x

Skenario Lolos 16 Besar Euro 2020 untuk Jerman, Portugal, Prancis dan Hungaria

Minggu, 20 Juni 2021 19:41 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Euforia Eropa Euro 2020

FOOTBALL265.COM - Turnamen sepak bola antar negara Erop, Euro 2020, semakin seru untuk disaksikan. Sebab banyak tim-tim besar yang harus berjuang mati-matian untuk bisa lolos ke 16 besar.

Salah satu persaingan yang seru ada di Grup F Euro 2020. Dihuni oleh Timnas Jerman, Timnas Portugal, Timnas Prancis dan Hungaria, keempatnya masih berpeluang lolos.

Masing-masing tim sudah melaksanakan dua pertandingan, dengan hasil yang banyak kejutan. Di pertandingan perdana, Jerman harus mengakui keunggulan juara dunia Prancis dengan skor 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Di pertandingan lainnya, Portugal harus susah payah untuk bisa menaklukan Hungaria dengan skor 3-0. 

Hasil tersebut membuat Portugal memimpin Grup F dengan koleksi 3 poin. Dibuntuti oleh Prancis yang juga mengoleksi sama 3 poin namun kalah selisih gol.

Diikuti oleh Jerman di urutan ke-3 dan Hungaria di posisi ke-4. Di pertandingan kedua, kembali terjadi kejutan.

Portugal dan Prancis yang menargetkan kemenangan demi bisa memastikan diri lolos 16 besar lebih cepat, gagal mewujudkannya.

Baca Juga
Baca Juga

Cristiano Ronaldo kalah 2-4 dari Jerman dan Prancis hanya bisa bermain imbang 1-1 lawan Hungaria. Saat ini, Portugal harus turun ke urutan 3 digeser oleh Jerman yang unggul selisih gol meski mempunyai 3 poin juga.

Sementara Prancis naik ke puncak klasemen Grup F, dengan tambahan 1 poin. Hungaria masih tertahan di dasar dengan 1 poin.

Selisih poin yang masih tipis antar tim, membuat keempat negara tersebut masing-masing mempunyai peluang untuk bisa lolos ke 16 besar Euro 2020. Bagaimana bisa? begini skenarionya.


1. Skenario Empat Tim untuk Lolos

Aksi Serge Gnabry (tengah) dari Jerman melewati para pemain Portugal.

Prancis

Timnas Prancis hanya membutuhkan hasil imbang di laga terakhir melawan Portugal, untuk bisa memastikan diri lolos ke 16 besar.

Namun karena Portugal sangat butuh kemenangan, maka anak asuh Didier Deschamps wajib waspada. Meski target seri cukup, namun kemenangan juga wajib hukumnya mereka raih agar tidak menggantungkan nasib dengan negara lain.

Sebab jika kalah, Prancis harus menunggu pertandingan lain antara Jerman vs Hungaria yang diharapkan berakhir imbang.

Jika Jerman menang, Prancis bisa lolos melalui persaingan jalur peringkat 3 terbaik. Jika Hungaria menang, mereka bisa finis di posisi ke-2 atau ke-3 tergantung selisih gol nanti.

Baca Juga
Baca Juga

Portugal

Kemenangan juga ingin diraih oleh Timnas Portugal di laga terakhir Grup F melawan Prancis. Sebab, tambahan tiga poin akan menjamin mereka lolos ke babak 16 besar.

Portugal bisa menjadi juara grup jika mereka berhasil kalahkan Prancis, dan Jerman bermain imbang lawan Hungaria.

Anak asuh Fernando Santos bisa lolos meski pada akhirnya mereka kalah dari Prancis, dengan catatan Hungaria tidak menang sehingga mereka finis ketiga.

Namun demikian, Portugal juga mesti memperhitungkan selisih gol yang ia miliki sehingga tetap masuk dalam slot klasemen tiga terbaik. Portugal akan finis keempat jika kalah dan Jerman juga kalah.

Baca Juga
Baca Juga

Jerman

Kalahkan Hungaria di laga terakhir jadi misi wajib yang harus diwujudkan oleh Timnas Jerman untuk bisa lolos otomatis ke 16 besar.

Namun jika mereka hanya bisa meraih hasil imbang, tetap bisa lolos dengan status runnerup grup, jika Portugal tidak menang lawan Prancis.

Satu-satunya harapan Jerman untuk lolos dengan kekalahan adalah jika Prancis mengalahkan Portugal dan tiga poin sudah cukup di urutan ketiga dan terpilih di klasemen tiga terbaik.

Hungaria

Jadi tim yang menempati posisi buncit, membuat Hungaria harus berjuang keras untuk memperpanjang nafasnya di Euro 2020 pada laga terakhir Grup F.

Mereka harus mengalahkan tim kuat Jerman, untuk lolos sambil berharap Prancis bisa kalahkan Portugal.

Jika mereka menang namun Portugal menang, maka nasib Hungaria harus ditentukan oleh selisih gol untuk mencari siapa yang layak antara Hungaria atau Prancis untuk lolos karena keduanya sama-sama mengemas 4 poin.

Hungaria juga bisa lolos jika mereka menang atas Jerman dan Portugal vs Prancis imbang, lewat jalur peringkat tiga terbaik.

PrancisJermanPortugalEuro 2020HungariaBola InternasionalTRIVIAEuforia EropaEURO2020

Berita Terkini