belum menyelesaikan sejumlah administrasi dengan KNVB (PSSI-nya Belanda) lantaran Ezra Walian diketahui pernah memperkuat timnas Belanda U-17.

BelandaAjax AmsterdamPSM MakassarLiga IndonesiaEzra WalianLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini