x

Profil Klub Liga 1 2021: Persela Lamongan, Menanti Tangan Dingin Iwan Setiawan

Minggu, 22 Agustus 2021 19:25 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
Profil Klub Liga 1 2021, Persela Lamongan.

FOOTBALL265.COM - Berikut profil Persela Lamongan menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, memiliki kekuatan yang boleh dibilang tidak begitu mentereng.

Hal tersebut dikarenakan Persela Lamongan banyak menggunakan pemain muda. Hanya beberapa saja pemain senior yang berpengalaman seperti, Dwi Kuswanto dan Ahmad Bustomi.

Meskipun Persela mengandalkan pemain lokal. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini bisa jadi kuda hitam yang bisa merepotkan lawan-lawan mereka.

Sebab, mayoritas pemain sudah lama bergabung dan bahkan manajemen Persela banyak mengontrak kembali mantan yang telah hengkang sebelumnya, termasuk legiun asing, Demerson.

Baca Juga
Baca Juga

“Kita butuh kerja keras bersama-sama. Terima kasih semuanya,” kata Demerson pada saat latihan perdana di Persela Lamongan.

Nah, faktor lain yang  bisa jadi modal apik Persela adalah pelatih Iwan Setiawan. Ya, pelatih asal Medan ini sudah dikenal memiliki tangan dingin memoles tim-tim yang dilatihnya.

Pembina dan Penasehat Persela, Yuhronur Efendi saat mengumumkan merekrut Iwan Setiawan mengatakan sudah melalui diskusi yang sangat panjang.

“Kita sudah melalui berbagai pertimbangan yang panjang, kita sudah bertemu dengan pengurus-pengurus yang lain dan telah kita tetapkan bahwa pelatihnya adalah Iwan Setiawan,” kata Yuhronur Efendi, Selasa (1/6/21) yang lalu.


1. Menanti Kejutan Iwan Setiawan

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan.

Tak lama setelah manajemen menunjuknya sebagai nahkoda Persela Lamongan, Iwan Setiawan langsung menggenjot fisik pemain.

“Programnya memang adaptasi dan regenerasi. Kita lihat sejauh mana sisi conditioning atau pun pemahaman taktikal,” kata Iwan Setiawan pada saat memimpin latihan perdana Persela.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan untuk meningkatkan kondisi fisik pemain Persela, Iwan Setiawan mendatangkan pelatih fisik baru, Andar Suhendar.

“Saya mengajukan (pelatih fisik) ke manajemen untuk tambahan staf pelatih khusus untuk fisik dan manajemen setuju,” jelasnya.

Iwan juga menaruh harapan besar kepada pemain asing Persela, salah satunya Demerson Bruno Costa yang memiliki jiwa leadership yang tinggi.

“Dia punya leadership yang kuat, sehingga bisa menuntut pemain-pemain lain untuk bekerja maksimal,” kata Iwan.

Skuat Sementara Persela Lamongan untuk Liga 1 2021-2022:

Kiper: Ravi Murdianto, Dwi Kuswanto, Rio Agata

Bek: M Zaenuri, Ahmad Wahyudi, Ahmad Ubaidillah, Ahmad Birrul Walidain, Nasir, Andri Muliadi, Demerson Bruno Costa (Brasil)

Gelandang: Riswan Yusman, Ahmad Bustomi, Guilherme Batata (Brasil), Syahroni, Imam Budi Hernandi, Akbar, Ibrahim Musa Kosepa

Penyerang: Riyatno Abiyoso, Revan Joni, Malik Risaldi Risqki Putra Utomo, Naufal Rahmanda


2. Pelatih: Iwan Setiawan

Skuat Persela Lamongan di Liga 1 2019.

Platih satu ini dikenal kontroversial. Bahkan saat masih menangani Persebaya di Liga 2 yang lalu, ia sempat melakukan tindakan provokatif kepada suporter Bajul Ijo.

Alhasil tindakannya ini membuat Bonek marah dengan tindakan yang dilakukannya. Namun dibalik itu, Iwan Setiawan merupakan pelatih yang pintar.

Dia sudah mengantongi lisensi kepelatihan yakni, A AFC pada 2002 dan dan Certificaat Koninklijke Nederlandse Voetbalbond Academie dari KNVB, Royal Netherlands Football Association, kemudian mulai melatih sejumlah klub.

Persija Junior menjadi klub profesional pertamanya ia latih. Setelah itu, ia mulai malang melintang melatih beberapa klub liga Indonesia, seperti Persikabo, Persija Jakarta, Persijatim Solo, Persibom, PSMS Medan, Persebaya Surabaya.

Dia pernah diminta untuk menangani Timnas junior Indonesia. Iwan berhasil membawa Timnas Indonesia U-14 menjuarai Piala Asia Pasifik pada 2004 silam.

Klub Liga 1 terakhir yang dilatihnya sebelum dipinang Persela Lamongan adalah Borneo FC.

Baca Juga
Baca Juga

Bintang: M Zaenuri

Tenaga pemain tangguh asal Bojonegoro ini masih sangat dibutuhkan Persela Lamongan yang notabene banyak dihuni pemain muda.

Pengalaman yang cukup membela klub tanah air seperti, Perseru Serui 2017, hingga Panggilan Timnas Indonesia untuk SEA Games 2017, kiranya membuat pemain muda percaya diri.

Pemain berusia 26 tahun itu terkenal dengan penampilannya lugas dan tak kenal kompromi di pertahanan. Tampaknya selama kompetisi, M Zaenuri bakal menjadi pilihan utama Iwan Setiawan di lini pertahanan.

Ahmad BustomiPersela LamonganIwan SetiawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini