x

Ini yang Jadi Eksekutor Bola Mati Man United, Ronaldo atau Bruno?

Minggu, 5 September 2021 13:10 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Polemik siapa yang akan jadi eksekutor bola mati klub Liga Inggris, Manchester United, tampaknya segera terselesaikan setelah Legenda Setan Merah angkat suara.

FOOTBALL265.COM - Polemik siapa yang akan jadi eksekutor bola mati klub Liga Inggris, Manchester United, tampaknya segera terselesaikan setelah Legenda Setan Merah angkat suara.

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Old Trafford bak dua mata pisau. Di sisi lain ia akan mendongkrak mental juara klub asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Namun di sisi lain merapatnya Ronaldo akan menimbulkan tanda tanya besar, siapa yang akan jadi eksekutor bola mati The Reds Devils?

Baca Juga
Baca Juga

Selama beberapa musim, eksekutor bola mati selalu dikunci oleh Bruno Fernandes. Kompatriot CR7 di Portugal tersebut selalu jadi pilihan utama baik mengeksukusi tendangan bebas, tendangan sudut maupun titik putih.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi setelah kedatangan Ronaldo peran Bruno bisa saja tergeser. Mengingat sang pemenang Ballon d'Or sebanyak lima kali selalu jadi langganan eksekutor bola mati selama membela panji Manchester United, Real Madrid maupun Juventus.

Pertanyaan sebagian besar fan setia Setan Merah segera terjawab setelah Rio Ferdinand memberikan komentarnya. Meski tak menjabat sesuatu di Old Trafford akan tetapi nasehat bek legendaris Manchester United tersebut seringkali ampuh.


1. Komentar Ferdinand

Polemik siapa yang akan jadi eksekutor bola mati klub Liga Inggris, Manchester United, tampaknya segera terselesaikan setelah Legenda Setan Merah angkat suara.

Rio Ferdinad memberikan tanggapannya mengenai siapa yang akan jadi eksekutor bola mati Manchester United. Menurutnya antara Cristiano Ronaldo dengan Bruno Fernandes akan punya peran masing-masing.

Ferdinand menilai jika Ronaldo dan Bruno akan membagi tugas. Untuk tendangan bebas dan sepak pojok, ia menilai CR7 akan jadi penendangnya. Sementara untuk urusan tendangan 12 pas alias penalti Ferdinand meramal Bruno akan jadi pengeksekusinya.

"Saya pikir Bruno melepaskan penalti tetapi tidak melepaskan tendangan bebas dan tendangan sudut," kata Ferdinand melansir dari Manchester Evening News.

Meski demikian, jika menilik data statistik ucapan Ferdinand masih bisa dibantah. Pasalnya taji CR7 untuk mengeksekusi tendangan bebas sudah tak sementerang beberapa musim silam.

Di usianya yang sudah menginjak 36 tahun,  suka atau tidak Ronaldo bukan lagi pemain lengkap seperti dulu dan kemampuannya untuk mengeksekusi bola mati telah berkurang.

Bahkan selama tiga musim merumput di Serie A Italia, Ronaldo hanya 1 kali mencetak gol dari skema free kick. Satu-satunya gol tendangan bebas Ronaldo datang saat kemenangan Juventus 4-1 atas Torino pada Juli 2020.

Menariknya, selain sudah dianggap habis mengeksekusi tendangan bebas, Ronaldo juga agak loyo dalam urusan titik putih.

Menurut catatan, peluang Cristiano Ronaldo untuk berhasil mengonversi penalti hanya berkisar di angka 80 persen,  sementara calon pesaingnya di Manchester United, Bruno Fernandes, memiliki catatan yang jauh mentereng dengan rataan keberhasilan mencapai 93 persen.

Manchester UnitedCristiano RonaldoRio FerdinandBola InternasionalFree KickBruno Fernandes

Berita Terkini