x

Reza Kusuma, Gelandang Potensial yang 'Terlupakan' dan Bersinar di Liga Kroasia

Selasa, 30 Maret 2021 10:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil

FOOTBALL265.COM - Nama Muhammad Reza Kusuma mungkin saja kurang tenar dibanding Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri maupun Witan Sulaeman yang berkarier di luar negeri. Namun, Reza mampu menunjukan potensi dengan bersinar di Liga 3 Kroasia.

Reza Kusuma merupakan salah satu pemain dari program Vamos Indonesia yang kini dikirim ke Kroasia. Anak muda 21 tahun itu telah berada di Kroasia, tepatnya di Kota Zadar sejak November 2020 dan bergabung dengan klub Liga 3,
HNK Primorac.

Setelah berlatih keras di tengah pandemi, Reza akhirnya mendapat kesempatan beraksi bersama HNK ketika Liga 3 Kroasia dilanjutkan bulan ini. Dia debut pada 20 Maret lalu saat HNK imbang 0-0 lawan NK OSK pada pekan ke-17.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam laga debut tersebut, Reza diturunkan sejak awal sebagai gelandang bertahan dan bermain selama 90 menit. Aksinya tak hanya membawa HNK mencuri satu poin tapi juga terpilih masuk team of the week (11 pemain pilihan) di Liga 3 Kroasia pekan ke-17.

Gemilang di laga debut, Reza kembali dipercaya sebagai starter dipekan ke-18 saat HNK away melawan RNK Split. Pemain kelahiran Jakarta, 7 Feb 2000 itu bermain 90 menit dan membantu timnya meraih satu angka setelah bermain imbang 1-1.

Pada pekan ke-19 Liga 3 Kroasia, Reza tetap dimainkan sebagai starter saat HNK menjamu NK Kamen. Jebolan Vamos Indonesia itu lantas menunjukan kualitasnya dengan mencetak gol penyamakan kedudukan (1-1) pada menit ke-31 dan bermain selama 90 menit.

Baca Juga
Baca Juga

Berkat penampilan konsisten Reza di tiga laga terakhir, HNK Primorac bertengger diperingkat kesembilan klasemen (dari 17 klub) sementara Liga 3 Kroasia. Tim mengoleksi 25 poin dari 19 laga atau tertinggal 11 poin dari pemuncak klasemen, NK Jadran.


1. Dipuji Eks Timnas Kroasia

Muhammad Reza Kusuma.

Aksi Reza Kusuma pun mendapat pujian dari mantan pemain Timnas Kroasia, Vedran Jese. Pria yang juga kapten HNK Primorac itu menilai Reza punya kualitas untuk bersaing dengan pemain Eropa.

"Dia bermain selama 90 menit. Dia menampilkan permainan bagus," kata Vedran dalam pesan singkat yang diteruskan Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan.

Sebelum ke Liga Kroasia, Reza sudah menjajal liga resmi Spanyol pada 2018 lalu. Dirinya bertanding di División de Honor, kasta tertinggi usia 19 tahun Spanyol membela klub CI de la Amistad (CIA).

Jauh sebelum ke Kroasia, Klub Uni Emirates Arab, Al-Jazira FC dan Regional Sport dilaporkan tertarik pada Reza Kusuma. Ia bahkan sempat menjalani trial dan tes medis di Regional Sport tetapi tak jadi bergabung.

"Waktu itu mendadak ada perubahan kebijakan dari badan liga tidak boleh ada pemain asing dibawah Liga 1 UEA, akhirnya Reza kembali ke Spanyol," pungkas Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan.

KroasiaBola InternasionalMuhammad Reza KusumaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini